Transaksi saham yang dilarang oleh bursa efek indonesia

Transaksi saham yang dilarang oleh bursa efek indonesia

Halo sahabat investing indonesia, kembali lagi bersama saya kuanyu

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang transaksi saham yang dilarang oleh bursa efek indonesia, transaksi saham pada dasarnya adalah wajar-wajar saja untuk dilakukan akan tetapi ada batas-batas tertentu yang juga tidak boleh dilanggar oleh para anggota bursa, salah satu transaksi saham yang dilarang oleh bursa efek indonesia adalah transaksi semu

Baca juga cara memilih saham IPO yang bagus

Transaksi semu sering kali kita jumpai dalam perdangangan yang sedang terjadi di bursa saham yang mana transaksi jenis ini memainkan harga saat pembentukan harga terakhir saham sebelum transaksi saham pada hari itu ditutup atau bisa juga disebut pre closing, sebenarnya pre closing ini memang diciptakan oleh pihak bursa untuk menangkal aksi curang para anggota bursa, terutama saat pembentukan harga akhir jelang penutupan transaksi saham

Transaksi saham yang dilarang oleh BEI

Akan tetapi walaupun sudah diciptakan waktu tersebut tetap saja ada anggota bursa yang ingin bermain curang, yaitu dengan melakukan transaksi semu, transaksi saham jenis ini tentu sangat dilarang oleh pihak bursa efek indonesia yang mana bisa membuat harga penutupan IHSG menjadi anjlok pada hari itu, tujuan anggota bursa yang melakukan inipun sebenarnya bermacam-macam, entah itu untuk mendapatkan keuntungan yang besar di kemudian harinya ataupun untuk tujuan lainnya, yang jelas transaksi jenis ini sangat dilarang oleh pihak bursa, lalu apa sajakah transaksi lainnya yang dilarang oleh pihak BEI, berikut jawabannya

1. menggoreng saham

Transaksi yang dilarang oleh pihak bursa yang pertama kali adalah transaksi menggoreng saham, anda pasti sering bukan mendengar kata ini, yang mana sering kali dialakukan oleh anggota bursa untuk mendapatkan keuntungan dari transaksi yang mereka lakukan, akan tetapi cara mereka mendapatkan keuntungan tersebut dianggap berbahaya oleh BEI yang mana dari transaksi menggoreng saham tersebut bisa membuat nilai sebuah saham menjadi tidak wajar dan juga sangat beresiko bisa menjebak investor saham lainnya ketika melakukan transaksi saham dengan cara menggoreng

2. transaksi semu

Transaksi saham yang dilarang selanjutnya oleh BEI adalah transaksi semu, transaksi semu adalah transaksi yang terjadi antara penjual dan pembeli tidak mengakibatkan perubahan kepemilikan sahamnya, hal itu terjadi karena transaksi semu sering kali dilakukan oleh pihak yang sama hanya saja akun sahamnya yang berbeda dalam artian mereka punya dua akun saham untuk melakukan order jual dan beli

Baca juga pengertian pialang saham dan contohnya

Transaksi semu ini umumnya mempunyai tujuan untuk menaikan harga suatu saham ataupun untuk menurunkan harga saham tersebut, jika diperhatikan transaksi ini mirip seperti transaksi menggoreng saham yang mana pihak tertentu berusaha untuk memancing investor ritel untuk membeli saham tersebut, jika banyak yang terpancing dengan transaksi semu tersebut maka besar kemungkinan harga sahamnya akan naik dan disitulah para oknum ini akan mendapatkan keuntungan lewat aksi pancing- memancing ini

Transaksi semu ini juga bisa menciptakan permintaan dan penawaran dengan sangat cepat, yang mana ada anggota bursa yang berusaha untuk mempengaruhi harga saham dengan menciptakan permintaan dan penawaran terhadap harga saham dalam waktu yang relatif sama, dengan begitu harga saham akan mudah naik dan turun dengan cepat sesuai dengan kerja sama antar kedua belah pihak yang ingin menurunkan maupun menaikan harga saham tersebut, biasanya transaksi jenis ini dilakukan oleh oleh banyak orang yang telah bekerja sama, kapan harus beli dan kapan harus jual

3. Front Running

Kemudian transaksi saham yang dilarang oleh pihak BEI adalah front running, yang mana transaksi terlarang ini biasanya dilakukan oleh sekuritas saham, jadi cara transaksi sahamnya adalah dengan cara mereka membeli terlebih dahulu suatu saham perusahaan mendahului pihak lainnya, mereka melakukan aksi beli tersebut di karenakan mereka yakin terhadap info yang didapat bahwa saham tersebut akan naik dan nasabahnya akan membeli saham itu secara besar-besaran yang berdampak naiknya harga saham tersebut

Transaksi jenis ini tentu dilarang oleh BEI yang mana sekuritas bertindak seakan-akan ingin mendapatkan keuntungan dari aksi jual beli yang dilkukan oleh sang nasabah, dan akan berakibat fatal juga bila saham tersebut tiba-tiba mereka jual kembali, bisa-bisa harga sahamnya turun begitu tajam yang mana akibat dari besarnya penjualan yang dilakukan oleh sekuritas tersebut

4. Unusual Volume

Transaksi saham yang dilarang selanjutnya adalah Unusual Volume, transaksi saham jenis ini dilakukan oleh perusahaan sekuritas yang mana yang membedakannya dengan front running adalah perusahaan sekuritas ini membentuk kelompok sekuritas yang nantinya akan bekerja sama untuk menaikkkan atau menurunkan harga saham, dimana salah satu sekuritas bertindak sebagai pembeli dan yang lainnya sebagai pihak penjual

Baca juga beginilah cara investasi bodong menjalankan aksinya di Indonesia

Tujuan transaksi saham ini jelas untuk memancing para investor ritel yang mana mereka berharap dengan volume  saham yang terlihat begitu aktif akan ada kemungkinan besar investor lain juga akan masuk dan turut membeli saham tersebut, padahal nyatanya transaksi tersebut adalah transaksi palsu yang mana hanya membuat seolah-olah sebuah saham begitu aktif ditransaksikan, namun pada kenyataannya semua itu hanyalah permainan belaka, karena mereka ingin investor lainnya membeli sahm tersebut sehingga harganya bisa naik

5. membuat harga penutupan atau marking the close

Transaksi lainnya yang dilarang oleh pihak BEI adalah pembentukan harga penutupan, yaitu dengan cara melakukan order jual dan beli di menit-menit akhir sebelum perdangan tersebut ditutup, tujuan aktivitas ini adalah untuk membentuk harga penutupan yang sesuai dengan kehendak pihak tersebut sehingga mereka bisa melancarkan aksi berikutnya di kemudian harinya

Oke sahabat investing indonesia, mungkin itu saja untuk pembahasan kita pada pertemuan kali ini tentang transaksi saham yang dilarang oleh Bursa Efek Indonesia, semoga artikel di atas bisa bermanfaat untuk kita semua dan akhir kata saya ucapkan sekian dan terima kasih


Penulis : Kuanyu

39 Komentar untuk "Transaksi saham yang dilarang oleh bursa efek indonesia"

  1. aslinya ga terlalu paham dengan saham, cuma belajar saham pelan pelan di blog ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan,..semoga belajarnya menyenangkan ya,..he-he 😀

      Hapus
  2. Kali dah nyangkut BEI aku mah mending ngopi aja hihi
    Bingung disana kadang ada yang nggak faham sama sekali hihi
    Tapi yg terakhir pernah nemuin menutup sebelum jam closing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia mas, aturan BEI sebenarnya banyak dan bagus juga sih aturannya agar investor indonesia melakukan transaksi saham secara wajar 😀

      Hapus
    2. iya juga sih 😃😃

      Hapus
  3. saya ingat ikan sahaja digoreng rupanya saham pun boleh goreng ya😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha-ha-ha,..ia teh,..sebenarnya mirip ikan juga sih,..kalau digoreng terus kan bisa kolestrol tuh ikannya yang bisa mengakibatkan struk, begitupun saham kalau digoreng terus bisa berbahaya dan berdampak tidak baik juga untuk para investor 😀

      Hapus
  4. aduh ternyata ada pula hal yang dilarang berlaku di BEI banyak hal yang saya tahu mengenai saham setelah ke blog ini terimakasih

    BalasHapus
  5. Wow, keren banget ilmunya. Saya bisa baca-baca tentang saham yang belum saya tau sebelumnya nih mas. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. He, he,Iya teh,..semoga artikelnya bisa bermanfaat untuk kita semua 😀

      Hapus
  6. jadi main saham gini ada laranganya juga ya bang, kirain semua bisa tinggal angkut wkwkwk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. He-he-he,.iya gan, ada sebagian transaksi yang memang tidak dibolehkan karena dianggap bisa merugikan pihak lain dan juga beresiko 😀

      Hapus
    2. semoga aja aturan yang ada di dunia saham bisa di ikuti ya, karna biasanya, aturan ada untuk di langgar heheh :D

      Hapus
    3. iya gan, semoga aja,..he-he

      Hapus
  7. Istilah mengoreng saham pernah saya dengar, dalam pemahaman saya mengoreng saham itu tujuannya adalah supaya sahamnya tambah empuk dan enak dimakan,,,,,,trus kalau di BEI semua mengoreng saham, kira kira asapnya bakal mengalir kemana yah.....bikin batuk batuk ngak...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kang nata ini sukanya bercanda sudah tak baca serius eh malah belok lagi komennya hehehe

      Hapus
    2. waduh kang nata,..jangan goreng-goreng di bursa kang,..kalau bursa efeknya kebakaran bagaimana,..ha-ha-ha

      Hapus
    3. Iya saya awalnya udah serius bacanya wkwkwkw, humoris mah beda ya hehehe.

      Hapus
    4. Baca komen kang nata ini memang buat gagal fokus 😀

      Hapus
  8. Saham memang sampai detik ini naik terus, saya pun sudah untung banyak sekali bermain saha,,, sudah puluhan juta saya menggunakan stokbit.. Luar biasa sekali, sayangnya uang saya tidak bisa dicairkan karena hanya mata uang virtual saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh,..stocbit virtual trading mas ya,..he-he,..itu hanya untuk demo saja mas tapi keunggulannya kita bisa merasakan sensasi berinvestasi saham secara nyata karena kita di berikan harga saham sesuai dengan kondisi pasar saham yang sekarang,..uangnya enggak bisa ditarik karena hanya demo saja,.he-he

      Hapus
  9. Bener2 pengen coba saham soalnya saudara juga ada yang investasi saham, tapi mulainya dari mana ya...pokoknya niat tahun ini harus bisa...mohon bantuannya ya mas...sambil terus ikuti artikel dari blog ini hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh, semaksimal mungkin akan saya bantu sebisa saya, untuk pemula saya sarankan jangan terburu-buru untuk investasi saham,..kenali aja dulu teh dan perbanyak ilmu,..dan jika ingin memulai, mulailah dengan dana kecil terlebih dahulu, enggak perlu ikut-ikutan orang lain, karena terkadang untuk investor pemula itu biasanya mudah frustasi ketika melihat harga sahamnya turun,..jika sudah mulai punya pengalaman barulah untuk menambah modal

      Hapus
  10. Saya asing banget sama istilah-istilah di atas :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. he-he,..ayo baca mas biar paham,..ea

      Hapus
  11. Semua sama aja ya, kalau orang terlalu pintar, kadang jadi menyalah gunakan sesuatu.
    Kayak transaksi-transaksi saham di atas.

    Itu juga dilakukan oleh para profesi lainnya, seperti blogger yang suka isengin blog orang lain, hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ha-ha-ha,..blogger jahil ya teh,..itu mungkin terlalu pintar dan terlalu iseng

      Hapus
    2. wkwkwkw iyaaa, sayang banget kepinterannya malah menjadikannya iseng gitu :D

      Hapus
  12. Dunia saham sepertinya keras juga yah. Musti banyak2 berguru kalo mau maen.

    Suhu anyu... mohon menerima kami sebagia muridnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh,..saya dipanggil suhu,..saya mah hanya anak kampungan yang baru ingin mengenal saham mas,..he-he 😆😆,..sip belajar terus mas, karena belajar tidak akan ada habisnya dan jangan lupa semakin berisi semakin menunduk,..bukan menunduk karena kelaparan ya,.ha-ha 😂😂😂

      Hapus
  13. Ada2 saja triknya utk bisa mempengaruhi harga saham... Kirain yg digoreng cuma makanan aja hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas,..itulah dunia saham dengan sejuta misteri yang ada di dalamnya,..he-he 😀

      Hapus
  14. Mantap jiwa.. baru denger tentang transaksi semu nih kaka suhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip mantap teh,..semoga artikelnya bisa bermanfaat untuk kita semua 😀

      Hapus
  15. Waduh ada ada saja menggoreng saham, saya baru tahu soal saham ya dari blog ini. Jadi, sebelum seseorang henda terjun ke dunia saham harus bener bener hati-hati dan mengerti betul ya bang, takutnya malah usaha keras yg selama ini dilakukan malah percuma saja karena melanggar ketentuan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas,..harus tahu aturannya,..bahaya nanti kalau enggak tahu,..takut diciduk nantinya sama BEI 😁

      Hapus
  16. Ada - ada wahe cara orang - orang melakukan kecurangan di dalam belakukan

    ivestasi saham, Jujur sih? saya gak terlalu paham soal saham, bikin pucing

    kepala wahe ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Santai teh,..he-he 😂😂😂

      Hapus

Silakan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel