Cara memilih saham IPO yang bagus


Cara memilih saham IPO yang bagus

Halo sahabat investor saham indonesia, Kembali lagi bersama saya kuanyu

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara memilih saham IPO yang bagus, Sahabat investor saham sekalian pasti sudah tahu bukan apa itu saham IPO, Saham IPO atau dalam bahasa inggrisnya lebih dikenal dengan ( Initial Public Offering ) adalah dimana sebuah perusahaan pertama kali dilepas untuk ditawarkan atau dijual ke publik atau bahasa kerennya itu GO PUBLIC, Tujuannyapun bermacam-macam, Entah itu untuk menambah modal perusahaan dan lain sebagainya

Cara memilih saham IPO yang bagus


Yang jelas saham IPO sering kali dilirik oleh para investor saham, Karena dianggap bisa memberikan keuntungan yang cukup menarik, Cuma yang menjadi pertanyaan, Apakah semua saham IPO itu layak untuk dibeli dan apakah sudah pasti bisa menguntungkan, Jawabannya tentu tidak bukan, Ada banyak investor yang mengalami kerugian di saham jenis ini, Bahkan tak tanggung-tanggung kerugiannyapun terbilang besar, Itulah kenapa akhirnya penulis tetarik untuk membahas tentang cara memilih saham IPO yang bagus, Cara memilihnya antara lain dengan

1. melihat rekam jejak perusahaan terlebih dahulu

Cara memilih saham IPO yang bagus untuk pertama kali adalah dengan melihat rekam jejek perusahaan, Dimana setiap perusahaan yang akan melakukan IPO pasti akan memiliki rekam jejak sebelum ia IPO, Inilah data yang harus kita cari, Karena saham IPO tidak memiliki histori harga layaknya saham yang telah lama ada di bursa, Misalkan telah berada di bursa selama 5 hingga 10 tahun


Tentu hal ini akan menjadi kemudahan bagi kita untuk mencari data kinerja perusahaannya, Tetapi untuk saham IPO tidaklah demikian adanya, Kita butuh kerja ekstra dalam mencari informasi yang terkait dengan perusahaan tersebut, Mulai dari mecari di media masa ataupun langsung mendatangi perusahaannya, Yang jelas cara memilih saham IPO yang pertama ini sangat dianjurkan

2. melihat besarnya jumlah saham yang dilepas ke publik

Cara kedua untuk memilih saham IPO yang bagus adalah dengan cara melihat jumlah saham IPO yaag dilepas ke publik, Jadi seperti ini sahabat investor saham sekalian, Semakin besar jumlah saham yang dilepas oleh suatu perusahaan yang baru IPO tentu akan menambah likuiditas saham perusahaan yang bersangkutan hal ini dikarenakan nanti saham tersebut akan lebih banyak ditransaksikan dibandingkan saham IPO yang dilepas lebih sedikit, Maka dari itu carilah saham IPO yang dilepas lebih banyak ke publik, Biasanya saham IPO yang dilepas diatas 30 % ke publik itu akan semakin baik

3. laporan keuangan perusahaan sebelum IPO

Cara ketiga untuk memilih saham IPO yang bagus adalah dengan cara melihat laporan keungannya, laporan keuangan ini bisa kita dapatkan dari perusahaan yang bersangkutan, Kita bisa mendatangi perusahaannya secara langsung atau juga bisa mencari data laporan keuangan perusahaan tersebut di website-website tertentu, Seperti di website IDX, Itupun jika sudah ada, Kalau belum ada mau tidak mau yang harus pergi ke perusahaannya langsung

4. lihat pengalaman penjamin emisi

Cara memilih saham IPO yang bagus

 Cara keempat yang bisa kita gunakan untuk memilih saham IPO yang bagus adalah dengan melihat pengalaman penjamin emisinya, Jadi dengan melihat pengalaman penjamin emisi tersebut bisa kita jadikan pegangan untuk menilai kalayakan saham IPO yang nanti akan dilepas apakah bisa naik atau tidak dan jika kita tahu penjamin emisinya hebat dn handal maka bisa dipastikn saham IPO tersebut akan naik tinggi

5. melihat fluktuasi setelah saham IPO diepas

Cara kelima untuk memilih saham IPO yang bagus adalah dengan melihat fluktuasi harga setelah saham IPO tersebut dilepas untuk pertama kalinya, Kita harus bisa memantau pergerakan dari saham tersebut, mulai dari aksi beli hingga aksi jual, apakah saham tersebut diminati oleh banyak investor, Baik itu investor ritel maupun investor asing, Jika ada banyak peminat itu menandakan saham IPO itu bagus


Oke sahabat investor saham indonesia, mungkin itu saja untuk pembahasan kita pada pertemuan kali ini dan semoga artikel diatas tentang cara memilih saham IPO yang bagus bisa bermanfaat untuk kita semua dan akhir kata saya ucapkan sekian dan terima kasih


Penulis : Kuanyu



38 Komentar untuk "Cara memilih saham IPO yang bagus"

  1. Betul ini, terutama rekam jejak perusahaan harus diperhatikan Biar ndak bodong investasi kita..

    BalasHapus
    Balasan
    1. He-he,..wajib itu mas 😀

      Hapus
    2. Tapi katanya reputasi perusahaan tdk bisa menjamin menghasilkan benefit yg cepat atau besar.. Bener nggak mas?

      Hapus
    3. setidaknya kalau reputasinya bagus dan kinerja perusahaannya ciamik pasti akan bagus mas hasilnya, walaupun mungkin secara jangka pendek tidak terlalu menggairahkan,...kebanayk perusahaan blue chip yang bagus memang terkadang tidak secepat saham lain untuk kenaikannya, tapi jauh lebih aman

      Hapus
  2. Sekarang tambah bingung dan banyak pilihan ya 😃
    Tapi ada juga second nya yg diluncurkan , iya betul sob lihat perusahaan nya dulu sih rasa rasa nya masuk akal klo perusahaan nya tidak menggairahkan ya jgn dilirik hehe

    BalasHapus
  3. semakin siap saya bermain saham ini bang

    BalasHapus
  4. Kuanyu benar benar pengusaha yang jeli. Ada juga perusahaan besar dan sudah go International yang menjual sahamnya kepada karyawan-karyawannya, atau jika si karyawan berprestasi akan dihadiahi sejumlah sertifikat saham, naik haji hingga mendapatkan promosi yang bagus. Jadi karyawan zaman now juga berpeluang jadi pemegang saham perusahaan.

    Bayangkan jika kita konsisten.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas apresiasinya mas,..😀

      Hapus
    2. @ Sofyan :

      Bisa jadi tebakan anda betul, mas Sofyan ..., jika saat ini ko Kuan Yu adalah memang seorang pengusaha 😉

      Hapus
    3. He-he,..iya mas, saya mah pengusaha dunia maya,..ia dunia maya,..dunianya para anak muda,..ea 😀😂😂#canda mas

      Hapus
  5. Mas kalau perusahaanya baru berdiri, terus gimana caranya kita mengetahui rekam jejak perusahaan tersebut...? Mohon pencerahaannya Mas, ...hihihi... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heem kang nata langsung komennya,..ayo ngaku,..ha-ha,..padahal udah saya jelaskan loh diawal,..ayo baca lagi 😀

      Tambahan yang diatas,..bisa dilihat juga dari keuntungan dari penjualan,..tapi udah saya tambahkan juga di penjelasan diatas,..yaitu laporan keuangan, yang mana didalam laporan keuangan juga memuat keuntungan bersih perusahaan, dll

      Hapus
    2. @ Kang Nata :

      Nah, loh ...
      Ketahuan deh kali ini kang Nata ngga baca penjelasan diatas, langsung nulis komen ... 😱

      Hapus
    3. Ia mas hima,..sepertinya memandang judulnya aja 😂😂😂

      Hapus

  6. Waahh!! Makasih nih mas tentang saham IPOnya Jadi sedikitnya bisa tahu tentang dunia Saham..😄😄

    BalasHapus
  7. tambah ilmu lagi mas tentang sahamnya... sebenernya saya gak begitu tertarik sih dengan bisnis dunia saham, cuma untuk nambah wawasan saja si oke :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip mas, nanti saya selingi dengan pembahasan dunia bisnis biar enggak bosan,..he-he

      Hapus
  8. Ohh, jadi yang disebut istilah IPO itu adalah saat pertamakalinya sebuah perusahaan akan go-public ...

    Wah, makin tercerahkan saya tentang ilmu dan istilah saham disini ..., selama ini aku ngga mengenal istilah begitu 🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua,..ea 😀

      Hapus
  9. jadi kalo saaham IPO ini kita bisa ikutan invest mas?

    BalasHapus
  10. ow,, ow,,, kirain perusahaan itu tiba2 berdiri terus langsung IPO.
    ternyata sbelum IPO sudah malang melintang jatuh bangun tengelam mengapung dulu di kancah dunia bisnis dulu ya gan, baru Bisa ikut IPO??

    BalasHapus
  11. Entah mengapa dari dulu saya kurang suka saham IPO ini soalnya harganya sombong2 apalagi kalo yg punya perusahaannya udh ada nama wkwk *bilangajagaksanggupbeli* 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. saham IPO enggak mahal juga mbak,..kecuali udah digoreng baru bisa maik berkali-kali,..tapi setelah itu turun lagi kok harganya 😀

      Hapus
  12. Itu maksudnya jumlah besar saham sebanyak 30% itu jumlah total yang dibuka untuk siapa saja yg mau ambil bagian-bagian dari 30% itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya porsi yang dilepas ke publik teh,..untuk nanti dibeli dan ditransaksikan 😀

      Hapus
  13. Gw gak pernah beli saham IPO. Soalnya gw gak tau kinerja perusahaannya kaya gimana. Gw selalu beli saham yang udah mateng karena kebanyakan gw pake buat investasi jangka panjang.

    BalasHapus
  14. siapa yang tentukan sesebuah saham itu adalah saham IPO?

    BalasHapus
  15. Wew.. saya pikir sebuah perusahaan melempar sahamnya itu hanya karena pengen nambah modal, ternyata ada alasan dan lain-lainnya ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh,..he-he, bukan hanya satu alasan, ea

      Hapus
  16. ilmu mengenai sahamku blm sampai sini dan baru tau istilah IPO
    Kudu nyari2 info lagi soal IPO

    BalasHapus

Silakan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel