Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hantu bangka yang melegenda di Indonesia

Katakuanyu.com – anda pasti pernah mendengar yang namanya hantu bangka bukan. hantu bangka adalah hantu yang tinggal di pulau bangka dan menjadi hantu khas dari pulau bangka

Hantu yang ada di pulau bangka memang sudah terkenal sejak jaman dahulu, bahkan tidak sedikit orang-orang yang menceritakan keseraman dari hantu bangka ini

Bagi anda orang yang bukan asli bangka, pasti sering mendengar berbagai macam jenis hantu, mulai dari pocong, kuntilanak, dan seterusnya, namun apakah anda pernah mendengar nama hantu bangka yang berikut ini

Dan berikut beberapa hantu bangka yang terkenal melegenda di Indonesia, simak ulasannya di bawah ini

1. hantu penebuk ati

Hantu bangka yang pertama adalah penebuk ati, hantu yang satu ini konon katanya suka memakan anak nakal, di mana anak yang nakal dan sering main di hutan akan di incar oleh hantu penebuk ati, anak tersebut kemudian akan di tangkap dan di penggal kepalanya, seperti itulah mitos yang pernah penulis dengar sampai sekarang 

Hantu bangka yang melegenda di Indonesia

Kata orang tua jaman dahulu, penebuk ati ini adalah manusia biasa, hanya saja dia jahat dan menuntut ilmu hitam, sehingga dia membutuhkan kepala seorang anak dalam menjalankan aksinya. Untuk kebenaran dari hantu penebuk ati ini masih di ragukan sampai sekarang, apakah betul-betul ada, atau hanya mitos yang di buat oleh orang tua jaman dahulu agar anak mereka tidak bermain di hutan, mengingat jaman dahulu masih terdapat banyak hutan di pulau bangka

2. hantu pulung    

Hantu bangka yang kedua adalah hantu pulung, hantu yang satu ini mirip seperti hantu anton, Cuma berbeda dari segi wujudnya, kalau hantu anton berbentuk kepala yang melayang tapi hantu pulung bentuknya seperti api dan jika kita lihat di langit hantu ini akan bercahaya seperti api yang melayang, bagaimana seram bukan

Hantu bangka yang melegenda di Indonesia

Untuk kebenaran dari hantu bangka yang satu ini boleh di bilang benar-benar ada dan tidak di buat-buat. Bahkan sejak penulis masih kecil dulu, banyak orang tua yang membicarakan hantu ini, mereka sering lewat di atas rumah untuk mencari mangsanya. Dan konon katanya hantu ini juga mempunyai pemilik, artinya ada yang memelihara untuk tujuan tertentu

3. hantu lelap

Hantu pulau bangka yang tidak kalah melegenda selanjutnya adalah hantu lelap, hantu yang satu ini boleh di katakan sangat menyeramkan, wujudnya besar, bertaring besar, berbulu hitam dan bermuka seram. Biasanya hantu ini sering di temui dekat air yang banyak ikannya, apalagi saat musim kemarau tiba dan ikan pada berkumpul pada satu tempat yang dangkal, nah biasanya di situ ada hantu ini

Hantu bangka yang melegenda di Indonesia

Hantu lelap ini juga sering mengganggu para pemasang bubu, yang di ganggu adalah bubunya, di mana ikan yang sudah masuk ke dalam bubu habis di makan oleh hantu ini, oleh karena itu tidak jarang para pemasang bubu yang merasa kesal dengan hantu yang satu ini

Kalau orang jaman dahulu bertemu dengan hantu lelap ini biasanya akan di lawannya, karena orang jaman dahulu ada ilmunya, jadi mereka berani untuk melawan hantu yang besar dan seram ini, kalau anak jaman sekarang jangan coba-coba mau melawannya, karena mereka ini adalah hantu, dan hanya orang yang memiliki isi badanlah yang bisa melawan mereka

4. hantu nek gergasi

Hantu bangka yang cukup populer di pulau bangka selanjutnya adalah hantu nek gergasi, hantu nek gergasi adalah hantu yang berwujud nenek-nenek tua dengan taring dan kuku yang panjang, serta mempunyai rambut panjang sampai dengan mata kaki

Hantu bangka yang melegenda di Indonesia

Nek gergasi ini di katakan orang tua jaman dahulu adalah sosok hantu yang suka memakan anak kecil, jadi hampir mirip dengan hantu penebuk ati tadi, hanya saja, kebenaran dari cerita nek gergasi ini lebih nyata, karena ia adalah hantu yang muncul karena ada orang yang mau mengamalkan ilmu hitam, jadi dia butuh darah anak kecil sebagai korban ilmu hitamnya, heem, seram juga ya

5. hantu sumiati

Hantu yang terakhir adalah hantu sumiati, sejarah hantu sumiati bermula dari seorang anak gadis yang mengalami depresi akibat masa lalunya bersama laki-laki, dan kemudian ia lari kehutan, setelah itu meninggal dan menjadi hantu

Hantu bangka yang melegenda di Indonesia

Konon katanya, hantu ini sangat membenci laki-laki, jadi dia akan membunuh laki-laki yang bertemu dengannya di hutan bangka, oleh karena itulah anda harus waspada jika bertemu dengan hantu yang satu ini, ia bisa saja menjelma menjadi wanita cantik yang membelakangi anda dan jika anda tertarik dengan mereka maka habislah riwayat anda, so, berhati-hatilah

Bagi anda yang ingin membaca hantu bangka lainnya, bisa mengunjungi artikel berikut ini tentang hantu bangka belitung yang paling menyeramkan

Oke, sahabat pecinta misteri, saya rasa cukup untuk artikel kali ini tentang hantu bangka yang melegenda di Indonesia, semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita tentang dunia mistis yang ada di pulau bangka, akhir kata saya ucapkan sampai jumpa dan selamat bertemu di artikel selanjutnya

Penulis : Kuanyu

kuanyu
kuanyu Saya adalah seorang anak yang hobi membaca,menulis dan blogging,salam kenal dari saya kuanyu

93 comments for "Hantu bangka yang melegenda di Indonesia"

  1. Saya tinggal di Sumsel dan pernah dengar cerita seram dari Bangka tp baru kali ini Jd ngeh kalau hantunya ada namanya secara spesifik gini. Hiii

    Tinggal tunggu kehadirannya di Bioskop Indonesia #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha-ha, hantunya nanti jadi bintang film dong, wkwkckk

      Delete
  2. ih ngeri banget ya hantu2nya... itu paling ngeri yg suka menggal anak kecil tuh... merinding euy..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, hati-hati sama hantu yang satu itu karena keberadaannya masih misterius sampai sekarang

      Delete
  3. Iya paling seram sama penampakan hantu lelap ya, tapi kalau saya semua hantu itu menyeramkan. Hiiy jangan sampe deh ketemuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hantu lelap mah seram banget teh dan semoga enggak ketemu di hutan ya, he-he

      Delete
  4. Aku belum pernah denger nama2 hantu ini satupun nyu, tp itu hantu lelapnya kok kata gorila raksasa gitu ya. Aku ga mau liat hantu beneran, wlpn aku pecinta film horor

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo teh liat yang realnya juga, di filmkan enggak nyata hantunya, barangkali semua bagian tubuh jadi dangdutan setelah melihat yang aslinya, he-he

      Delete
  5. la di MAkasssar juga ada setan sumiati yang pernah ngetop dulu bang , sering ganggu orang yang pulang tengah malam

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, ngeri juga ya mas rusdi, malam-malam lagi pulang di samperin makhluk tidak kasat mata, pasti berasa seperti lagi syuting film horor, ha-ha

      Delete
    2. Mas Rudy kalai hantunya cantik pacarin aja nggak apa2..🀣🀣🀣

      Delete
    3. iya ayu mas tapi belakangnya bolong gimana tuh

      Delete
    4. Kalo belakang punggungnya bolong buat kang satria saja mas.🀣

      Delete
  6. Waduh kakak ipar saya namanya Sumiati... Hmmm, apakah selama ini dia hantu

    ReplyDelete
  7. Menarik dan menyeramkan topik artikel tentang hantu ini. Ternyata mereka punya ciri khas berdasarkan domisili. Kayaknya mereka juga jago bahasa daerah Bangka ini dan memegang teguh tradisi di sana hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, untuk bahasa dan tradisi saya kurang tahu mas, mungkin pak rt alam sana lebih tahu, he-he dan kemungkinan besar setiap daerah pasti mempunyai hantu dengan ciri khas masing-masing

      Delete
  8. Pas baca blogpost ini aku scroll nya hati-hati banget nih, Mas. Takutnya enak-enak baca ndilalah ada jumpscare nya, macam gambar abang poci di blogpost sebelumnya. Tapi alhamdulillah gambarnya yang di sini masih aman-aman, gak bikin kaget. Hehehe.

    Ngomong-ngomong cowok-cowok yang lagi di Bangka harus hati-hati banget ya, Mas. Apalagi kalau ketemu cewek cantik. Siapa tau si cewek cantik itu Sumiyatiiiiii. Hiiiiiiii *merindingdisko*

    ReplyDelete
    Replies
    1. he-he, iya teh semua gambarnya memang lebih enggun dari gambar sebelumnya, dan enggak menakutkan kok, pasti aman dari jumpscare, he-he

      laki-laki pulau bangka kalau jaman dahulu memang harus waspada banget sih teh, karena hutannya masih banyak, tapi sekarang hutannya enggak ada lagi dan menjadi taman bunga, heem

      Delete
    2. Wah, asik dong jadi banyak taman bunganya. Bisa buat foto-foto. Hahay, jiwa narsisku jadi bergejolak nih. Lumayan bisa nambah foto di InstagramπŸ™ˆ

      Delete
    3. Waahh mbak roem sedang ingin bergaya film india nih..🀣🀣

      Delete
  9. Kenapa sih penampilan para hantu di Indonesia, ngga di pulau Jawa ngga di Bangka kok ... , howaaaah pada syerem-syereeem !!.

    Beda kan kalau lihat para hantu luar negri, di negara Eropa misalnya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin hantu Indonesia ingin tampil berbeda mas, jadi punya ciri khas, ea

      Delete
    2. Benar juga prediksimu, ko ...
      Makin tampil beda makin eksis, mudah jadi terkenal , hihihi ..
      Mirip sepak terjang selebgram aja kalau gitu, ya :)

      Delete
    3. Berarti hantu hobi Narsis juga yaa mas Him..🀣🀣🀣

      Delete
    4. Iya, hantunya ngga kalah sama kang Satria, suka narsis juga.🀣

      Delete
    5. Wwkkk 🀣 ...
      Sumpah ngakak baca komentarnya mas Agus ke mas Satria ..

      Ketauan daaah mas Satria sukanya narsis kayak ... saiaaaaa πŸ˜‚

      Delete
  10. Nama-nama hantunya sangat asing bagi saya
    Dan bahkan di jawa tak ada nama-nama hantu tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin ada tapi berbeda nama ya mas, hi-hi

      Delete
  11. Beberapa hantunya mirip seperti kisah-kisah hantu di daerah kami, tapi penamaannya aja yang berbeda.
    Dan semua hantunya serem-serem.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, serem banget mas, jangan sampai dah ketemu karena sangat menakutkan

      Delete
  12. Amit2 jgn sampe ketemu deh... Kdg bersyukur ga dikaruniai kemampuan melihat makhluk astral. Baru bayangin aja aku udh serem -_- . Itu orang2 yg bisa melihat makhluk gaib, gimana caranya menjadi biasa tiap liat yg serem2 gini yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaa cuek mungkin mbak ...
      Bagi yang punya indra ke 7 lihat hantu tiap hari kaya lihat teman sehsri2 saja...🀣🀣

      Delete
    2. Akupun amit-amit ngelihat ginian, Kak Fanny πŸ˜‚
      Jangan sampai bisa lihat huhuhu.
      Kayaknya yang punya indera keenam, kalau tidur juga bisa nggak nyenyak deh πŸ˜‚

      Delete
  13. Aku di Palembang nih, belum pernah denger tentang hantu bangka...
    Klo hantu "khas" Palembang. Pernah denger namanya hantu banyu. Katanya sih ada di sungai Musi πŸ˜…πŸ˜…

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar ada juga namanya Hantu Do2...🀣🀣🀣

      Delete
  14. Hantu yang mirip mak lampir ada juga yaa dibangka belitung yaitu hantu nek gergasi.😊😊

    Dan adalah yang lucu mirip janda sebelah namanya hantu sumiati..🀣🀣🀣

    ReplyDelete
  15. wawasan baru nih buat saya koh. seram juga ya. jangan ketemu lah dengan hantu-hantu ini. tapi sampai saat ini yang paling seram di bayangan saya masih hantu pocong :( hhuhu

    ReplyDelete
  16. Info baru lagi saya dapet hari ini.. jenis2 hantu di Pulau Bangka. Awalnya saya mengira hantu yang usianya sudah tidak tahu arah makanya dinamakan Hantu bangka, ternyata eh ternyata..

    ReplyDelete
  17. Replies
    1. Namanya juga berasal dari banyak provinsi ..., hantunya pun beda - beda rupa dan nama 😁

      Delete

  18. Bang Anyuuu.. kok sekarang malah bahas alam lain sih. Hiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. selingan aja bang day, biar enggak bosen gitu, he-he

      Delete
  19. Aku pernah lihat hantu Api yg seperti meteor jatuh itu, keren terang 🀣

    Kalau hantu nenek gerasi itu ditempatku (kalimantan) itu biasanya muncul ditengah bulan purnama, kalau bulan purnama lihat ke bulan, dia ada ditengah2 bulan itu, mitosnya dia sedang mengutui, mencari kutu mangsanya, biasanya anak kecil, dicari kutunya sampai kedalam isi kepala si anak alias otak si anak dimakanin, tapi ini mitos ditempatku 🀣🀣

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, ngeri banget mitosnya mas, kalau mitosnya nyata bisa seram banget nih

      Delete
  20. Kalo soal hantu pulung atau hantu api, rasanya disini memang ada bang kuanyu. Cuma kalo di Jawa namanya banaspati, yang wujudnya cuma api. Kalo tidak salah, waktu kecil aku pernah lihat jam 9 malam jatuh diatas atap rumah tetangga, besoknya orangnya sakit parah, katanya sih kiriman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku lihatnya pas ada org hamil dalam rumah itu mas, pas anaknya lahir jadi bisu dan cuma aku yg lihat ini gak pernah kuceritakan pada siapapun disana soalnya lupa, ingatnya pas baca post kuan Yu ini 🀣🀣

      Delete
    2. Yaelah, kenapa malah diceritakan disini kang Jaey.πŸ˜‚

      Delete
    3. Supaya Kuan Yu ketakutan mas 🀣

      Delete
    4. ha-ha, mas jaey bisa jadi pencerita ulung nih mas, anak-anak pasti suka dengan ceritanya, kalau banaspati ini katanya jahat ya mas, setahu saya sih gitu, enggak tahu benar atau enggaknya, he-he

      Delete
  21. Belum pernah denger sih hantu hantu diatas, baru tau banget disini terutama yang hantu sumiati itu mirip hacker yaa penampilannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha-ha, mau ngakak baca komennya, itu hanya ilustrasi mas, yang aslinya mungkin lebih seram, heem

      Delete
  22. Ada satu nama hantu diatas yang samaan dengam nama obat buat bantuin tidur biar pulas ..., lelap 😊

    ReplyDelete
  23. Nama hantu nya unik-unik tapi iiih serem... amit-amit jangan sampai ketemu namanya hantu. Alhamdulillah belum pernah ketemu hantu. Kalau misalnya ketemu hantu auton aku langsung baca ayat kursi berkali-kali. Ntar pasti hantu nya bakal gosong dan hancur lebur.
    Hantu Sumiati ..?? Jadi ngakak aku namanya kayak orang. Moga nggak ada blogger yang namanya Sumiati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ada blogger yang namanya sumiati bisa berabe nih, ha-ha

      Delete
  24. hantu yang namanya baru kudengar semua koh...dan aku paling takut sumiati dan yang nenek nenek itu loh, soalnya klo hantu versi nenek nenek aku keingatan sama nenek gayung huhhuuu, serem..kalau ga mirip mak lampir mistero gunung merapi koh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetangga ente ada nggak mbul yang namanya suamiati kalau ada hati2 dah ntar dicekik lhoo..🀣🀣

      Delete
  25. kalo yang suka jualan es krim namanya hantu sulasmi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha-ha, dapet dari mana tuh mba namanya, keren bingit, wkwkckk

      Delete
  26. Saya taunya martabak bangka πŸ˜€

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, iyaah ...
      Bilang saja lagi laper, jadi keingetan martabak bangka

      Ζͺ(˘⌣˘)Κƒ

      Delete
    2. mari mas dan mba main ke bangka yuk, banyak loh yang jualan martabak di sini, rasanya juka ueanak tenan

      Delete
  27. Masih keren hantu si Anton...pada kemana dia ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin sedang mencari mangsa mas, atau lagi tahun baruan, he-he

      Delete
  28. Membaca tulisan ini ini kesan saya, lucu dan juga bingung. Mohon maaf koh, bukan karena tulisannya. Tulisannya mah oke bangat, ini masalah istilah. Kok ada hantu Anton?

    Oke barangkali hantu Anton ini hanya di Bangka tetapi sejatinya yang saya tahu hantu laut pantai selatan walau sejatinya saya tidak percaya dengan hantu dan hal - hal mistis namun sebagai informasi tulisan ini sangat informatif. Minimal mengenal pulau bangka Belitung dari sisi yang lain. Thanks koh sukses selalu. Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas, semoga informasinya bermanfaat, asik

      Delete
  29. baru tau aku ada hantu bangka koh, ternyata namanya beda beda ya sebutannya dengan hantu hantu yang biasa disebut orang orang, kayak pocong, kuntilanak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, berbeda mba, tapi ada beberapa hantu yang sejenis dan hanya berbeda namanya saja

      Delete
  30. ternyata saya kurang gaul yah, kurang jauh mainnya haha, baru dengef nama nama hantu yang begitu duh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mas, jauh lagi mainnya, kalau perlu sampai masuk ke dalam hutan belantara, wkwkckk,...canda mas

      Delete
  31. Hantu Sumiati ini pasti pacarnya hantu Anton.

    Hantu hantu masa kini ada ada saja di Bangka.. πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan hantu masa kini mas, itumah hantu jaman old, kalau boleh di katakan sebagai legendalah di pulau bangka

      Delete
  32. kirain uda ada updatean baru koh, hantunya beneran nyeremin...palagi yang bisa molah malih rupa hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum ada update baru teh, masih mager tahun baruan, sebentar lagi mungkin ada update baru, he-he

      waduh, kalau yang bisa molah-malih muka mah seram banget tuh teh, apalagi yang bisa menjulurkan lidah sampai ketanah, ih,...serem

      Delete
  33. Permisiiii ...

    Koko Kuan Yu lagi kemana sih ini, ngga nongol-nongol ..
    Tuh, dah ada komen masuk yang belum dibalas πŸ˜‰.

    Ngga lagi main-main petak umpet sama para hantu kaaaan ... πŸ€” ?

    ReplyDelete
  34. Saya punya beberapa orang teman yang bernama Sumiati, jangan-jangan mereka semua hantu..hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi 😱

      Coba tengok, hidungnya mereka berhembus udara ngganyaaaaa ....

      Delete
    2. kalau enggak berhembus mas, berarti dia adalah,.....heem

      Delete
    3. Berarti ...orang-orangan sawaah, hahahha

      Delete
  35. Baru pertama kali sbnernya ngedenger nama hantunya.. tapi kalau hantu pulung macam banaspati kali yah kalau di daerah Jawa. Soalnya bentuknya api...

    Saya sendiri belum pernah ngeliat hantu yg bner2 keliatan wajahnya.. hahah tapi kalau kaya sekelebat2 gtu pernah.. tapi mngkin itu hanya persepsi. Yah amit2 juga sih sbnernya ngeliat huntu..

    ReplyDelete
  36. saya rasa hantu sumiati itu agak terkenal di sini dulu dulu

    ReplyDelete
  37. padahal merinding tapi tetap dibaca karena penasaran.. wkwkwk.. salam kenal..

    ReplyDelete

Silakan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan