Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hantu bangka belitung yang paling menyeramkan

Katakuanyu.com – halo sahabat pembaca setia, jumpa lagi dengan saya kuanyu, pada artikel kali ini saya akan menceritakan sedikit tentang hantu bangka belitung yang paling menyeramkan

Bangka belitung sendiri adalah tempat kelahiran penulis, jadi tidak heran jika penulis sedikit banyak mengetahui tentang mitos dan fakta mengenai hantu yang ada di pulau bangka

Dan berikut beberapa hantu bangka belitung yang paling menyeramkan dan di takuti oleh masyarakat bangka, antara lain

1. mawang

Hantu bangka belitung yang pertama adalah mawang, hantu yang satu ini memiliki wujud yang besar, berkuku panjang, bermulut lebar dan berlendir serta berambut panjang

Konon katanya, hantu mawang ini sering kali di temukan di hutan bakau yang dekat dengan laut, jadi kalau ada hutan di pinggir laut dan ada batang bakaunya maka di situlah tempat tinggalnya

Berdasarkan penuturan orang asli bangka, mawang ini adalah hantu yang sangat menakutkan, di mana kalau anda ketemu dengan dia dan melihatnya maka otomatis anda akan di cabiknya, kecuali ia membelakangi anda

Keberadaan hantu mawang ini menurut sebagian orang bisa di deteksi dengan cara melihat tumpukan kepa, ( kepa adalah hewan sejenis kerang tapi berukuran besar ), di mana jika ada tumpukan kepa di dalam hutan bakau, itu tandanya ada hantu mawang di sekitar situ.

Hantu mawang memang sengaja mengumpulkan kepa untuk di makan, jadi jangan sekali-kali anda mengambil tumpukan kepa tersebut jika tidak ingin di cabiknya, kalau kata orang bangka di kantet e

Hantu bangka belitung yang paling menyeramkan

Selain itu juga, menurut cerita orang tua-tua jaman dahulu, mawang ini adalah hantu yang kejam dan tidak boleh di sebut namanya, apalagi di rumah anda sedang ada anak kecil, jelas nama hantu ini tidak boleh di sebutkan

Bagi anda yang melanggar, konon katanya akan di datangi oleh hantu mawang ini, kurang lebihnya seperti itulah kisah dari orang tua jaman dahulu

Bagi orang bangka asli pasti tidak asing lagi ketika mendengar nama hantu ini, di mana sudah sangat melegenda, anak cucu, cicit pasti sudah tahu, apalagi orang yang sering mencari ikan dan kepa di pinggir hutan bakau

Dulu pernah beredar kabar bahwa ada orang yang di cabik hantu mawang ini, jadi kisahnya ada beberapa anak muda yang mencari kepa di hutan bakau, singkat cerita ada satu orang anak yang melihat hantu ini

Seketika itu juga, hantu mawang ini langsung menyerang beberapa orang anak tadi dengan berbentuk menyerupai  madu, katanya seperti itu

Beberapa anak lainnya berhasil kabur, tapi naas bagi yang melihat hantu tersebut, nyawanya tidak bisa terselamatkan, kata teman yang lainnya.

Sewaktu mereka balik melihat temannya tadi, hati dan matanya sudah tidak ada lagi. bagaimana seram bukan, jadi merinding membayangkannya

2. buyut

Hantu bangka belitung yang selanjutnya adalah buyut, hantu yang satu ini tidak kalah melegendanya dengan hantu mawang, di mana hantu ini berada di dalam air, kalau orang bangka menyebutnya sebagai kulong, atau bekas galian TI

Nah, di dalam air kulong tersebutlah buyut ini berada. Tapi tidak semua air kulong ada buyutnya, biasanya buyut ini tinggal di dalam air kulong yang besar dan luas

Di bangka sendiri, penulis pernah mendengar cerita tentang hantu buyut ini, di mana ada orang tua yang sedang mandi di sungai dan tiba-tiba ia tenggelam dan wargapun panik di buatnya

Tapi anehnya, air tempat ia tenggelam tersebut tidaklah dalam, orang sudah mencari kemana-mana tapi ternyata sang korban tidak di temukan

Hantu bangka belitung

Dan ketika di temukan, ternyata korban berada di lokasi yang telah di cari warga sebelumnya, sungguh mengherankan bukan.
 
kalau kata orang bangka, inilah yang namanya di bunyik antu, walaupun sudah di cari di tempat tersebut tetap tidak ketemu, dan akhirnya ketemu pasti dengan bantuan orang pintar, atau dukun

Menurut penuturan beberapa orang bangka yang mempunyai isi badan, hantu buyut ini katanya menarik seseorang dengan penampilannya, di mana mereka berwujud cantik dan menarik korbannya, jika korban terberdaya maka ia akan tenggelam dan mengikuti mereka, jika tidak maka ia akan selamat

Berdasarkan penuturan dari orang tua jaman dahulu, kalau ada orang yang tenggelam di tarik buyut maka kita bisa menolongnya dengan menarik rambut dari korban tersebut, tujuannya tidak lain untuk menyelamatkan roh sekaligus jasad korban

3. anton

Hantu bangka belitung yang berikutnya adalah anton, hantu yang satu ini paling di takuti oleh para orang tua, di mana hantu anton ini sangat kejam dan bisa membunuh bayi

Hantu anton sendiri berwujud kepala manusia yang bisa terbang, di mana hantu ini adalah orang yang bersekongkol dengan setan dan ingin selalu awet muda dengan cara menghisap darah bayi yang baru lahir, dalam praktiknya orang yang menjadi anton ini sama dengan orang yang mengamalkan ilmu hitam

Kata orang bangka asli, Sebelum hantu anton ini beraksi mereka akan terlebih dahulu memisahkan kepala dengan tubuhnya, di mana badan mereka biasanya di letakkan di dekat pohon pisang agar tidak terlihat oleh orang lain, sedangkan kepalanya melayang mencari mangsa

Hantu bangka belitung

Bagi anda yang menemukan tubuhnya, kita bisa mengerjai hantu ini dengan cara di letakkan paku dan pecahan kaca di dalam tubuhnya tadi, sehingga sang hantu tidak bisa balik lagi ke tubuhnya

Bentuk anton ini memang sangat menyeramkan dan membuat muntah melihatnya, karena bagian usus dan organ dalamnya melayang di udara. tentu kahadiran hantu ini sangat di benci oleh orang bangka

Bagi anda yang mempunyai anak bayi, maka ada baiknya di lindungi dengan cara meletakkan gunting kecil, bawang merah, cabai dan yasin di dekat bayi tersebut, dengan tujuan agar hantu anton tidak berani mendekati bayi yang baru lahir tersebut

Selain itu juga, sisa-sisa kelahiran harus di bersihkan, seperti plasenta, tali pusar dan air ketuban, semuanya harus di bersihkan sebersih mungkin agar tidak di makan oleh hantu anton tadi
Sisa-sisa kelahiran tersebut kemudian di tanam, dan tentunya dengan ritual tertentu, seperti doa dan seterusnya, kalau orang bangka asli pasti tahulah apa yang penulis maksud

4. hantu mencadin

Hantu bangka belitung yang tidak kalah populer selanjutnya adalah hantu mencadin, hantu yang satu ini mempunyai bentuk seperti pocong dan berbau busuk sekali

Yang jelas, orang yang menjadi mencadin ini adalah orang yang semasa hidupnya mempunyai perbuatan yang buruk, sehingga saat ia mati setan masuk ke dalam tubuhnya dan membuatnya menjadi mencadin

Kata orang tua jaman dahulu, mencadin ini adalah mayat yang di masuki oleh jin, di mana mayat tersebut selama hidupnya sangat jahat sekali perbuatannya, sehingga setan dan jin menyukainya dan bumi membencinya, maka jadilah ia mencadin

Hantu bangka belitung

Kisah mencadin ini sering kali penulis dengar dari orang bangka lainnya, di mana ada beberapa kampung di pulau bangka yang banyak mencadinnya, bahkan di malam-malam tertentu warga kampung tidak mau keluar rumah karena takut dengan mencadin

Mencadin ini biasanya sering menakuti warga dan melewati pinggiran rumah warga dengan suara yang berdengkur, seperti itulah penuturan seorang warga yang pernah mendengar suaranya

Bagi orang kampung yang mempunyai ilmu, biasanya mencadin ini bisa di atasi. Tapi sekarang sudah sedikit orang yang mempunyai ilmu tinggi, sehingga tidak heran mencadin terus bergentayangan

4. hantu berasuk

Hantu bangka belitung yang satu ini pasti di kenal oleh banyak pemburu di pulau bangka, jika tidak tahu dengan hantu yang satu ini, maka kemungkinan besar mereka bukan orang asli bangka

Hantu berasuk adalah hantu yang berburu layaknya manusia, Cuma mereka makhluk tidak kasat mata. Mereka juga punya anjing layaknya manusia dan berburu seperti biasa

Kemunculan hantu berasuk biasanya saat hujan panas atau bisa juga di malam hari, tapi sering kali muncul saat hujan panas.

Jadi kalau anda mendengar suara anjing menggonggong di sertai suara teriakan seperti hu, ( hu tersebut adalah suara menggiring babi hutan ) maka besar kemungkinan itu adalah hantu berasuk

Hantu bangka belitung

Saran penulis, jika anda mendengar suara teriakan seperti orang saat turun hujan panas, ada baiknya diam saja dan jangan sekali-kali di sahut, jika di sahut bisa celaka anda di buatnya

Untuk melihat jarak hantu berasuk dengan kita sangat mudah sekali, yaitu dengan mendengar suara anjingnya, jika suara anjingnya terdengar kuat artinya hantu berasuknya masih jauh, begitupun sebaliknya, jika suara anjingnya terdengar sayup-sayup maka hantu berasuk tersebut berada dekat di sekitar kita, jadi berhati-hatilah

Konon katanya, kata orang tua yang ada di bangka, hantu berasuk ini mempunyai lapun layaknya manusia ketika berburu babi, hanya saja mereka berburu dengan cara mereka sendiri, dan sebagai manusia yang sedang melapun juga , sebaiknya kita mengalah jika bertemu hantu ini

5. burung kuwek

Hantu bangka belitung yang terakhir adalah burung kuwek, hantu yang satu ini berwujud seperti burung dan berbunyi kwek-kwek pada malam hari

Berdasarkan info yang penulis dapatkan, burung ini terbang dengan tubuh terbalik, bagaimana seram bukan, jadi merinding ketika membayangkannya

Burung ini adalah hantu yang menjelma menjadi burung jadi-jadian, ia biasanya muncul pada malam hari untuk mencari mangsa, mangsanya tidak lain adalah anak bayi yang baru lahir dan belum tumbuh gigi, jika sudah ada giginya ia tidak bisa lagi mengganggunya

Jujur saja, di tempat penulis tinggal penulis sering mendengar burung ini berbunyi, mereka muncul sekitar jam 07.00 malam dan jam 03.00 malam, kalau kita ingin melihat bentuknya jelas tidak terlihat karena masih gelap

Hantu bangka belitung

Konon katanya, bayi yang terkena ganggu burung kuwek ini akan melihat ke atas terus, seakan-akan ada sesuatu yang di lihatnya, dan biasanya tidak lama dari kejadian itu, bayi tersebut akan mati

Memang sangat kejam sekali ya burung ini, tapi ya itulah hantu, jika ada yang terkena hantu ini ada baiknya segera berobat ke orang pintar, boleh thai pak atau dukun, usahakan berobat secepat mungkin, jangan di tunda-tunda

Itulah beberapa jenis hantu yang ada di pulau bangka belitung, hantu bangka belitung memang mempunyai daya tarik tersendiri bagi para pecinta hantu, tapi perlu diingat, kita hanya manusia biasa, jangan sampai kita tergila-gila karena hantu dan mengganggu mereka

Ingat hantu di pulau bangka itu sangat menakutkan, jadi bagi anda orang asing sebaiknya jangan main-main dengan hantu yang ada di pulau bangka. Jika anda ingin membaca artikel tentang hantu bangka lainnya silakan kunjungi artikel berikut ini, hantu bangka yang melegenda di Indonesia dan kalau ada waktu penulis akan membahas hantu-hantu lainnya yang ada di pulau bangka dan akhir kata saya ucapkan sekian dan terima kasih

Penulis : Kuanyu

kuanyu
kuanyu Saya adalah seorang anak yang hobi membaca,menulis dan blogging,salam kenal dari saya kuanyu

30 comments for "Hantu bangka belitung yang paling menyeramkan"

  1. Hantu Anton itu namanya keren... Salah salah cewek bisa baper dengar namanya 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. he-he, iya mas, tapi aslinya, menyeramkan banget

      Delete
  2. Ada juga hantu namanya Anton...Haahaaa.🤣🤣🤣 kalau saya perhatikan hantu Anton itu mirip Kunyang yang ada Kalimantan yee mas Kuanyu..


    Kalau nama yang lainnya umum sih...Cuma Anton doang yang aneh..🤣🤣🤣 Kirain Anton Adryanto namanya..🤣🤣🤣🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin salah ketik atau jangan jangan ada nama sambungannya.

      Antoni Banderas

      Delete
    2. Haaahaaaa bisa jadi mas Sofyan..🤣🤣🤣

      Delete
    3. sepertinya memang mirip dengan kuyang kalimantan mas, tapi berbeda tempatnya saja, he-he

      sejarah namanya mungkin harus di cari tahu lebih dalam lagi nih, he-he

      Delete
  3. Serem banget karakter hantunya.
    Ganas-ganas ya ..

    Nama hantu yang paling bikin galfok si hantu anton.
    Kok ya namanya mirip sama nama salah seorang blogger asal kota hujan Bogor ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan jangan blogger tersebut adalah Anton

      Delete
    2. Anton Adryanto Tepatnya mas Sofyan..🤣🤣🤣

      Delete
    3. waduh, kalau begini bisa bahaya nih, semua orang nama anton nanti di kira hantu, ha-ha

      Delete
    4. Laah itu .. pada tau siapa nama blogger yang kumaksud ...., hahahaha ...

      Kabooooor, aaakh ...
      Takut dikejar mas, eh* hantu antooon ...

      Delete
  4. Serem2 banget mas, untung aku bacanya siang2 😆
    Anton itu mirip sama hantu palasik di ranah minang. Kepala terbang2 dan memangsa bayi2. Huhu. Bayi bs jadi demam, bahkan sampe ada yg meninggal. Jd biasanya sama orang tua ny bayi suka dipenitiin bawang putih biar ga dideketin palasik. 😆😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak Thesa kalau di Sumatra Barat palasik sebutannnya..😊😊

      Delete
    2. ternyata hantu anton ini mempunyai banyak nama juga ya, hebat, pasti ribet buat ktpnya, ha-ha

      ayuk teh @Thessa R di baca malam hari biar terasa horornya, he-he

      Delete
  5. Hantu Anton itu mirip kuyang kalo di Kalimantan.
    Tapi katanya sih itu manusia yang nuntut ilmu hitam dan butuh darah dari bayi untuk nambah ilmu hitamnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas Rudy....🤣🤣🤣

      Untung bukan Anton Adryanto yaa..🤣🤣🤣

      Delete
    2. yup, betul banget mas Rudi, dari info yang saya dapatkan juga seperti itu, seram banget ya, demi ilmu hitam harus mengorbankan bayi orang lain, heem

      Delete
  6. siapa yang punya temen namanya Anton, hati hati kalian yahh jangan diajak main ke Bangka Belitung hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buuuaaahaaaaa...suruh diam saja di Bogor yaa Mas Intan..🤣🤣🤣🤣

      Delete
    2. waduh, nama mas anton jadi populer nih,berkat nama hantu anton ini, ha-ha

      Delete
  7. Duh kaget aku, mas 🙈. Kenapa gambar abang poci nya harus dipampang sih. Mana aku lihatnya malam-malam lagi 🤣. Kan jadi takuuuuuut.😱

    Aku gagal fokus pas lihat yang namanya Mawang nih, mas. Sekilas namanya mirip sama penyanyi indie berdarah Sunda yang menyanyikan lagu fenomenal berjudul 'Kasih Sayang Kepada Orang Tua' itu. Nuuuu hilna hilnu hilna hilnu yeaaaah.😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak Roem kok tahu sih...Penggemar Indie yaa..🤣🤣

      Delete
    2. waduh, abang poci, saya mau ketawa tapi gimana,...he-he, takut nanti ada yang tersinggung

      lagunya bikin gagal fokus mba, apalagi ada hilna hilnunya, wkwkckk

      Delete
    3. @mas satria mungkin mba Roem fans berat lagu india, ea

      Delete
  8. Ntah kenapa udah serem baca semua hantunya, tapi bagian hantu Anton, auto ngakak aja gitu mas 🤣🤣.. agak susah ngebayangin hantunya kalo lgs keingeg Ama mas Anton 😅.

    Serem2 amaaat siiik. Itu yg punya bayi apa pada ga kuatir kalo sampe bayi mereka diambil Ama para hantu yaaaa -_-

    ReplyDelete
  9. pas baca bagian mencadin masih aman, pas lihat gambarnya, auto nutupin layar. aduh bikin terbayang-bayang koh.

    bangka kok kaya akan jenis hantu sih , kenapa nggak terang bulan aja yang macam-macam jenisnya, ihhihi #canda

    ReplyDelete
  10. Hantu begu ganjang dari medan belum merantau kesa sepertinya,, wkwk

    ReplyDelete
  11. Serem ya hantu-hantu di pulau Bangka. Ada yang namanya Anton ada yang namanya buyut... jangan -jangan hantu nya mirip nenek-nenek ya sampai dinamain buyut...
    Hantu kuwek juga serem menjelma jadi burunh jadi-jadian.
    Makasih info nya kak Kuanyu

    ReplyDelete
  12. Maaf, saya malah salfok sama nama hantu anton.. heheh seperti yg dibilang sama mas hima diatas. Mengingatkan saya sama nama seorang blogger kece dari bogor.

    Tapi seram banget yah ko, itu hantu kalau berkeliaran nyari bayi. Bentukannya cuma kepala sama dleman gtu.

    Baca kisah misteri kaya gini.. aku suka banget.. wkwkk I dont know why..

    ReplyDelete
  13. as, saya cuma kenal Anton J.Rocks sahaja ��������

    ReplyDelete

Silakan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan