Pengertian, Sejarah dan Manfaat IHSG untuk para investor

Pengertian, Sejarah dan Manfaat IHSG untuk para investor

Halo sahabat investor indonesia, kembali lagi bersama saya kuanyu

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang manfaat IHSG untuk para investor, hal yang pertama kali yang harus kita tahu ketika mendengar kata IHSG adalah apa itu IHSG, jadi kepanjangan IHSG adalah Indeks Harga Saham Gabungan, atau yang dalam bahasa inggrisnya disebut juga dengan Indonesia Composite Index, ICI , atau IDX Composite yang mana merupakan salah satu indeks pasar saham yang digunakan oleh Bursa Efek Indonesia atau yang sering disingkat BEI

Baca juga keuntungan dan kerugian membeli saham zombi

BEI adalah singakatan untuk Bursa Efek Indonesia pada masa sekarang tetapi pada jaman dahulu BEI disebut sebagai BEJ atau Bursa Efek Jakarta, indeks ini diperkenalkan pada tanggal 1 april 1983, sebagai indikator pergerakan harga saham di bursa efek indonesia, jadi indeks harga saham gabungan ini adalah indeks yang menunjukkan pergerakan harga saham secara keseluruhan baik itu harga saham biasa maupun harga saham preferen


Sekarang ini IHSG sudah naik begitu pesat, saat tulisan ini dibuat IHSG telah mencapai 6.057 pada tanggal 25 mei 2019, yang mana kenaikan ini sungguh terbilang sangatlah besar. IHSG pertama kali di perkenalkan ke publik pada tanggal 10 agustus 1982 yang mana merupakan hari dasar untuk perhitungan IHSG dari tanggal tersebutlah IHSG akhirnya akhirnya ditetapkan dengan nilai dasar sebesar 100 dan hanya berjumlah 13 saham saja

Baca juga Warrent Buffet enggan investasi bitcoin, ini alasannya 

Sebenarnya ada banyak indeks di indonesia yang digunakan untuk mengukur kinerja dari sebuah saham, tetapi indeks yang lainnya hanya mengukur kinerja dari beberapa saham saja, contoh indeks LQ 45 yang hanya digunakan untuk mengukur 45 saham unggulan yang kinerjanya dianggap paling baik dalam kurun waktu tertentu, ada juga indeks yang baru saja keluar yaitu indeks IDX 80 indeks IDX 80 ini adalah indeks yang khusus untuk memuat saham-saham yang paling likuid yang ada di bursa efek indonesia, manfaat IHSG ada beberapa, antara lain

1. Gambaran harga saham yang ada di BEI

IHSG adalah indikator dari pergerakan harga saham yang mana dengan melihat IHSG kita bisa melihat gambaran harga saham yang ada di bursa, contohnya didalam IHSG ada saham dengan kode BTTL atau kepanjangannya ( Bangun Tidur Tidur Lagi ) jika IHSG sedang naik terus itu menandakan bahwa harga saham BBTL kemungkinan besar juga akan ikut naik, begitupun sebaliknya jika IHSG turun ada kemungkinan saham BTTL ( Bangun Tidur Tidur Lagi ) juga akan turun, tapi hal ini tidaklah selalu demikian, dalam artian tidak semua saham akan terpengaruh oleh imbas dari pergerakan IHSG

2. Melihat kinerja saham yang kita miliki

Kegunaan IHSG yang kedua adalah untuk melihat kinerja harga saham yang kita miliki, contoh harga saham kita ditahun 2007 itu harganya  5000 perlot kemudian beberapa tahun berlalu IHSG naik, dari yang sebelumnya 2000 jadi 3000 berarti ada kenaikan 1000, nah dari pergerakan IHSG tersebutlah kita bisa melihat kinerja saham kita apakah naiknya sesuai dengan harapan kita atau tidak, apakah dari harga awal di tahun 2007 tadi sebesar 5000 perlot bisa naik ke harga 10.000 perlot, jika harganya tidak naik sedangkan IHSG mengalami kenaikan maka ada baiknya kita melakukan rombak terhadap portofilio saham yang kita miliki

3. Berfungsi untuk memilih saham yang berkualitas



Baca juga saat saham turun Warrent Buffet dan Lo Kheng Hong tidak panik, ini alasannya

Manfaat IHSG yang berikutnya adalah untuk memilih saham yang berkualitas, hal ini diakrenakan denagn adanya IHSG kita bisa mengetahui saham apa saja yang sering membuat nilai IHSG tergerak dan bahkan anjlok, nah saham-saham yang seperti inilah yang harus kita ketahui dan kita analisa lagi, karena menurut pengalaman penulis tidaklah semua saham di bursa efek indonesia itu mampu untuk mempengaruhi pergerakan IHSG

4. Berfungsi untuk memilah saham dengan  kualitas yang kurang baik

Manfaat IHSG yang berikutnya adalah untuk memilah saham mana yang bagus dan saham mana yang memiliki kinerja yang kurang optimal, untuk melihat kinerja saham tersebut kita bisa melakukan analisis terhadap harga saham tersebut, mulai dari pengaruh besar terhadap IHSG ataupun dengan melihat news yang sedang terjadi, terkadang saham yang kurang likuid akan dengan mudah kita temukan lewat pergerakan IHSG

5. Berfungsi agar investor lebih teliti ketika memilih saham

Tidak semua saham yang terdapat di busa efek indonesia itu bagus dan berkualitas, ada banyak saham yang terdapat di bursa efek indonesia yang memiliki kinerja yang boleh terbilang bagus akan tetapi tidak sedikit juga yang mempunyai kinerja yang kurang baik, kurang likuid, perusahaannya masih merugi, bahkan ada yang terkena kasus segala macam, dengan adanya IHSG inilah investor diajarkan untuk memilih saham yang terbaik, selalu untung, reputasinya baik, kinerjanya baik, tanpa utang dan tanpa kasus serta mampu mempengaruhi IHSG

6. Untuk melihat keadaan ekonomi

Bergeraknya nilai dari IHSG menandakan berbagai macam hal dan tentunya dengan bergeraknya nilai IHSG baik itu naik maupun turun itu juga bisa menjadi pemberi informasi kepada seorang investor bahwa ada sesuatu yang besar sedang terjadi, apakah itu inflasi yang tiba-tiba naik, nilai tukar rupiah yang melemah terhadap mata uang negara asing, pengaruh jual dan beli saham secara besar-besaran oleh pihak tertentu maupun info penting lainnya

7. Berfungsi sebagai penanda untuk melakukan aksi jual atau beli 

Manfaat  selanjutnya dari IHSG adalah untuk penanda bagi seorang investor untuk bersiap-siap dalam melakukan aksi jual maupun beli, ketika IHSG mengalami penurunan maupun kenaikan tentu ini akan menjadi petanda tersendiri bagi seorang investor saham untuk memperhatikan saham yang ia beli apakah sudah saatnya untuk kembali membeli saham tersebut dan menambah kepemilikannya atau mungkin menjual saham tersebut

Baca juga misteri patung benteng yang ada di halaman bursa efek indonesia

Oke sahabat investor indonesia, mungkin itu saja untuk pembahasan kita pada pertemuan kali ini tentang pengertian, sejarah dan manfaat IHSG, semoga artikel di atas bisa bermanfaat untuk kita semua dan akhir kata saya ucapkan sekain dan terima kasih


 Penulis : Kuanyu

61 Komentar untuk "Pengertian, Sejarah dan Manfaat IHSG untuk para investor "

  1. saluttt dng niche blog ini yg khusus membahas investasi saham.

    karena itu lah, saya usul coba bikin artikel tentang pengalaman nyata Mas Anyu dalam bermain saham , siapa tahu kami bisa mencontohnya alias bisa ikutan kaya juga gegara saham itu.

    bimbing kami suhu..!!! Sekalian angkat kami jadi murid. 🙏🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju setuju, ide dari dirimu layak di dukung kang nata,,,,
      Vot +1 saya deh,,,

      Hapus
    2. @kang nata,..suhu apa kang,..suhu dingin,.suhu panas,..atau suhu tubuh,..😂😂😂

      @kotanopan,..wah ngevote saya buat jadi kontestan dangdut indonesia ya,..ha-ha 😂😂😂😉

      Hapus
    3. Saya setuju dgn Kang Nata, kami jadi bisa belajar juga dari Suhu 🙏🙏

      Hapus
    4. Iya saya saya juga saluuttt banggeeeettt

      Hapus
    5. Banyak nih calon muridnya...✌😆

      suhu ekstrim mas, hahah

      Hapus
    6. Ikutan setujuuuuhhhh hahaha

      Hapus
    7. Aku juga salut.

      Bukan latah ikut~ikutan ya, tapi betulan aku salut.

      Ayok kita dukung ko Kuan Yu jadi menteri ekonomi di masa mendatang ..

      Hapus
    8. saya juga ikutan setuju wkwk :D

      Hapus
    9. hahahaha, nanti kalau Kuanyu udah jadi menteri Ekonomi, jangan abaikan blog ini ya hahahaha

      Hapus
    10. ha-ha, lucu pada dukung saya jadi menteri ekonomi, terima kasih doanya,.ea,..blognya nanti saya pelihara teh,..biar punya anak,..ha-ha

      Hapus
  2. seperti nya IHSG buat acuan dan melihat perjalanan sebuah saham
    saya jg sering mengikuti perkembangan IHSG

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cie-cie-cie,..yang sering lihat IHSG 😂

      Hapus
    2. Kadang kadang sob soalnya skrng dipermudah pakai google hihi😃

      Hapus
  3. Balasan
    1. udah premium om, hihihih,,,

      Hapus
    2. Waduh kenapa bahas pertamax sama premium nih,..mau jualan bensin atau bagaimana 😂😂😂

      Hapus
    3. Saya kayaknya dapat solar huhuhu

      Hapus
    4. Bhuhhahahaa ..

      Begitu ..., semua deretan komentar di approval oleh koko admin Kata Kuanyu ...., dan tampak di deretan kolom komentar ...., aku baru nyadar kalau komentarku BUKAN di urutan pertama alias PERTAMAX

      Wwwkkkk !.
      Besar malulah saiaaaaaa ... :D

      Hapus
    5. ha-ha,..mas hima ada-ada saja,..sebenarnya mas hima komentar pertama kok akan tetapi ada yang lebih cepat saja sedikit,..ea

      Hapus
  4. IHSG atau "Indeks Harga Saham Gabungan"
    Bursa Efek Indonesia....dan juga yang lain lainya DLL, DSBG'

    ini beberapa kata singkatan dalam bursa bisnis......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha-ha-ha,..singkatannynya bikin ketawa,..mantap mas 😂

      Hapus
  5. Sejarah IHSG ini memang perlu disimak ya , agar kita walaupun sebagai blogger dapat memahami bagaimana, dan apa itu IHSG serta dengan istilah - istilah lain yang terkait dengan info bisnis dan investor

    Kira-kira bagaimana ya kalau saya terjun di dunia investasi, apa yang akan saya investasikan ...heeem.....cari modal dulu ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, bukan hanya blogger saja tapi juga sangat penting untuk masyarakat awam,..ea 😀

      Hapus
  6. Kalau bagi saya inverstasi saat ini paling mudah tanpa banyak modal yaitu menekuni ngeblog dan ngevlog....ini untuk investasi di kemudian hari....lumayan...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip mas,..keren tuh investasinya,..yuk kita investasi blog,..😂😂

      Hapus
  7. Siap mas terima kasih share nya, bisa jadi pegangan buat saya. Selama ini cuma dengar IHSG IHSG dari berita2 saja

    BalasHapus
  8. wah nambah ilmu ini gan buat ane yang bener-bener awam masalah saham, makin tercerahkan pengetahuan ane, semoga ane bisa meniru jejak agan yang paham betul tentang masalah saham ini ;)

    BalasHapus
  9. Wah... terima kasih Kak Kuan Yu... lumayan nambah ilmu. IHSG ini biasanya digunakan di saham-saham jenis apa sih Kak? Kayak yang di drama korea gitu bukan sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama teh,..semua jenis bisa teh dan tentunya yang berada di bursa efek indonesia 😀

      Hapus
  10. Oh ya, apakah IHSG ini juga berfungsi juga untuk cek saham kayak yang sekarang itu musim lho, ada yang punya cafe dan bukan investasi untuk orang-orang di sekitarnya yang tertarik investasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teh,..IHSG bisa digunakan untuk memantau pergerakan harga saham secara keseluruhan 😀

      Hapus
  11. Saya benar benar awam dengan dunia saham. Apalagi dengan istilah ihsg, baru tau kali ini. Hmmm

    BalasHapus
  12. hehhe bener kata kang nata kayanya kakak ini udah hebat dalam soal investasi yaa.. saya kasi ilmunya donk hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah,..teteh mau kasih saya ilmu ya,..ayo share teh ilmunya,..he-he,..😀

      Hapus
    2. Aku juga mau, looh ..
      Dikasi ilmunya

      Hapus
  13. Semakin sering main ke blog ini otak mulai kebuka nih, ternyata begini situasinya kalau bermain saham

    BalasHapus
  14. Balasan
    1. Wah,..jangan dimainin teh,..nanti di permainkan,..ha-ha 😀

      Hapus
    2. Belajar saham atuh mba lantana bukan main, nanti sahamnya jadi mainan, peace hehe

      Hapus
    3. Semakin banyak nih yg pengin dipermainkan,..eh salah maksudnya bermain saham hehehe

      Hapus
  15. saya hanya tahu kepanjangannya bang indeks harga saham gabungan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan,..bagus itu, setidaknya tahu 😀

      Hapus
    2. semoga bisa banyak tahu lagi yang lain dari blog ini

      Hapus
    3. Sip gan, mantap, selalu support aja blognya,..ea 😂

      Hapus
  16. Bangun tidur, tidur lagi? hahahahaha ketawa saya dibuatnya

    BalasHapus
  17. Krn ga fokus sempet ngecek jadinya emang ada saham kode BTTL, taunya gak ada duh ada2 aja deh mas kuanyu ini wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu cuma perumpamaan mbak,..biar enggak tegang pembahasan sahamnya,..😀

      Hapus
  18. Yang jadi pertanyaan, mengapa ya BEI gak menerapkan aturan khusus buat yang mau jual saham di BEI, misal hanya saham-saham yang gak bermasalah yang bisa diperjual belikan.

    Kan biar ga menjebak gitu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi seperti ini teh, perusahaan kan butuh dana,..jadi merekapun listing ke bursa untuk menambah dananya, nah dibursa saham inilah orang-orang bisa meminjamkan dana ke perusahaan

      itulah kenapa tidak ada pembagian antara saham yang bagus dan yang tidak,..karena kalau dibagi ditakutkan nanti enggak ada yang beli sahamnya, kalau begitu perusahaan yang baru ipo enggak bakalan busa mengembangkan usahanya,..gitu 😀

      Hapus
  19. IHSG dan BEI itu flamboyan, jadi walau orang gak tau apa itu, tetap saja akan terlihat dari jauh.

    It is money, all about currency oriented!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, didalam bursa ada sajam dan didalam saham ada uang,..ea 😀

      Hapus
  20. Karena gabungan, maka dia cerminan kinerja semua saham pada hari itu yah

    BalasHapus

Silakan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel