Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mancing labi-labi di sungai beserta umpan jitunya

Katakuanyu.com –  Di artikel sebelumnya saya sudah berbagi pengalaman tentang cara melihat ciri-ciri anjing pemburu

Dan pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman lagi tentang cara mancing labi-labi di sungai serta umpan jitu mancing labi-labi

Labi-labi adalah hewan yang hidup di air, biasanya di sungai yang mengalir, tapi ada juga yang hidup di kolam yang tidak mengalir

Cara mancing labi-labi di sungai beserta umpan jitunya

Labi-labi sendiri biasanya memakan ikan kecil sebagai makanan utamanya dan ukuran labi-labi ini biasanya sebesar 30 cm atau lebih, tergantung dengan tempat dia hidup, semakin besar tempatnya maka semakin besar pula labi-labinya

Baik, berikut cara mancing labi-labi di sungai beserta umpan jitu yang bisa kita gunakan untuk memancing labi-labi, simak ulasannya

1. umpan cacing tanah biasa

Umpan mancing labi-labi yang pertama adalah cacing tanah, cacing tanah adalah umpan yang paling mudah untuk di temukan di bandingkan dengan umpan jenis lainnya

Di mana kita hanya perlu mencari tanah yang subur yang ada kotoran cacingnya, biasanya di bawah pohon pisang atau pohon yang tidak terkena sinar matahari, setelah itu tinggal di gali maka cacingnya akan ketemu

Untuk cara mancing labi-labi dengan umpan cacing ini tidak boleh sembarangan, di mana kita harus menggunakan pancing dan joran yang besar agar tidak patah ketika di tarik labi-labi

Selain itu jangan lupa menggunakan senar pancing berukuran besar, tapi bisa juga menggunakan tali kain, seperti halnya tali untuk memancing ikan keli, tali jenis ini lebih kuat dan tidak mudah putus

Setelah itu, kita hanya perlu mengaitkan umpan cacing tanah tadi ke kail pancing, kaitkan sebanyak mungkin agar labi-labi mudah tertarik dengan umpan tersebut

2. umpan cacing hitam atau cacing lentik

Kalau yang pertama tadi kita memancing labi-labi dengan umpan cacing tanah biasa, tapi untuk umpan yang kedua ini kita menggunakan cacing hitam

Di mana cacing hitam ini ukurannya jauh lebih besar di bandingkan dengan cacing biasa tadi, warnanya hitam dan suka melentik-lentik, itulah kenapa di sebagain tempat cacing ini juga di sebut sebagai cacing lentik

Cara mancing labi-labi di sungai beserta umpan jitunya

Untuk cara mancing labi-labi dengan cacing ini juag sama, di mana kita hanya perlu mengaitkan umpan cacing sebanyak mungkin ke kail pancingnya agar labi-labi lebih tertarik ketika melihatnya

3. umpan usus ayam negeri

Umpan mancing labi-labi yang kedua adalah menggunakan usus ayam negeri, usus ayam negeri bisa kita dapatkan di pasar ayam atau tempat pemotongan ayam

Menurut saya umpan ini lebih ampuh di bandingkan dengan umpan sebelumnya karena mempunyai aroma yang lebih menyengat

Ketika anda menggunakan umpan usus ayam negeri ini sebaiknya jangan di potong kecil-kecil, cukup di kaitkan saja ke seluruh kail, dan sisakan sedikit bagian ujungnya agar terlihat bergerak ketika berada di dalam air

4. umpan usus ayam kampung

Umpan selanjutnya yang bisa kita coba adalah umpan usus ayam kampung, umpan usus ayam kampung menurut saya lebih ampuh lagi di bandingkan dengan umpan usus ayam negeri

Hal ini di karnakan usus ayam kampung memiliki aroma amis yang sangat khas, bau amisnya tersebutlah yang bisa mengundang kedatangan labi-labi, kalau anda tidak percaya bisaa di coba

5. umpan siput

Umpan mancing labi-labi yang cukup mudah di temukan selain cacing adalah siput, di mana kita di sini akan menggunakan siput jepang

Kalau di tempat kami namanya siput jepang, dan siput ini mempunyai ukuran tubuh yang besar serta aroma yang sangat amis jika disentuh

Cara mancing labi-labi di sungai beserta umpan jitunya

Siput jepang ini sebenarnya bisa di makan, bagi mereka yang mau memakannya, dan saya sering menggunakan siput ini dulu untuk memberi makan bebek peliharaan saya

6. umpan daging ayam yang tidak terlalu segar

Umpan mancing labi-labi yang terakhir adalah menggunakan daging ayam yang sudah mulai busuk dan berbau tidak sedap

Tapi jangan menggunakan daging yang sudah busuk juga, karena labi-labi bukan biawak yang suka memakan bangkai apapun itu

Cara mancing labi-labi dengan umpan ayam ini sangat mudah, kita hanya perlu mengaitkan sedikit bagian daging ayam ke kail pancing, dan kaitkan juga bagian kulitnya agar terlihat bergerak ketika di dalam air

Jika semua trik di atas sudah anda terapkan, sekarang tinggal menunggu hasilnya, dan lihat saja nanti, pancing anda akan langsung melengkung ke dasar kolam, he-he

Oke, sahabat hobi mancing, saya rasa itu saja untuk artikel kali ini tentang cara mancing labi-labi dan umpan jitu mancing labi-labi, semoga bermanfaat dan selamat bertemu di artikel selanjutnya

Penulis : Kuanyu

kuanyu
kuanyu Saya adalah seorang anak yang hobi membaca,menulis dan blogging,salam kenal dari saya kuanyu

66 comments for "Cara mancing labi-labi di sungai beserta umpan jitunya"

  1. Ternyata Labi2 atau Bulus suka sama usus Ayam yaa baik kampung maupun Negri.😊😊

    Aku pernah dulu saat main kerawa niatnya macing ikan malah dapat Labi2 besar...Galak dan gigit Koko...Makanya kalau lihat Labi2 atau Bulus saya paling takut .🤣🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Et tapiii .., kalo dielus manjah kepslanya ..., dia ngga galak loh, maaas ..
      Mslah karena diekus, dia jadi tegang.
      #lol

      Delete
    2. Oh labi labi itu bulus atau penyu ya, kirain aku apa gitu.😂

      Delete
  2. Seriusan koko pelihara bebek ?.
    Wuah keren ,euuyyy ...
    Ntar telornya bisa dibuat telur asin, dagingnya bisa buat diolah jadi bebek Peking yang hautzheeee ... :)

    Aku pernah lihat fisik lobi-lobi di Pancoran Glodog Jakarta.
    Ditempatkan di akuarium kecil.
    Pernah kutanya ke pedagangnya ternyata kegunaannya untulk campuran obat Chin, ko.

    ReplyDelete
    Replies
    1. serius mas hima, tapi itu dulu, udah lama banget sebelum saya kuliah, he-he
      tapi setelah kuliah enggak ternak lagi karena udah banyak kerjaan dan jauh dari rumah, waktu ternak bebek memang asik kang, tiap hari panen telur tapi ya itu tadi makannya harus banyak, jika enggak banyak bebeknya mogok bertelur

      labi-labi ini memang banyak manfaatnya mas, dan harga dagingnyapun mahal, katanya sih banyak gizinya, dan saya baru tahu ternyata labi-labi bisa untuk obat juga ya, hebat

      Delete
    2. Banyak manfaat labi2 mas buat kesehatan...😊

      Cuma labi2 nggak kuat nyium obat nyamuk pasti mati. Kecuali ukuran yang paling besar..😊

      Delete
    3. berarti seperti bebek serati ya mas, kalah dengan sebuah benda, kalau bebek serati enggak boleh makan air cucian pare, kalau di makan, langsung kill die, he-he

      Delete
  3. Mancing labi-labi bisa pakai umpan usus ayam, wah bagus ini nanti saya rekokendasinya ke teman .

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngomong-ngomong itu labi-labi nya dibuat apa mas?

      Delete
    2. boleh di jual dan boleh di masak juga teh, tergantung selera, he-he

      Delete
  4. terus bulus nya, di makan mas? haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. di masak mas, enak loh, di tempat kami ada jual juga labi-labi yang sudah di masak, tepatnya di kota pangkal pinang, untuk harganya lumayan mahal

      Delete
    2. Setiap makanan yang rare sepertinya mahal ya mas hahaha

      Delete
    3. iya mas, mungkin gizinya juga tinggi, he-he

      Delete
  5. terlepas dari segala jenis umpan yang bisa dipakai, labi labi ini mirip sekali dengan kura-kura yah.

    baru tahu aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. hampir mirip mas, tapi beda di tempurungnya, dari warnanya juga beda

      Delete
    2. apakah ini sejenis penyu.. apakah ukurannya bisa sebesar kura-kura?

      Delete
    3. beda mas, penyu beda lagi, penyumah besar ukuran badannya, kalau labi-labi lebih kecil, kalau kura-kura tergantung jenis kura-kuranya mas, apakah kura-kura air tawar atau air laut, kalau labi-labi di bandingkan dengan kura-kura air laut ya kalah jauh tapi kalau di bandingkan dengan kura-kura air tawar hampir sama ukurannya

      Delete
    4. banyak betul jenisnya.. ada yang tawar ada juga yang laut. tapi yang pasti, yang laut lebih besar yah

      Delete
    5. kalau untuk kura-kura ia mas, kura-kura air laut mah gede-gede, di bandingkan dengan labi-labi jauh besaran kura-kura air laut, he-he

      Delete
    6. pamanku punya tuh piaran mirip kura-kura kecil, setelah baca ini mungkin yang dipunya paman cuma labi-labi soalnya ga gede gede

      Delete
  6. Baru tau banget ada binatang yg namanya labi-labi, btw ini siapanya laba-labanya? hahahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin kakaknya laba-laba teh, he-he

      Delete
    2. Mantannya Laba2 karena beda jenis jadi berpisah mengganti nama jadi Labi-Labi..🤣🤣

      Delete
    3. jangan lupain labu labu yang jomblo karena diputusin labi labi ya

      Delete
  7. Udahh lama nggk mampir sini mas.. heheh
    Gimana kabarnya mas??

    Ini hewan apa sih?? Sejenis kura2?? Kok saya baru dnger yah hewan labi-labi.. anehh gtu tuh... pas saya cari ternyata ini kura2 yg tempurungnya lunak yg sering diburu buat diambil minyaknya sama di sate..

    Ya ampunn main saya kurang jauh smpe labi2 aja baru dnger setelah lebih dari 20 tahun hidup di Dunia ini.. wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas, kabar baik, mas apa kabar ?

      lama tidak berjumpa ya, sejak saya vakum ngeblog
      iya mas, sejenis kura-kura tapi hidup di air tawar, mirip-mirip tapi berbeda gitu, labi-labi ini memang enak mas daan banyak di buru untuk hewan konsumsi dan harganyapun mahal

      Delete
    2. Kabar baik juga.. ouhh ini nih bulus...? Eh sama nggak sih? Labi2 sama bulus?? Wkwkw
      Ini kan peliharaan Irfan Hakim kalau nggk salah. Yg katanya gigitannya super maut.

      Delete
    3. kalau yang irfan hakim itu kura-kura mas, kura-kura luar sepertinya, ukurannya super gede, kalau kura-kura lokal kebanyakan mungil-mungil, he-he

      Delete
  8. Labi2?

    Yang mirip kura2 itu ya.
    Waah jangan dipancing kang, kasian aku sayang kura2 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak apa-apa mas, setelah di pancing kita pelihara aja labi-labinya, setelah gemuk baru di masak, he-he

      Delete
  9. Wahhh ternyata umpannya macem macem yaa, kirain teh cuma cacing aja kalau mau mancing..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, ada banyak umpan untuk mancing labi-labi, yuk di coba kalau mau mancing labi-labi, he-he

      Delete
  10. ini kura kura ya ko terus terang aku baru pertama kali mendengar kata labi-labi

    ReplyDelete
  11. Di tempat juga ada nih, tapi jarang ada yang mancingnya sih.

    Udah gitu para orang tua juga ngelarang buat deket-deket ama kakaknya Laba-laba ini, soalnya gigitannya berbahaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, gigitannya memang bukan main, kuat banget

      Delete
  12. ternyata labi labi senang umpan yang berbau kuat ya koh...

    tadi sekilas aku ngliat ikan keli? apaan tuh? kalau dari sekian umpan yang ada aku oaling takut ama cacing hitam koh, kubayangkan karena ukurannya besar lagi oanjang dan hitam kok ngeri ya hoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya teh, di tempat kami namanya cacing lentik, ukuranya besar, warnanya hitam dan panjang, he-he

      Delete
  13. terimkasih infonya ternyata beda ya labi-labi dengan kura-kura

    ReplyDelete
  14. Tadi aku sempet bingung labi2 ini gunanya apa, trus kok mirip penyu to kepalanya beda hahahaha. Ternyata bulus yaaa mas.

    Duuuh bau bgt itu minyaknya. Aku prnh nyium, sumpah ga kuat.

    Btw, pas baca judulnya, aku lgs inget Ama labi2 di Aceh dan Medan. Kalo di sana istilah labi2 dipake utk kendaraan umum kayak angkot :D. Udh lama bgt ga denger istilah itu sejak di JKT :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow, unik ya teh, nama angkotnya labi-labi, baru tahu aku, he-he

      Delete
  15. Labi labi itu bulus ya koh, soalnya baru kali ini dengar.

    Berarti umpannya itu harus pakan yang agak menyengat seperti usus ayam negeri atau ayam kampung, bahkan daging nya juga bisa ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, umpannya harus menggunakan usus ayam, agar cepet datang labi-labinya, he-he

      Delete
    2. Oh, kalo pakai duit 10 ribuan bisa datang ngga koh labi labi nya, barang kalo bosan makan usus ayam terus.😁

      Delete
    3. wah, boleh di coba tuh mas umpannya, ha-ha

      Delete
  16. emang labi labi masih ada ya? aku tinggal di kampung, dulu katanya waktu bapak masih muda ada banyak di kali, tapi sekarang aja aku ga pernah liat secara langsung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih ada teh, tapi enggak banyak lagi, di tempat kamipun udah enggak banyak lagi jumlahnya

      Delete
  17. duh, jadi ingat almarhum sepupu saya, dia pernah pelihara labi-labi tapi hasil beli. Baru tahu kalau bisa dipancing juga. Btw, Salam kenal ya

    ReplyDelete
  18. Koh Kuan Yu lagi sibuk urua labi - labi, ya ..
    Hati-hati tuh jari kena gigit eaa ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas Hino, sepertinya koh kuanyu lagi sibuk urus labi labi makanya belum update blog.��

      Delete
    2. @mashima, enggak mas, belum pernah pelihara labi-labi

      @mas agus, lagi suntuk mas, males update konten, he-he

      Delete
  19. Woooh saya baru tahu tentang labi-labi. Mirip kura-kura ternyata yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, hampir mirip, cuma ada perbedaan di tempurungnya

      Delete
  20. Lamaaa bangeet kolom komennya ditutup...
    Syukur deh, sekarang bias saling komen lagi di sini...yayyy...

    Makin mantap ni, ada tip dan trik untuk mendapatkan labi-labi

    ReplyDelete
    Replies
    1. komen ditutup paling untuk menetralkan spam mba hehe

      Delete
  21. Labi-labi itu sejenis kura-kura kah, mas? Maklum, belum pernah lihat apalagi makan. Hehehe. Sepertinya mainku kurang jauh nih.🙈

    ReplyDelete

Silakan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan