Pengertian pialang saham dan contohnya

Pengertian pialang saham dan contohnya

Halo sahabat investor indonesiaku, kembali lagi bersama saya kuanyu

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pengertian pialang saham dan contohnya, sebelum mengenal lebih jauh tentang apa itu pialang saham ada baiknya kita tahu terlebih dahulu pengertian dari pialang saham, pialang saham adalah seorang individu maupun perusahaan yang yang menjadi perantara dalam transaksi jual dan beli saham antar investor di pasar modal

Baca juga berikut bahaya trading saham bagi psikologi trader

Bahasa keren dari seorang pialang adalah broker, jadi bagi anda yang sering mendengar kata broker maka broker itu adalah pialang saham, begitupun jika anda mendengar kata pialang maka itu adalah broker karena baik itu pialang dan broker punya arti dan makna yang sama, hanya saja beda penyebutannya, broker adalah bahasa inggrisnya dan pialang adalah bahasa indonesianya selain itu juga pialang sering disebut sebagai makelar, cuma di dunia saham nama makelar tidak begitu populer dibandingkan sebutan broker dan pialang

Pialang saham, jenis dan contohnya

Pialang saham umumnya bekerja sebagai perantara saja yang mana seorang pialang tidak mempunyai kewenangan untuk menentukan jual dan beli sebuah saham yang menentukan untuk kapan waktu jual dan beli adalah investor dan trader saham itu sendiri yang mana jumlah dan besaran saham yang di transaksikan itu adalah keputusan para investor sepenuhnya, pialang hanya melakukan perintah yang diberikan oleh seorang investor hal ini dikarenakan pialang saham hanyalah sebuah perantara perdangangan saja

Cara pialang saham mendapatkan keuntungan

Lalu dari manakah seorang pialang saham mendapatkan keuntungan ?, Jadi seorang pialang atau broker saham mendapatkan keuntungan lewat transaksi yang dilakukan oleh kliennya, yang mana jika semakin besar transaksi yang dilakukan oleh investor dan semakin sering investor itu melakukan transaksi maka bisa dipastikan keuntungan pialang sahampun akan semakin besar

Baca juga strategi dasar trading trader yang harus dimiliki seorang trader

Jadi tidaklah mengherankan jika kita melihat banyak pialang saham yang hidup berkecukupan, hal ini dikarnakan mereka selalu mendapatkan komisi dari setiap transaksi yang dilakukan oleh investor dan trader saham, bisa dibayangkan berapa banyak orang yang setiap harinya melakukan aktivitas jual dan beli saham dan bisa dibayangkan juga berapa komisi yang akan mereka terima setiap harinya, salah satu komisi yang mereka dapatkan adalah dari spread yang mana adalah komisi yang didapatkan dari selisih harga jual dan beli saham

Pekerjaan seorang pialang saham

Seorang pialang saham umumnya memilki satu pekerjaan utama, yaitu sebagai perantara jual dan beli saham yang dilakukan oleh investor, jadi disini sang pialang saham berfungsi sebagai pengeksekusi perintah jual dan beli saham saja, sedangkan kerja laninnya yang bisa dilakukan oleh seorang pialang atau broker saham adalah menjadi pemberi rekomendasi kepada para investor dan trader saham, rekomendasi ini biasanya dilakukan untuk memberikan info kepada investor saham tentang kondisi market yang sekarang ini, bisa juga analisis lainnya seperti memberikan data ekonomi, reputasi perusahaan serta peluang saham kedepannya

Baca juga mengenal trader saham gamblers dan resikonya

Kalau kita memperhatikan pekerjaan yang dilakukan oleh seorang pialang saham terlihat mudah sekali yang mana hanya melakukan eksekusi aksi jual dan beli saham serta rekomendasi, namun pada kenyataannya tidaklah demikian adanya, menjadi seorang pialang saham tidaklah mudah, seseorang harus memilki beberapa syarat, salah satunya adalah lulus ujian WPPE ( Wakil Perantara Pedangang Efek ) yang bisa dibuktikan dengan tanda kelulusannya dan juga memiliki sertifikasi CFA ( Certified Financial Analyst )

Contoh pialang saham di Indonesia 

1. indo premier securities 

2. BNI Sekuritas

3. Samuel Sekutitas Indonesia

4. Panin Sekuritas

5. OSK Nusadana

6. Mandiri Sekuritas

7. MNC Securities

Dan masih ada banyak lagi yang lainnya, yang tidak bisa penulis tuliskan satu persatu karena banyak sekali, pialang diatas dapat bekerja untuk investor individual maupun investor institusional yang mana untuk jenis-jenis pialangnya nanti akan penulis bahas di pembahasan selanjutnya, semoga artikel di atas bisa bermanfaat untuk kita semua dan akhir kata saya ucapkan sekian dan terima kasih


Penulis : Kuanyu


23 Komentar untuk "Pengertian pialang saham dan contohnya"

  1. Kalo bahasa kita nya makelar 😃 hehe
    Tapi pialang saham kan cm nerima komisi apa nggak pernah nerima kerugian khusus indo
    Kalo di luaran banyak yg jatuh miskin

    BalasHapus
    Balasan
    1. He-he,..iya mas sopyan, tidak semua pialang saham itu kaya raya, ada juga pialang saham yang tidak bisa memenuhi targetnya yang terjadi ya itu tadi bangkrut,..itulah betapa pentingnya kita memilih dan melihat rekam jejak sang pialang saham sebelum berinvestasi dan menggunakan jasanya 😀

      Hapus
  2. Wahhh ak sekarang lagi main saham nih mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, bagus itu mas,..tapi jangan main-main mas nanti dipermainkan loh,..he-he 😀

      Hapus
  3. Kalau istilah makelar itu perantara jual beli tanah, rumah atau kendaraan ya Ko hehehe....
    Sebenarnya enakan jadi broker nggak resiko rugi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas aris,..kebanyakan istilah makelar memang digunakan untuk dunia selain saham, entah itu makelar rumah hingga tanah 😀,..ia mas,.blogger lebih enak, cuma harus konsisten sepertinya,..😊

      Hapus
  4. Broker itu pekerjaan keren lho, tapi broker kelas kakap cepat beli alphard buat jalan jalan berkunjung sana sini he he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. He-he,..iya mas,..itu biasanya broker profesional 😀

      Hapus
  5. halo Om, main forex di hape juga modal dapet untung...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo juga,..iya bisa itu,..karena sekarang rata-rata transaksi saham sudah online semua tapi hati-hati belakangan ini banyak investasi bodong 😀

      Hapus
  6. Asli loh saya baca di awal mikirnya wah gampang nih kayaknya, pengen ah.
    Ealah, ternyata ada syarat lulus ujiannya. Mantep dah. Gak main-main...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia teh,..harus ada itu teh,..menandakan bahwa sang pialang mampu bekerja dengan baik sebagai perantara jual beli saham nantinya 😀

      Hapus
  7. Sudah saya duga meski terdengar mudahh, ternyata untuk menjadi seorang pialang saham harus memiliki intelektual yang tinggi, meski hanya perantara tetapi secara tidak langsung keberhasilan juga ditentukan oleh pialang saham ya bang kuanyu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, betul itu, semakin pintar dan berpengalamannya seorang pialang saham di dunia pasar modal tentu akan membuat maju, baik itu untuk perusahaan dan juga individual, trader maupun investor 😀

      Hapus
  8. kalau ikut bahasa di kampung saya, pialang bermaksud simpan. contoh ayat: "kamu pialang kan sedikit kuih itu untuk ibunya" 😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, ternyata pialang banyak artinya juga teh ya, jadi nambah ilmu nih, ngomong-ngomong itu arti pialang adalah simpan bahasa daerah mana teh ya,..malaysia kah 😀

      Hapus
  9. Kadang bahasa indonesianya malah terdengar asing ya mas. Pialang. Heheh. Btw kalau binomo itu apa ya mas? Pernah dengar soal saham2an gt. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Binomo ya teh,..binomo itu mirip trading trading binary teh, di dalamnya ada sih instrumen perdagangan seperti saham, bitcoin, cuma saham luar negeri..mereka menggunakan jangka waktu tertentu, ada mulai dan finisnya yang sudah ditentukan,..

      dalam beberapa broker transaksi jenis ini juga bisa dihentikan jika prediksi kita tidak tepat,..di indonesia sendiri saya belum melihat investasi bonomo ini aman ya dalam artian untuk legalitas masih belum ada, jadi ada besar kemungkinan trading yang kita lakukan bisa dicurangi,..selain itu untuk trading binary option juga dilarang di indonesia,..jadi sebaiknya berhati-hati aja teh 😀

      Hapus
  10. Calo istilah yang lebih umum kali ya Bro? pekerjaan yang butuh kecakapan bergaul dan berkomunikasi tentunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, butuh intelektual dan kemampuan yang baik di bidang analisis 😀

      Hapus
  11. Mudah mana antara menjadi pialang saham..... atau mengunyah biji salak ?

    # Kata orang gaji pialang saham ini gede loh, masak sih...? kalau benar , enakan jadi pialang saham saja daripada jadi blogger....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kolak biji salak paling mudah dikunyah kang, hahahaha

      Hapus
    2. iya kang nata gede gaji dan komisinya,..tapi enggak mudah untuk menjadi seorang broker

      Hapus

Silakan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel