misteri patung benteng yang ada di halaman bursa efek indonesia

misteri patung benteng yang ada di halaman bursa efek indonesia

Halo sahabat investor indonesia, kembali lagi bersama saya kuanyu

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang misteri patung benteng yang ada di halaman bursa efek indonesia, sahabat investor saham sekalian pasti tahu bukan tentang benteng yang ada di halaman bursa efek indonesia, jika ada yang belum tahu kebangetan dah, karena benteng tersebut ternyata bukan hanya sebuah simbol dari bursa efek indonesia loh tetapi ada misteri lain yang belum banyak diketahui oleh investor pada umumnya, berikut misteri patung benteng yang ada di halaman bursa efek indonesia


1. diresmikan berbarengan dengan ulang tahun pasar modal indonesia

Jadi, patung benteng yang sering kita lihat selama ini adalah patung yang diresmikan bersamaan dengan ulang tahun pasar modal indonesia, yang mana saat itu pasar modal indonesia sadang berulang tahun yang ke 40 tahun, boleh dibilang sangat lama juga ya pasar modal indonesia sudah berdiri selama itu dan masih eksis hingga sekarang.

2. menyimbolkan harapan baik 

Misteri yang kedua dari patung benteng yang ada di halaman bursa efek indonesia menyimbolkan harapan baik, yang mana dari adanya patung benteng ini orang-orang berharap akan ada sesuatu yang baik selalu terjadi, yang mana harapan tersebut berupa kenaikan harga saham, bull atau benteng memang pada dasarnya telah lama menjadi simbol khusus untuk naiknya harga saham, itulah kenapa pihak bursa membuat patung benteng sebagai simbol kejayaan

Baca juga pengaruh Bull dan Bear dalam dunia saham

3. bukan sembarang patung benteng

Mungkin kita juga pernah melihat patung benteng yang juga hampir mirip dengan patung benteng yang ada di indonesia, tapi ternyata patung benteng yang ada di indonesia punya ciri khas tersendiri, yaitu terletak pada bahan pembuatannya, jika bahan yang digunakan oleh kebanyakan patung benteng, khususnya luar negeri, itu biasanya terbuat dari bahan logam atau semen, seperti halnya patung benteng charging bull yang ada di amerika serikat


Berbeda halnya dengan patung benteng yang ada di indonesia, patung benteng yang ada di halaman bursa efek indonesia, itu terbuat dari bahan fosil kayu. menariknya lagi bahan fosil kayu dari patung benteng yang ada di halaman bursa efek indonesia tersebut ternyata berusia sekitar 2,5 tahun sampai 5,6 juta tahun, bisa dibayangkan lamanya bahan tersebut agar sebuah kayu bisa berubah menjadi fosil dan berapa banyak tenaga dan biaya yang harus dikeluarkan untuk mengambil fosil kayu tersebut, karena fosil kayu tersebut telah terkubur dikedalaman 30 meter di dalam tanah

Baca juga penyebab naik dan turunnya harga saham

Untuk pemahatannya sendiri, patung benteng ini dipahat dibali, yang mana untuk membuat patung tersebut dibutuhkan 20 orang dan menariknya lagi berat patung ini mencapai 7 ton, untuk sampai ke jakarta patung ini dibawa dengan pesawat hercules melalui bandara halim perdana kusuma, harga bahan baku pembuatan patung ini juga boleh dibilang fantastis, yaitu mencapai ratusan juta, ungkap sang pemahat, Made Budiasa.

4. bukan benteng biasa tapi benteng wuluh

Pemilihan simbol benteng ini bukanlah asal-asalan, tetapi memang dibuat dengan pemikiran yang matang agar patung benteng tersebut punya nilai dan makna yang kuat, benteng yang dipilihpun bukanlah benteng biasa tapi benteng wuluh, walaupun cuma replika saja ternyata benteng wuluh punya cerita yang menarik di indonesia dan tentunya telah melegenda.


Konon katanya benteng wuluh adalah benteng yang sudah begitu melegenda dan menjadi cerita rakyat di tanah pasundan, mungkin inilah yang menjadi cikal bakal munculnya ide untuk membuat patung benteng wuluh karena selain asli dari indonesia, benteng wuluh juga ternyata punya sejuta misteri dan legenda

Baca juga apa itu koreksi dalam dunia saham dan cara menyikapinya

Pada jaman dahulu banteng wuluh, dalam cerita rakyat pasundan, diibaratkan sebagai benteng yang kuat, berwarna hitam dan menjaga kerajaan, kalau disini diibaratkan benteng tersebut sedang menjaga pasar modal indonesia, selain itu benteng wuluh juga digambarkan sebagai benteng yang gesit, kuat dan larinya kencang, sekencang naiknya harga saham.

Oke sahabat investor indonesia, mungkin itu saja untuk pembahasan kita pada pertemuan kali ini, semoga artikel di atas bisa bermanfaat untuk kita semua dan akhir kata saya ucapkan sekain dan terima kasih


Penulis : Kuanyu

29 Komentar untuk "misteri patung benteng yang ada di halaman bursa efek indonesia"

  1. sekali tengok saya sangkakan Chicago Bull haahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, harus lebih teliti lagi teh, ha-ha, mungkin teteh butuh aqua 😂

      Hapus
    2. hahaha iya ya, saya tadi mikir macam apa ya, eh ternyata bener kayak Chicago Bull :D

      Hapus
  2. Usia material adalah kayu yang memfosil hingga jutaan tahun? Sangat menarik, kalau wisatawan tahu ini bisa jadi tempat wisata...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, sudah jutaan tahun, memang disana terkadang banyak orang yang berfoto mas 😀

      Hapus
  3. Untuk patung benteng wuluh saya sudah tahu sejak lama ....Tapi artinya patung banteng dan bursa saham sangat berkaitan agar saham kita selalu naik terus...Meski terkadang saham juga bisa naik turun dan anjlok ..😄😄😄

    BalasHapus
  4. Ternyata patung bentengnya ngga sembarangan dibikin ya. Apalagi bahannya itu beneran sampe jutaan tahun? Gilaaa keren banget. Berapaan ya itu biayanya? Haha. Jadi penasaran aku mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya sih enggak sampai 1 miliar mas, cuma mendekati 😁

      Hapus
  5. Pesan No.urutan Ke-5 dulu yah Mas...😆😃😀😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. keren yah simbolnya,,,,gagah dan menyeruduk, hihihi....., yg saya salut adalah ini banteng Khas Indonesia...yes...

      Hapus
  6. Apa 😱
    Ternyata material patung banteng yang dulu pernah kulihat ini usiqnya sudah jutaan tahun toooow ... ?!.

    Wah, surprise aku bacanya.
    Tau gitu, aku berfoto didekatnya.
    *nyesel*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha-ha-ha, pergi lagi aja mas hilmawan, toh patung bentengnya masih ada,...ea

      Hapus
    2. Kalau belum baca ini, kalau lewat di sampingnya mungkin saya bakalan cuekin, tapi karena baca ini, kayaknya saya bakalan selfie sepuasnya di samping banteng ini, asal dia gak hidup aja gegara saya yang kecentilan selfie mulu hahaha

      Hapus
    3. @ Kuanyu :

      Belum berkesempatan ke Jakarta lagi nih, ko :(


      @ Reyne :

      Siapa tau, yaaach ...

      Bantengnya jadi hidup gegara tau disebelahnya ada kak Rey fefotoan centil disebelahnya ....
      Hahhahaa ..

      Awaaaz diseruduuuuk 😅

      Hapus
  7. Baru tahu ada patung terbuat dari fosil kayu, jadi semakin unik ya ko patung bentengnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, semakin unik patung bentengnya dan tentunya punya ciri khas indonesia 😀

      Hapus
  8. speechless kirain orang yang begitu maju setiap hari berkutat internet nggak percaya klenik

    BalasHapus
  9. Oh begitu ceritanya, penasaran kenapa gak ada patung beruang juga

    BalasHapus
  10. Filosofinya pas mantab.

    BalasHapus
  11. hehehe, kayaknya saya pernah baca mengenai filosofi patung banteng deh di blog ini.
    Menarik juga ya, banteng dijadiin patung bukanlah tanpa sebab :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh rey, pernah saya bahas di artikel sebelumnya dan kali ini saya bahas patungnya,..he-he

      Hapus
  12. wah mantap ya misterinya bkin merinding2 gimana gtu hehehhee

    BalasHapus
  13. wah bagus juga ya patung benteng nya, mungkin itu karya seni para seniman profesional gan agar wajah kantor di bursa efek bisa lebih bersahabat lingkungan ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan,..sebagai simbol bursa efek indonesia,..dengan patung benteng wuluh ini bursa indonesia jadi punya ciri khas tersendiri,..ea

      Hapus

Silakan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel