Bisnis tahu busuk di indonesia, semakin busuk semakin menggoda

Bisnis tahu busuk di indonesia, semakin busuk semakin menggoda

Halo sahabat bisnis indonesia, kembali lagi bersama saya kuanyu

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sebuah bisnis yang cukup menarik, yaitu bisnis tahu busuk, bisnis ini adalah bisnis yang sebenarnya cukup memiliki prospek dan peluang yang menarik, apalagi bisnis tahu busuk ini dijalankan di indonesia ada kemungkinan besar tahu busuk ini juga akan laku keras sebagaimana penjualnnya di negara Tiongkok.

Baca juga pengertian saham zombi

Di negara china tahu busuk disebut juga dengan nama chou doufu, berdasarkan info yang didapat ternyata chou doufu ini sudah lama ada loh, sekitar 300 tahun dan telah menjadi hidangan khas di berbagai wilayah di Tiongkok, untuk sejarahnya sendiri sebenarnya resep dari tahu busuk ini ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang anak, yang mana anak tersebut adalah seorang penjual tahu.


Nama anak tersebut adalah Wang Zhihe, dimana saat itu Wang Zhihe menjadi seorang pembuat dan sekaligus menjadi seorang penjual tahu akan tetapi ketika musim panas tiba tahu yang ia buat tidak laku di jual dan akhirnya tahu tersebut menjadi berjamur dan tidak bisa dimakan, nah dari situlah muncul ide dari Wang Zhihe untuk memfermentasikannya.

Singkat cerita Wang Zhihe akhirnya meninggalkan tahu yang difermentasikannya tadi untuk menjalani ujian kenegaraan, waktupun berlalu dan musim gugurpun tiba, Wang Zhihepun kembali untuk berjualan tahu seperti biasanya, akan tetapi ia ingat bahwa ia dulu pernah membuat sebuah tahu yang difermentasikan, diapun kemudian membuka botol tempat tahu itu difermentasikan dan tak berapa lama bau busukpun menyebar kemana-mana.

Baca juga saat saham turun Warrent Buffet dan Lo Kheng Hong tidak panik, ini alasannya

Bau tahunya begitu menyengat akan tetapi Wang Zhihe penasaran dengan rasa tahu tersebut, walaupun secara warna dan bau tidak layak untuk dikonsumsi, tapi ia memberanikan diri untuk memakan tahu busuk tersebut dan ternyata rasanya enak sekali dan para tetangganya pun mengatakan bahwa rasa tahu busuk tersebut amatlah lezat.

Dari situlah asal-asul munculnya tahu busuk yang sekarang ini sedang populer, berkat inovasi yang terus dilakukan akhirnya tahu busuk atau chou doufu telah menjadi makanan favorit di negeri Tiongkok, bukan tanpa alasan banyak orang yang menyukainya, melainkan tahu busuk ini begitu istimewa, baik dalam hal rasa hingga harga yang relatif murah selain itu gizi yang terkandung didalamnya juga begitu besar, antara lain untuk menormalkan fungsi pencernaan dan menyehatkan lambung.


Untuk cara penyajiannya sendiri terbilang sangatlah mudah, antara lain bisa disajikan sewaktu dingin, direbus ataupun digoreng dan dimakan dengan campuran saus cabai dengan begitu rasanyapun akan lebih nikmat, tahu busuk belakangan ini memang menjadi primadona, khususnya di daerah taiwan, yang mana orang taiwan sendiri paling suka memakan tahu busuk ini dengan campuran saus sayuran asam, walaupun enak ternyata salah satu tempat berjualan tahu busuk ini pernah di protes warga sekitar loh dan kemudian pindah tempat, tetapi tetap laku dan laris manis karena banyak penggemarnya.

Bagaimana menurut anda, peluang bisnis ini cukup menjanjikan bukan walau terlihat menjijikan karena bentuk, warna dan baunya yang tidak wajar, kalau bisnis tahu busuk ini dibuka di negara indonesia sepertinya bakalan ramai juga nih yang beli, tapi kemungkinan aja ya, karena beda lidahkan beda rasa, bagi kita yang ingin menggeluti bisnis ini di indonesia, ayo dicoba

Baca juga keuntungan dan kerugian membeli saham zombi

Oke sahabat bisnis indonesia, mungkin itu saja untuk pembahasan kita pada pertemuan kali ini, semoga artikel tahu busuk diatas bisa memberikan manfaat untuk kita semua dan akhir kata saya ucapkan sekian dan terima kasih.


Penulis : Kuanyu

43 Komentar untuk "Bisnis tahu busuk di indonesia, semakin busuk semakin menggoda"

  1. Baru tau tahu busuk bisa dimanfaatkan utk pengobatan. Sy msh bingung tahu busuk ini tahu yg bnr2 sdh kadaluwarsa atau sisa tahu konsumsi yg tdk digunakan tp msh layak dikonsumsi? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdasarkan informasi yang saya dapat, ternyata tahu busuk ini adalah tahu yang udah berjamur dan tidak bisa lagi dimakan mas, kemudian difermentasikan, tetapi ada juga yang menggunakan tahu yang masih layak untuk dimakan kemudian difermentasikan untuk menjadi the next tahu busuk 😀

      Hapus
  2. Aduh kalau dibilang busuk, jijay aku....bilangnya tahu lezat wkkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mas sofyan pecinta tahu busuk nih rupanya,..he-he 😁

      Hapus
  3. Ada ada aja ya 😃
    Hrs diteliti kandungan nya
    Dulu pernah denger selain tahu busuk ini ada telor rebus air kencing perjaka juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha-ha, makin hari memang semakin unik mas ya, tetapi untuk tahu busuk ini udah lama kok kemunculannya, dan sering kali di konsumsi oleh orang kelas bawah karena harganya murah, tetapi karena rasanya yang lezat dan gizinya tinggi akhirnya tahu busuk pun dicintai dan disukai oleh orang dengan berbagai kelas sosial, baik kaya maupun tidak, yang jelas tahu ini punya banyak manfaat untuk tubuh 😀

      Hapus
  4. Lho, ada yah bisnis telur busuk wkwkwk 😁😂

    #salamkenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan telur busuk gan,..tapi tahu busuk 😀

      Hapus
    2. salah baca kali......? atau memang nggak baca langsung komen

      Hapus
    3. Sepertinya mas nya langsung komen deh mas,..ha-ha,..ada-ada saja 😁😀

      Hapus
  5. Bersyukurlah karena Wang Zhihe waktu itu meskipun tahu kalau tahunya busuk, tapi masih mau mencobanya. Meskipun penampakannya menjijikan tapi rasanya lezat. Hmmm ... kayaknya perlu mencoba hahaha. Apakah tidak masalah dengan kesehatan Kakak Kuanyu? Karena kan ini tahu busuk :D

    Benar kata pepatah, don't judge a book by it's cover :D hahaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teh, jangan pernah melihat sesuatu dari covernya saja, tahunya boleh dimakan teh dan menyehatkan sekali malah 😀

      Hapus
  6. Kenapa dinamai Tahu busuk.....kenapa tahunya menjadi busuk...kenapa orang suka makan tahu busuk....

    semakin busuk semakin menggoda....heeem ...saya senyum-senyum nih...kira kira kata ini mengarah kemana ya...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengatah ke tahu busuknya mas,..ha-ha 😁😂

      Hapus
  7. Heeem ...tapi apakah memang benar tahu itu identik dengan kata busuk...ya?

    pantesan setiap kali IBU nya pegang-pegang tahu..eeee tangannya memang bau busuk sih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya enggaklah mas, tahu mah aslinya enak dan enggak busuk 😀

      Hapus
  8. Dtempat saya kalau ngak salah nama tahu busuk ini beri nama " Anyu ' eeeee..salahhh, maafkan daku bro....hahahah. Tapi, Dikasih nama Tauchou....rasanya memang enak apalagi di masak dng trik ditumis pakai sayuran, mm..mmm..mmm, bikin ketagihan, huahahah......

    Tahu busuk Bisa buat kecantikan juga yah, kecantikan siapa maksudnya Mas ??

    Kecantikan Para lelaki atau kecantikan para Wanita ??

    Truss, cara pakainya gimana ...? Cieeee...gue kepo nih, kalau urusan kecantikan, hahahah....#awas kalau ada yang bilang Gue BANCI, hahahah......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anyu atau ayu kang,..ha-ha,..ayu itukan cantik ya atau bagus menurut bahasa jawa, kalau enggak salah

      Katanya sih buat kecantikan kang, kecantikan wanita, mungkin kang nata mau coba berubah jadi wanita bisa dicoba tahunya,..ha-ha 😀😂

      Hapus
    2. Hahahha 😅

      Ninggalin keraea aja, akh ..
      Takut kena jitak batu akiknya kang Nana, eh# kang Nata.

      Kaboooooor 🤸

      Hapus
    3. wkwkwkwkw, serius tauco itu dari tahu busuk?
      Saya belum pernah coba sih, tapi kata orang emang enak :D

      Hapus
    4. kalau saya baca-baca sih teh, bukan dari tahu busuk buatnya tapi dari biji kedelai yang di fermentasikan,..kalau untuk rasa sih enak teh,..ini menurut saya loh ya,..ha-ha

      Hapus
  9. Aku pernah lihat infonya sekilas di tayangan salah satu stasiun tv gimana Wang Zhihe memproses tahu busuknya ..., aku sempat heran saat dia mengaduk tahunya di tong kayu dan airnya berwarna ...., hijauuuuu ..., kayak warna kulitnya Hulk begitu 😱

    Tapi herannya, pengunjung di restonya pada lahap betul memakannya.

    Kalau ekspresi pengunjungnya terlihat menikmati banget tahu olahan tangan nyonya Wangb begitu ..., aku juga pengin ikutan icip-icip 😋

    BalasHapus
    Balasan
    1. wewww... karena jamur ya? kok saya jadi gak selera makan hahaha

      Hapus
    2. @mas hima ,..keren tuh mas warna airnya jadi hijau, ngeri juga ya kalau mirip warna hulk,..ha-ha-ha, kalau keluar hulk dari gentongnyakan bahaya,..wkwkckk

      Hapus
  10. Baru tau saya ada tahu busuk yang bisa di makan, taunya tempe busuk dijadiin sayur.
    Tapi saya ogah makannya hahaha

    Tapi masuk akal sih, kalau tempe busuk bisa di makan, tahupun harusnya bisa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal jangan makan daging busuk, sayuran busuk apalagi ikan busuk,..ha-ha

      Hapus
    2. Bukankah ikan busuk itu adalah .., bahan utama pembuatan terasi, ko ?.

      Kan enak tuh sambal terasi buat teman lalapan 😋

      Hapus
    3. bukan terasi mas,..tapi rusip,..ea, itu makanan khas bangka loh,..ha-ha,.tapi bukan ikan busuk yang digunakan juga mas, tapi ikan teri yang difermentasikan menjadi berbau sedap, ..enggak busuk juga sih,..he-he

      Hapus
  11. Baru tau ada tahu busuk yg umum di negrei kita khan tempe bosok (tempe busuk) yg enak buat bumbu...itu penemuan tahu busuk awalnya krn nggak sengaja malah enak dan jadi favorit

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, enggak sengaja ditemukan resep tahunya, ternyata rasanya nikmat

      Hapus
  12. saya hanya mampu melihat sahaja tauhu busuk. makan tidak sekali ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ha-ha-ha,..dicoba nanti teh barangkali ketagihan,..wkwkckk, tapi saya juga belum pernah coba sih karena jauh di taiwan sana,..kalau tahu biasa, tahu sumedang sering banget saya makannya

      Hapus
  13. Balasan
    1. ya enggak la teh,.kan udah banyak yang makan,.he-he

      Hapus
  14. wah ada-ada aja ya tahu busuk di jadikan ladang bisnis, mungkin lebih hemat pengeluaran ya gan, sehingga menggoda para pemain bisnis untuk menjajal bisnis tahu busuk ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, bahannya lebih murah selain itu juga harga jualnyapun murah tapi rasanya nikmat,..katanya

      Hapus
  15. wah tahu juga gak mau kalah ya koh,,,,dijawa ada tempe bosok kalau disunda nama lainnya oncom,,,,itu sama juga barang busuk tapi malah laku hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas,.enggak mau kalah trend dia,..dikami ngetop juga loh oncom itu mas,..he-he 😀

      Hapus
  16. semakin busuk semakin laris manis ya gan, potensi yang besar kalau bisa dimanfaatkan dengan baik, bisa dapetin untung banyak (y)

    BalasHapus
  17. Ooh baru tahu aku kalau ada bisnis tahu busuk.
    Yang jadi pertanyaanku orang-orang yang makan tahu busuk itu pencernaan kok kuat ya ? Maaf apa efeknya nggak terkena penyakit perut atau bahkan bisa terkena diare? Mungkin ada yang kuat ada yang nggak ya?
    Kalau aku nggak berani untuk nyobain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bakterinya bakteri baik teh,..sehingga enggak buat sakit perut, fermentasinya sempurna 😀

      Hapus
  18. Tahu busuk? Baru denger saya, tahu busuk karena sisa di konsumsi? Atau tahu

    busuk karena difermentasi ?

    BalasHapus

Silakan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel