Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pesan moral dari film Spongebob Squarepants yang harus kita KETAHUI

Halo sahabat film animasi, bertemu lagi dengan saya kuanyu, di kesempatan kali ini saya akan memberitahukan beberapa pesan moral dari film spongebob Squarepants yang harus kita ketahui, di mana kita tahu film spongebob adalah film animasi yang paling populer di Nickelodeon

Film spongebob sendiri telah telah di tampilkan sejak tahun 1999 di Amerika Serikat, dan di buat oleh seorang animator dan ahli biologi laut, yaitu Stephen Hillenburg. menurut penulis pribadi film animasi yang satu ini sangat layak untuk di tonton karena memiliki banyak pesan moral yang bisa kita dapatkan

Pesan moral dari film Spongebob

Bahkan tidak dapat di pungkiri, penulispun sampai sekarang masih menyukai film spongebob ini dan menontonnya ketika ada waktu senggang, film animasi spongebob mempunyai alur cerita yang tidak membosankan sehingga sangat menyenangkan untuk di tonton

Bagi anda yang menyukai film Spongebob ini, anda dapat menontonnya di channel GTV yang dulunya adalah Global TV, dimana film spongebob akan di tayangkan hampir setiap hari di sana dan berikut beberapa pesan moral film spongebob Squarepants yang bisa kita dapatkan dari sifat para tokoh-tokohnya, simak ulasannya di bawah ini

1. Mr. Krabs

Tokoh pertama yang menurut penulis paling menarik untuk di bahas adalah Mr. Krabs, Mr. Krabs sendiri adalah seekor kepiting yang mempunyai sifat yang boleh di bilang lucu dan pelit
Di dalam film Spongebob, Mr. Krabs adalah tokoh yang sangat pelit bahkan tidak ada yang lebih pelit darinya, bahkan ia pernah mengikuti kontes manusia terpelit di Bikini Bottom dan memenangkannya, bagaimana sangat luar biasa bukan

Bukan hanya itu saja, Mr. Krab adalah kepiting yang menghalalkan segala cara demi mendapatkan uang, bahkan tidak peduli karyawannya harus babak belur asalkan ia mendapatkan apa yang ia inginkan
Tokoh yang satu ini memang terlihat sangat menyebalkan, tapi oh tapi, ternyata ada beberapa pesan moral yang bisa kita ambil loh, salah satunya tentang hidup hemat dan bekerja keras

Pesan moral dari film Spongebob

Hidup hemat yang di jalani oleh Mr. Krabs memang patut di ancungi jempol, jika kita menjalani hidup di dunia nyata layaknya Mr. Krabs bukan tidak mungkin kita akan menjadi orang yang kaya raya, kaya karena sifat pelit yang luar biasa

Yang kedua adalah tentang kerja keras, sekalipun Mr. Krabs ini adalah seekor kepiting yang pelit tapi ia adalah pekerja keras loh, ia bukan pemimpi di siang bolong, bagi Mr. Krabs ia harus bekerja keras untuk mendapatkan banyak uang, sekalipun harus bersaing dengan lawan bisnisnya, siapa lagi kalau bukan Sheldon James Plankton

Dua pesan dari sifat Mr. Krab di atas sangat baik untuk kita tiru, tapi jangan terlalu pelit ya, kerja keras boleh-boleh saja tapi jangan terlalu pelit juga

2. Spongebob Squarepants

Tokoh kedua yang menarik untuk di bahas selanjutnya adalah Spongebob Squarepants yang mana merupakan tokoh utama di film ini, menurut beberapa informasi yang penulis dapatkan spongebob adalah spons laut yang sering tumbuh di karang, tapi anehnya bentuknya tidak mirip dengan spongebob yang bersegi empat, malah spongebob lebih mirip dengan spons yang sering di gunakan untuk mencuci peralatan dapur, selain itu spongebob adalah tokoh yang paling unik di bandingkan dengan tokoh lainnya

Pesan moral dari film Spongebob

Karakter spongebob terbilang sangat menyenangkan dan hampir tidak pernah galau, sekalipun ia galau ia akan bahagia lagi seperti biasanya, selalu tersenyum dan menghibur banyak orang, dan menurut penulis sifat seperti ini sangat baik untuk kita tiru dan di jadikan gaya hidup, di mana hidup harus selalu bahagia tidak terkecuali jika anda sedang ada masalah

Spongebob juga sangat akrab dengan teman-temannya, mulai dari Patrick, Squidward Tentacles, Plankton, Mr. Krabs, Pearl dan yang lain, sekalipun ia di perlakukan buruk tapi ia tidak pernah mengambil hati, tetap menjadi pribadi yang murah senyum dan tidak menyimpan dendam, ya itulah Spongebob Squarepants

3. Patrick

Tokoh ketiga yang tidak kalah menarik yaitu Patrick, tokoh yang satu ini terbilang bodoh tapi terkadang pintarnya kebangetan, bahkan bisa mengalahkan Squidward Tentacles, tingkah laku konyolnya terkadang membuat kita jengkel dan tertawa terbahak-bahak

Pesan moral dari film Spongebob

Tokoh yang satu ini hampir tidak ada pesan yang bisa ia sampaikan, kecuali satu, yaitu kesetiakawanan, walaupun terlihat bodoh ternyata Patrick sangat setia dengan teman-temannya, dan hal ini bisa kita lihat dari tingkah lakunya yang selalu dekat dengan spongebob squarepants

4. Squidward Tentacles

Tokoh yang satu ini terbilang paling normal di antara tokoh yang lainnya, di mana Squidward selalu menggunakan logika setiap kali ia bertindak, tapi terkadang nasibnya yang tidak baik membuat dirinya kesusahan

Pesan moral dari film Spongebob

Squidward sendiri sangat takut dengan Spongebob, bahkan ia akan berlari menjauh ketika spongebob datang, tingkah laku Spongebob benar-benar membuatnya frustasi, mulai dari tingkah lakunya, suranya, hingga cara ia bekerja di Krusty Krab

Pesan moral yang bisa kita ambil dari tokoh yang satu ini yaitu, hiduplah dengan normal, dan jangan terlalu memusingkan kehidupan orang lain, seperti halnya Squidward yang tidak terlalu ambil pusing dengan apa yang di lakukan oleh Spongebob tetangganya

4. Sandy Cheeks

Sandy Cheeks adalah tokoh yang tidak kalah penting dari tokoh yang lainnya, dimana ia adalah tupai dari yang berasal dari Texas dan pindah ke Bikini Bottom, bisa anda bayangkan betapa hebatnya tupai yang satu ini, dari hidup di darat pindah ke dalam laut, luar biasa bukan

Dalam film Spongebob Squarepants sandy di gambarkan sebagai tokoh yang suka karate dan ahli dalam segala macam eksperimen, itulah kenapa ia sangat di butuhkan ketika terjadi keributan, contohnya ketika terjadi amukan dari cacing besar Alaska, yang membuatnya turun tangan untuk menghadapi sang cacing

Karakter dari sandy terbilang normal, tegas dan pintar, ia mampu menjadi penengah jika terjadi masalah antara Spongebob dan teman-temannya, oleh karena itulah kita bisa mengambil beberapa pesan moral dari sifat tupai yang satu ini, antara lain suka berteman, suka mencoba hal-hal baru dan bijak ketika menghadapi sebuah permasalahan

5. Sheldon James Plankton

Tokoh selanjutnya adalah Sheldon James Plankton yang merupakan sebuah plankton dengan ukuran tubuh yang kecil, walaupun kecil ia mampu membuat Krasty Krab hancur lebur dan merupakan musuh bebuyutan dari Mr. Krabs

Tujuan hidup plankton tidak lain, yaitu untuk mendapatkan resep Krabby Patty, itulah kenapa ia tidak pernah berhenti untuk berusaha mendapatkannya, walapun sudah gagal berkali-kali tapi ia tetap tidak menyerah

Pesan moral dari film Spongebob

Pesan moral dari sifat plankton yaitu, kita harus menjadi seseorang yang tidak boleh menyerah untuk mendapatkan apa yang kita inginkan, sekalipun harus gagal berkali-kali, tapi perlu di ingat, kita tidak boleh meniru sifat mencurinya ya, tiru saja sifat yang kita anggap baik

Dan pesan yang kedua, jika ingin sukses harus ada usaha dan kerja keras, layaknya plankton yang tidak pernah berhenti berusaha agar Chum Bucket yang ia kelola dapat ramai di datangi pembeli, itulah pesan moral yang bisa kita ambil dari film spongebob Squarepants, dan semoga bisa bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih

Penulis : Kuanyu

kuanyu
kuanyu Saya adalah seorang anak yang hobi membaca,menulis dan blogging,salam kenal dari saya kuanyu

27 comments for "Pesan moral dari film Spongebob Squarepants yang harus kita KETAHUI"

  1. Hampir semua pemeran punya pesan moralnya sendiri ya... Saya malah teringat satu kata mutiaranya Patrick soal kebodohan; Mungkin aku bodoh, tapi aku tidak dungu. Kata-kata ini mesti direnungkan ulang-ulang biar paham.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas Ancis, kata-kata tokoh kartun di film ini memang butuh pemahaman lebih untuk di mengerti, he-he

      Delete
  2. Seru juga yg ngebahas pesan moral dr film Spongebob ini yaa.. Film lucu n menghibur 😁😁 Masing2 karakter memang ada kekurangan n kelebihannya masing2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, seru banget mba Thessa, karena filmnya yang lucu dan menghibur

      Delete
  3. Aah, suka... Suka...

    Suka persahabatan Spongebob sama Patrick. Pesan moralnya emang ada banget ya animasi ini

    Btw, tapi pernah lihat di postingan tiktok kalau spongebob itu bukan spon pencuci yang di maksud tapi porifera

    Tapi aku puyeng jadinya karena bentukan spongebob kan lebih kayak spon cuci piring

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, film spongebob memang selalu menarik untuk di tonton mba Pit, terlepas dari segala pertanyaan netizen 😃

      Delete
  4. Baru tau nama panjangnya plankton. keren juga ternyata.. wkwkwk.. Tapi si Mr. Crab ini tandingannya cuma paman gober doang kali ya? kan sama2 pelit tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Naia, keren banget, kecil tapi namanya bikin salah fokus

      Delete
  5. Aku suka patrik.. lucu, gemoy, polos tapi sekalinya ngomong suka bner.. wkwkw 😅😅😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, patrik memang polos banget mas Bayu, bahkan sangking polosnya ia tidak mempunyai beban sama sekali di hidupnya, he-he

      Delete
  6. terima kasih atas perkongsian.

    saya terbaca di IG. ada someone share. katanya: dulu saya tak suka watak Squidward. dia annoying. tapi lepas saya dewasa saya baru faham, rupanya watak squidward tu sama dengan attitude saya ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow, ternyata ada ya watak Squidward yang di bawa dalam kehidupan nyata karena dulu sempat tidak menyukainya, share yang bermanfaat mba Anies, agar bisa menjadi pembalajaran bagi kita semua agar tidak membenci sesuatu secara berlebihan dan sama-sama juga mba Anies

      Delete
    2. ya, memang ada orang sebegini. cuma kita sahaja tak perasan. hanya orang yang mengalaminya sahaja yang tahu. ;-)

      Delete
  7. Sponsbob dan patrick itu memang teman sejati saling melengkapkan, yang saya suka sama 2 karakter ini sifatnya yg positif banget padahal udah dikerjain sama squidward juga wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, betul mba Yanie, sahabat setia yang selalu bersama, ya itulah Spongebob dan Patrick, he-he

      Delete
  8. Ada satu kuot dari Patrick yang saya suka.
    "Kalo uang membuat kita kehilangan teman, saya memilihi tidak punya uang"

    Keren ajib tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, Patrick ini tokohnya memang polos Bang day, tapi sekali mengeluarkan kata-kata, pasti luar biasa,..he-he

      Delete
  9. Ini kartun kesukaanku, Mas Kuanyu 😆. Sejak SD sampai sekarang, rasanya aku gak bisa move on dari kartun ini. Dan gak nyangka dong, ternyata di setiap karakter, ada pesan moral yang bisa diambil.😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih mba Roem, susah banget untuk move on dari film kartun yang satu ini, karena terlalu menyenangkan untuk di tonton dan memiliki banyak pesan yang ada di dalamnya

      Delete
  10. Jujurnya aku tahu Spongebob kartun ini, tapi ga pernah nontoooon hahhaha. Dan anak2ku juga ga suka mas. Makin ga pernah ngikutin jadinya.

    Tapi kalo baca reviewmu, kenapa jd tertarik pgn liat kartunnya yaaa. Pgn tahu sepelit Ama si Mr crab hahahaha. Luar biasa sekali prinsip hidupnya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha-ha, iya mba Fanny, watak Mr. crab memang unik dan pelit banget, bikin ketawa liatnya, ayuk di tonton mba, barangkali bisa sebagai hiburan di akhir pekan, asik

      Delete
  11. Spongebob juga salah satu favoritku.
    Lucu juga banyak pesan moralnya.
    Pertamakali aku denger kontes bikini bottom ...aku sempat ngakak dan auto halu pengin ikutan kontes pake bikini minim ...wwwwkk 😇

    ReplyDelete
    Replies
    1. Psst .., semalam aku udah nonton channelnya koko, keren loh.
      Udah ada iklannya mondar mandir 😁

      Delete
  12. Iya juga ya, pesan moralnya bener bgt 😄

    Aku masih menikmati sih nonton Spongebob kalau lg nemenin ponakan nonton tv. Lucu aja gitu, tingkahnya ada aja. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, terima kasih atas apresiasinya mba Anggun, selamat menonton lagi, hi-hi

      Delete
  13. duluuu awal awal munculnya spongebob dan adik aku demen nonton, aku nggak ngeh ceritanya gimana, karna yang aku tau pas giliran aku yang nonton, isinya kayak nyebelin jalan ceritanya, jadi kesel sendiri hahahaha
    ternyata kalau diamati terus terusan, ada hikmah dari masing masing sifat tokohnya

    ReplyDelete
  14. Mantab banget, ternyata itu nilai yang bisa kita pelajari dari karakter-karakter di film Spongebob. Sayang penulis naskahnya sudah meninggal, semoga ada kartun yang bisa menggantikan. Eh jaman sekarang kartun makin jarang ya....

    ReplyDelete

Silakan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan