Berikut 4 cara jitu investasi saham yang harus kita tahu


Berikut 4 cara jitu investasi saham yang harus kita tahu

Halo sahabat investor indonesia, kembali lagi bersama saya kuanyu

Pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan membahas tentang 4 cara jitu berinvestasai saham yang harus kita ketahui, sebenarnya ada beberapa cara investasi saham yang bisa kita temui, dimana beda orang biasanya akan berbeda pula cara mereka berinvestasi saham, ada yang membuat sendiri dengan cara mereka yang mereka anggap nyaman dan ada juga para investor yang meniru gaya investasi saham dari para legenda pasar modal, seperti halnya Lo Kheng Hong dan Warrent Buffet.

Baca juga 10 rahasia suskses Lo Kheng Hong dalam berinvestasi saham

Diantara banyak jenis cara berinvestasi tersebut, penulis telah merangkum beberapa cara jitu berinvestasi saham, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang, semuanya adalah pilihan dari masing-masing investor serta menyesuiakan dengan kemampuan mereka masing-masing, baik berikut ada beberapa cara investasi saham yang bisa kita gunakan ketika ingin berinvestasi saham, antara lain.

1. nabung saham

Cara investasi saham yang pertama adalah nabung saham, mungkin diantara anda ada yang bertanya loh kok nabung saham ?, bukankah kata menabung itu hanya untuk menabung di bank saja, jawabannya tidaklah demikian, menabung saham artinya kita membeli sebuh saham secara berkala, beli sedikit-sedikit, seperti halnya kita menabung di celengan ataupun menabung di perbankan, cara investasi saham yang satu ini boleh kita katakan adalah cara yang paling mudah yang mana tidak perlu memikirkan fluktuasi harga dan analisa-analisa lainnya.

Yang kita pikirkan hanya membeli dan menyimpan, dengan catatan sebelum membeli kenali dulu saham yang akan kit beli setelah kita tahu resiko dan keuntungan dari saham tersebut barulah kita bisa memutuskan untuk menabung saham tersebut, hal ini kita lakukan untuk memperkecil resiko ketika berinvestasi, saran penulis untuk investor saham pemula adalah jauhilah saham-saham yang memiliki fluktuasai yang besar, contoh saham yang baru saja IPO dan saham gorengan, apa itu saham gorengan silakan anda baca di artikel saya yang lainnya.

Baca juga bisnis yang paling bagus saat ini dan nanti

Cara ini juga sekarang sedang gencar-gencarnya dipromosikan oleh para pelaku pasar modal yang mana tak lain adalah orang-orang bursa yang ingin merekrut para investor baru, lewat cara ini mereka menganggap akan sangat efektif karena dengan prinsip nabung saham akan terbentuk persepsi yang lebih baik bagi seorang investor, beli sedikit demi sedikit, kemudian baru jual, jualnya nanti jika sudah ada untung atapun jika sudah mencapai target yang kita inginkan.

Inilah yang melatarbelakangi munculnya simbol berupa pohon saat ada iklan maupun tayangan yuk nabung saham, pohon tersebut mempunyai arti bahwa, kita haruslah mulai menaman saham dari sekarang, terus membeli secara rutin hingga pohon tersebut bertambah menjadi besar dan besar dan hasil akhirnya pohon tersebut bisa memberikan manfaat untuk kita dikemudian hari nanti, untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini 




2. investasi saham jangka panjang

Cara jitu investasi saham yang berikutnya adalah dengan cara berinvestasi jangka panjang, sebenarnya cara ini hampir sama dengan cara yang pertama, cuma yang menjadi pembeda adalah investasi saham lebih kepada investor jangka panjang dan banyak uangnya, selain itu investasi saham jangka panjang juga sangat baik untuk meminimalkan resiko terutama bagi investor pemula maupun para investor klas kakap yang mana sering kali kemunculannya menggemparkan media masa.

Uang yang mereka miliki amatlah besar, sehingga mereka lebih memilih untuk menggunakan cara berinvestasi ketimbang menabung, beli dalam jumlah besar dan jual nanti, ketika mereka sudah puas dengan hasil yang mereka peroleh, cara ini juga cukup efektif bagi para pemengang dan pemilik suatu perusahaan, yang mana berguna untuk mengamankan perusahaan mereka sekaligus mengembangkan uang yang mereka punya.

3. trading saham

Cara jitu investasi saham yang ketiga adalah dengan cara trading saham, sebenarnya cara tidaklah termasuk kegiatan investasi, akan tetapi karena mereka juga membeli sebuah saham maka kita mau tidak mau, bisa mengkategorikan cara ini sebagai bentuk investasi, yang mana dalam trading saham seseorang melakukan aksi beli dan jual dalam waktu yang singkat, bisa itu satu hari, dua hari, mingguan hingga bulanan, tergantung dengan strategi yang mereka gunakan.

Baca juga cara jitu berinvestasi ala Warrent Buffet

Untuk seorang pemula biasanya mereka akan memiliki mental yang lebih buas dan lebih kuat, mereka percaya diri dengn kemampuan yang mereka miliki, dengan adanya sikap itulah mereka para pemula ini cenderung masuk ke arah gambling, enggak peduli resiko pokoknya dia yakin saham yang ia beli hari ini pasti akan naik beberapa saat kemudian, dan setelah sekian lama menunggu ternyata sahamnya tak kunjung naik, malah turun, dari situ biasanya mereka akan belajar cara investasi saham yang pertama, yaitu nabung saham


Dan yang udah nyangkut tadi biasanya mereka gunakan untuk disimpan sampai harganya naik atau dijual dan dibelikan saham yang baru, dari pengalaman penulis biasanya tak lama seoprang pemula menjadi gambling, kemudian nabung saham, mereka kemudian akan ke cara yang berikutnya, apa itu ? itu adalah cara yang butuh analisa fundamental.

4. value investing

Cara yang keempat adalah cara yang terakhir, cara ini menurut penulis boleh dikatakan luar biasa dahsyat, tapi butuh waktu, tenaga dan analisa yang matang untuk menjalankannya, ada sebagian investor yang merasa benar dengan analisanya dan menyalahkan analisa orang lain, jadi maksud penulis gini, tidak ada orang manapun yang bisa menentukan harga wajar saham secara pasti, tetapi bisa di ketahui lewat pengalaman selama berinvestasi.

Baca juga pengaruh bandar saham atau market maker

Inilah yang menyebabkan seorang Warrent Buffet dan Lo Kheng Hong sering diundang ke berbagai acara seminar karena mereka memiliki analisa value investing yang lebih mumpuni, jadi yang menjadi catatan adalah pengalaman menjadi salah satu kunci keberhasilan di cara jitu investasi saham yang keempat ini, cara yang keempat ini sebenarnya tidaklah boleh dikatakan mudah.


Bahkan seorang Lo Kheng Hong sendiri mungkin membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk menentukan harga wajar suatu saham. kita mungkin bisa melihat nilai suatu perusahaan lewat beberapa indikator tetapi tetap saja harus butuh analisa lainnya, jadi sebuah patokan atau analisa tidaklah bisa kita putuskan secara mantap lewat satu indikator, apakah itu PER apakah itu ROE maupun indikator lainnya.

Baca juga ini dia investasi paling unik di indonesia

Oke sahabat investor indonesia, mungkin itu saja untuk pembaahasan kita pada pertemuan kali ini, semoga artikel di atas bisa bermanfaat untuk penulis dan para pembaca semua dan akhir kata saya ucapkan sekian dan terima kasih


 Penulis : Kuanyu

12 Komentar untuk "Berikut 4 cara jitu investasi saham yang harus kita tahu"

  1. Oh jadi ini seperti klub2 sepakbola eropa yg sahamnya dijual dan dibeli oleh pengusaha minyak dari Timur Tengah, mereka termasuk lagi berinvestasi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi demikian mas, cuma masalah untung atau ruginya hanya mereka yang tahu

      Hapus
  2. secara umumnya, orang melabur selain tujuan untuk keuntungan, ada apa lagi ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Interelasi bisnis bisa, pengembangan usaha bisa dan pertemanan juga bisa teh yang mana dalam sebuah bisnis terkadang terdapat berbagai macam tujuan yang terkadang sangat menarik untuk dibahas 😀

      Hapus

  3. Nice post bang. Banyak yang nawarin tapi belum berani

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang ada baiknya pelajari dulu saja mas mengenai profil resikonya, karena semua orang punya penilaian tersendiri dari setiap investasi yang ada 😀

      Hapus
  4. Yup nabung saham adalah cara paling jitu buat berinvestasi, gak bikin deg degan dan minimal resiko dibanding trading, yang bikin seneng kalo udah bagi deviden, makanya setia aja deh klo udah nabung :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak,..deviden memang bonus untuk para investor sejati,..he-he

      Hapus
  5. Sampe sekarang kok masih belum berani ya, padahal niat sudah ada tinggal eksekusi kok maju mundur untuk investasi saham

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi ceritanya nih,..maju mundur cantik ya teh,..he-he

      Hapus
  6. Kak Kuanyu main nya saham terus yaya di pasar modal? Hehehe. Investasi saham ya kak? Nabung saham itu ada keuntungan dan ketugiannya ya ? Kalau harga saham turun harus siap mental karena rugi. Kalau harga saham pas naik bisa dapat keuntungan yang lumayan.
    Main saham itu bersifat gambling ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh jawab yang mana dulu nih,..kalau ditanya saya main sahamkah jawabnya iya,...kemudian jika ditanya lagi investasi sahamkah,..jawabnya juga ia,..kalau dibilang saat harga saham turun saya rugikah,..jawabnya enggak saya malah untung karena bisa ambil saham bagus dengan harga murah dan jika ditanya lagi main saham itu gamblingkah,..saya jawab bisa ia bisa tidak tergantung bagaimana cara seorang investor bermain sahamnya,..tapi kalau saya sendiri enggak mau gambling,....lebih memilih pakai planning dan analisa yang matang

      Hapus

Silakan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel