Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri anjing kampung yang bagus untuk berburu di hutan

Katakuanyu.com – Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit pengetahuan saya tentang cara melihat ciri anjing kampung yang bagus untuk berburu di hutan

Keberadaan anjing kampung adalah suatu hal yang sangat penting bagi seorang pemburu, hal tersebut sangat saya rasakan, bahkan kalau tidak ada anjing kampung rasanya tidak seru untuk melakukan sebuah perburuan

Ada beberapa ciri anjing kampung yang bagus untuk berburu, di mana ciri-ciri tersebut hanya bisa di di lihat oleh orang yang sudah berpengalaman

Di mana pada dasarnya, setiap anjing kampung mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing

Ciri anjing kampung yang bagus untuk berburu di hutan

Contoh, anjing kampung yang mempunyai mulut yang panjang akan lebih cocok untuk berburu kera ketimbang berburu babi

Begitupun dengan anjing yang mempunyai mulut pendek, akan lebih cocok untuk berburu babi hutan ketimbang berburu kera

Kedua jenis mulut tersebut menandakan bahwa, setiap anjing mempunyai keistimewaan masing-masing, jika salah dalam memilih anjing tentu akan berdampak terhadap hasil perburuannya nanti

Pengalaman saya ketika berburu dengan anjing kampung, saya menemukan fakta bahwa anjing memiliki ciri khas yang bisa menujukkan perilakunya dalam berburu

Dan berikut beberapa ciri anjing kampung yang bagus untuk berburu, di mana ciri tersebut di jamin akurat dan bukan hanya teori semata, berikut penjelasannya

1. anjing kampung dengan telinga yang tegak

Ciri anjing kampung yang bagus untuk berburu yang pertama, bisa kita lihat dari telinganya, di mana anjing kampung yang memiliki telinga yang tegak rata-rata mempunyai kepintaran di atas anjing pada umumnya

Fakta ini telah terbukti karena saya telah beberapa kali melakukan aktivitas perburuan di hutan, bukan hanya berburu tupai, babi atau kera melainkan hewan lainnya juga

Kalau anjing pemburu dengan ciri telinga lemah dan tidak tegak biasanya kurang agresif ketika melakukan perburuan, anjing dengan ciri ini bisa saja pintar tapi masih kalah dengan anjing bertelinga tegak

2. anjing kampung yang berlidah hitam

Ciri anjing kampung yang bagus untuk berburu selanjutnya bisa di kenali dari warna lidahnya, warna lidah anjing kampung yang berwarna hitam di jamin memiliki kepintaran yang lebih baik di atas anjing biasa

Anjing biasa yang mempunyai lidah berwarna merah, biasanya tidak terlalu pintar, walaupun pada dasarnya tidak selalu demikian

Karena ada banyak faktor yang mempengaruhi kepintaran anjing tersebut, anjing dengan lidah berwarna merah bisa saja menjadi anjing pemburu yang pintar jika dia di latih oleh anjing dengan lidah berwarna hitam

Ciri anjing kampung yang bagus untuk berburu di hutan

Pelatihan anjing pemburu dengan menggabungkan kedua anjing yang berbeda warna lidah tadi sangat efektif untuk membuat anjing pemburu yang agresif

Disini saya ingin menekankan sekali lagi, di mana anjing yang saya maksud ini adalah anjing dengan warna lidah hitam bukan bermulut hitam, kalau anjing bermulut hitam dan lidahnya merah, itu belum tentu pintar dan masih butuh di latih jika ingin pintar

Akan tetapi, jika anda anjing pemburu dengan lidah hitam, bisa di pastikan bahwa anjing tersebut adalah anjing yang bagus untuk berburu

3. anjing dengan moncong berwarna hitam

Ciri anjing pemburu yang bagus selanjutnya bisa kita lihat dari moncong anjing kampung yang akan kita jadikan anjing pemburu

Anjing kampung dengan moncong berwarna hitam akan lebih bagus jika di bandingkn dengan anjing kampung yang moncongnya tidak berwarna hitam

Dan ciri tersebut telah saya buktikan sendiri, di mana anjing dengan moncong hitam akan lebih agresif ketika melakukan perburuan, bahkan anjing ini akan melewati segala macam medan demi menemukan hewan buruannya

Pernah suatu hari, kami berburu tupai di hutan dan tupai tersebut kemudian masuk ke dalam tanah yang ada airnya

Dan dengan sigap tiba-tiba anjing kami langsung menerobos ke dalam lubang tersebut, padahal airnya cukup dalam, dan tidak berapa lama sang anjing sudah keluar dengan membawa seekor tupai di mulutnya, bagaimana hebat bukan

Tapi sayang sekarang anjingnya sudah tidak ada lagi karena sudah tua dan akhirnya kami melakukan perburuan dengan anjing yang lain

4. anjing kampung dengan ekor yang berdiri tegak

Ciri anjing kampung yang bagus untuk berburu di hutan selanjutnya bisa kita kenali dari ekornya, di mana anjing kampung dengan ekor yang berdiri tegak di percaya lebih pintar dari pada anjing kampung yang ekornya turun ke bawah

Pada dasarnya memang ada dua hal yang membuat ekor anjing turun kebawah, yang pertama karena anjingnya yang tidak terlalu pintar dan yang kedua karena anjingnya yang ketakutan

Ciri anjing kampung yang bagus untuk berburu di hutan

Oleh karena itu, usahakan untuk mendekati seekor anjing dengan tenang agar anjing tidak ketakutan dan kita bisa melihat sifat asli dari sang anjing

Pengalaman saya, anjing kampung yang ekornya tegak hampir selalu pintar dari pada anjing yang ekornya turun ke bawah, karena anjing ini adalah anjing yang pemberani

5. anjing kampung yang tinggal di hutan

Ciri anjing kampung yang bagus untuk berburu di hutan selanjutnya bisa di lihat dari tempat tinggalnya, anjing kampung yang tinggal di hutan di jamin lebih pintar dan agresif di bandingkan dengan anjing kampung yang tinggal di kota

Fakta ini telah saya akui sendiri, di mana saya sering mengambil anjing yang tinggal di hutan untuk melakukan perburuan, dan hasilnyapun sangat luar biasa

Di manapun hewan buruan kita lari, anjing tersebut akan bisa melacaknya dengan cepat, bahkan untuk hewan buruan seperti kerapun anjing jenis ini sangat unggul sekali dalam hal pencarian

Menurut saya kecerdikan anjing yang tinggal di hutan memang sudah sepantasnya demikian, karena mereka selau melihat hewan liar, entah itu tupai, kera, babi, musang dan seterusnya, itulah yang melatih jiwa berburu mereka

Sedangkan anjing kampung yang tinggal di kota kebanyakan hanya melihat manusia, itulah yang membuat jiwa berburu mereka menjadi menurun

6. kaki anjing kampung

Ciri anjing kampung pemburu yang satu ini memang sulit untuk di jelaskan dengan kata-kata, karena butuh praktek langsung

Di mana anda mungkin tidak akan paham jika saya ilustrasikan dalam sebuah teori, di mana konon katanya, anjing dengan kaki lebar akan lebih kuat dan agresif ketika melakukan perburuan

Ciri anjing kampung yang bagus untuk berburu di hutan

Lebar di sini terletak pada bagian jari kaki anjing, anjing dengan kaki yang kecil dan merucut, biasanya tidak terlalu pintar

Akan tetapi anjing dengan ciri-ciri kaki lebar biasanya lebih pintar, walaupun tidak selalu demikian, seperti yang penulis jelaskan di atas, di mana ada banyak faktor yang mempengaruhi kepintaran anjing kampung

7. berbedaan bentuk mulut anjing

Ciri anjing kampung yang bagus untuk berburu selanjutnya terletak pada bentuk mulut anjing tersebut, di mana anjing kampung dengan mulut mancuung lebih cocok untuk berburu hewan di atas pohon, seperti kera atau tupai

Sedangkan anjing yang mempunyai bentuk mulut lebar dan besar lebih pintar untuk melakukan perburuan di bawah tanah, dalam hal ini mereka lebih cocok untuk berburu babi hutan

8. bulu anjing kampung

Ciri anjing kampung pemburu yang bagus selanjutnya bisa kita kenali dari bulu anjing tersebut, di mana anjing kampung dengan bulu yang pendek di percaya lebih pintar di bandingkan dengan anjing berbulu panjang

Dan dalam beberapa kali perburuan, penulis menemukan perbedaan dari kedua ciri anjing ini, di mana anjing yang berbulu pendek lebih tahan lama dalam berburu, fisik dan kemauannya jauh lebih besar

9. anjing selalu berjalan di depan kita

Ciri anjing kampung pemburu yang satu ini harus di miliki oleh setiap anjing yang ingin kita bawa kehutan, jika tidak, kita akan kecewa dengan hasilnya

Ciri anjing kampung yang bagus untuk berburu di hutan

Anjing yang mengikuti kita dari belakang ketika berburu adalah ciri bahwa anjing tersebut merupakan anjing yang tidak terlalu pintar dan takut akan hutan

Jadi bagi anda yang ingin memilih anjing pemburu, saran saya pilihlah anjing yang selalu berada di depan kita ketika sedang berburu

10. anjing merespon sebuah lemparan

Ciri anjing kampung yang bagus untuk berburu selanjutnya ialah anjing tersebut bisa merespon sebuah instruksi atau perintah dari kita, seperti lemparan, entah itu lemparan kayu atau batu

Jika anjing kampung mengejar lemparan kayu, itu artinya anjing kampung itu memiliki kepintaran dalam berburu dan harus segera anda pelihara

Itulah beberapa ciri anjing kampung yang bagus untuk berburu, selain ciri di atas menurut saya kurang akurat karena tidak berdasarkan pada pengalaman

Seperti halnya ukuran tubuh anjing, warna anjing, bau anjing, hingga ciri fisik yang lain, seperti mata dan ukuran kaki

Dan semoga artikel di atas bisa bermanfaat untuk kita semua sesama pemburu hewan, tapi saran penulis, lakukanlah perburuan secara wajar agar alam kita tetap terjaga, akhir kata saya ucapkan sekian dan terima kasih

Penulis : Kuanyu

kuanyu
kuanyu Saya adalah seorang anak yang hobi membaca,menulis dan blogging,salam kenal dari saya kuanyu

18 comments for "Ciri anjing kampung yang bagus untuk berburu di hutan"

  1. Saat masih di Papua saya bukanlah seorang pemburu yang baik namun anjing yang saya bawah untuk menemani saya berburulah yang terbaik. Namun saya tidak bisa kelompokan anjing pemburu yang baik dengan ciri - ciri fisik tertentu. Namun melalui artikel ini setidaknya saya jadi tahu ciri - ciri fisik anjing pemburu. Terima koh, tetap semangat dan terus berkarya. salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas, semoga artikelnya bisa bermanfaat untuk kita semua

      Delete
  2. Sebenarnya jenis Anjing juga sama kaya kucing yaa Ko... Beranekaragam jadi memang agak sulit untuk membedakannya kalau tidak teliti..😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, semua hewan memang mempunyai ciri khasnya masing-masing, jadi harus bisa melihat perbedaannya, agar kita bisa mengenali karakternya

      Delete
  3. Aku baru tau ciri2 pada anjing ternyata ada makna2 khususnya ya gan, padahal aku tinggal dikampung tapi anjing di desaku rata2 penidur, tapi bagus juga sih dia tidur soalnya kalau bangun kita yg dikejarnya/diburunya, hihi

    Thanks gan, setelah baca ini mgkn aku akan berbeda ketika melihat anjing nantinya, mgkn memperhatikan lidahnya, kyknya langka ya yg lidah hitam

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, anjing berlidah hitam memang lebih jarang di temui di bandingkan anjing dengan lidah yang polos berwarna merah

      tapi anjing jenis ini mempunyai keistimewaan di bandingkan anjing pada umumnya

      Delete
  4. Ternyata demikian, klo kita pelihara anjing malah takut sama kucing, sama tikus juga cuma berani nyalak dari jauh....

    Kalau sama orang baru galak, coba saja datang ke rumahku kalau berani sama si husky

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, kalau ke rumah mas sopyan sepertinya harus bawa singa nih, biar sih huskynya kabur, he-he

      Delete
  5. baru tahu saya ada kriteria anjing khusus untuk berburu, rupanya mas kuan banyak tahu soal ini yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, karena saya sewaktu kecil sudah di ajari berburu, jadi sedikit banyaknya saya jadi tahu

      Delete
  6. Ternyata ada ciri-ciri khusus
    Kiraian itu sama saja, selama itu anjing kampung
    Wah saya baru tahu lo
    Kalau jaman saya masih kerja, biasanya ya itu anjingnya justru ditangkap dan disate

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alih2 mengajak anjing berburu, justru anjingnya yang diburu ya kang? terus di sate 🤣

      Delete
    2. waduh, kok ngeri ya bacanya, he-he

      Delete
  7. wah ternyata anjing kampungpun mempunyai spesifikasi masing-masing ko kirain sama saja semua

    ReplyDelete
  8. jujur saya pernah di kejar anjing kampung

    ReplyDelete
  9. anjing yang untuk dipelihara biasanya ngeri ngeri ya haha

    ReplyDelete
  10. Oh ternyata anjing kampung juga bisa dibedakan dari ciri cirinya, yang bagus dan kurang bagus bisa diketahui dengan melihat ciri yang koh kuanyu tulis.

    ReplyDelete
  11. Anjing moncong hitam aku srg liat mas. Tp kalo lidahnya hitam, jujur ga pernah liat :D. Ada yaaa anjing yg lidahnya hitam. Aku pikir semua lidah ya merah... Baru tau loh.

    Anjing yg hidup di hutan LBH jago, udah wajar sih yaaa. Krn naluri dia udah pemburu bgt memang. Ga bakal bisa disamain Ama anjing kampung yg tinggal di kota, apalagi yg dipelihara di rumah :D. Sama aja kayak kucing. Yg dipliara di rumah, boro2 mah nangkep tikus. Yg ada dia juga takut kalo liat tikus lewat hahahaha. Kucingku banget itu.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan