5 inovasi bisnis air kelapa yang bisa jadi peluang usaha di bulan puasa


5 inovasi bisnis air kelapa yang bisa jadi peluang usaha di bulan puasa

Halo sahabat bisnis indonesia, kembali lagi bersama saya kuanyu
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang inovasi bisnis air kelapa yang bisa jadi peluang usaha, hayo siapa di sini yang masih pada puasa, pasti suka bukan kalau melihat buah kelapa, apalagi kelapa muda yang mana airnya memiliki rasa manis serta manfaatnya yang luar biasa, yang mana salah satu manfaat air kelapa adalah untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.
Di setiap bulan puasa pasti banyak orang yang menjual buah kelapa, baik yang dijual perbuah kelapa ataupun yang dijual air kelapanya saja, tetapi tentu persaingan ketika kita menjual buah kelapa akan sangat tinggi apabila kita hanya menjual buah kelapanya saja tanpa diolah dengan berbagai macam citarasa, dengan adanya inovasi terhadap rasa air kelapa tentu akan menambah nilai jual dari buah kelapa yang kita jual bukan, sahabat bisnis sekalian pasti pada penasaran bukan, bagaimana sih caranya agar bisnis buah kelapa bisa laku cepat ketika di jual, berikut caranya

1. inovasi air kelapa yang sudah dikemas

Banyak penjual yang terkadang menjual buah kelapanya saja tanpa di apa-apa apakan lagi, hal ini tentu akan membuat nilai jual kelapa yang kita jual menjadi tidak begitu di sukai pembeli karena pada umumnya orang-orang yang berpuasa akan lebih suka mencari air kelapa yang sudah didalam kemasan karena lebih simpel, tidak perlu lagi untuk mengupas buah kelapanya tinggal beli dan bawa pulang untuk berbuka, inovasi ini cukup bagus untuk meningkatakan nilai jual dari air kelapa yang kita jual.

2. inovasi kelapa potong


Baca juga 10 rahasia sukses Lo Kheng Hong dalam berinvestasi saham

Inovasi bisnis kelapa selanjutnya adalah dengan cara membuka bisnis kelapa potong, kelapa potong umumnya adalah bisnis yang cocok untuk tempat-tempat yang enak untuk nongkrong, seperti cafe, rumah makan lesehan dan tempat makan yang suasananya enak untuk berbincang bersama keluarga atau teman, buah kelapa yang kita jual adalah buah kelapa yang dijual perbuah dalam artian dikupas langsung disajikan dengan buah-buahnya dengan begitu akan menambah kesan enak ketika meminum buah kelapanya secara langsung, tapi ingat tunggu buka puasa dulu.

3. inovasi kelapa rasa susu

Inovasi yang selanjutnya adalah dengan melakukan inovasi pada air kelapa yang kita jual, contohnya kita menambahkan air kelapa yang kita jual denagn susu dengan begitu konsumen kita akan tertarik untuk membeli air kelapa kita, bisa dibayangkan bukan, orang lagi gerah-gerahnya selama berpuasa seharian penuh tiba-tiba melihat buah kelapa rasa susu yang kita jual dan ditambah es batu segar, tentu orang tersebut pasti akan langsung membeli air kelapa susu yang jual.

4. inovasi eskrim campur kelapa


Inovasi bisnis air kelapa berikutnya adalah dengan cara melakukan penambahan inovasi pada air kelapa yang kita jual, penambahan ini dapat berupa penambahan eskrim maupun sirup, apakah anda sudah pernah meminum eskrim kelapa, jika sudah pasti tahukan rasanya, jika belum silakan anda buat eskrim yang dicampur air kelapa atau air kelapa yang dibekukan kemudian diserut setelah itu dicampur dengan sirup maka rasanya pasti enak dan luar biasa, jika eksperimen anda berhasil maka racikan tersebut bisa menjadi menu utama dagangan buah kelapa yang kita jual, selain tiga cara sebelumnya.

5. inovasi bisnis coconut milkshake


Inovasi bisnis air kelapa yang berikutnya adalah inovasi bisnis coconut milkshake, inovasi bisnis ini sebenarnya masih sangat jarang di indonesia yang mana minuman ini dibuat denagn memcampurkan susu dan air kelapa, selain itu juga bisa langsung ditambahkan daging kelapa muda, setelah semuanya kita gabung, barulah kita aduk, tetapi kalau ingin lebih mudah dan lebih bagus hasilnya kita juga bisa menggunakan blender untuk mencampur dan menghaluskan minuman milkshake yang kita buat

Baca juga bisnis paling laris di bulan puasa

Oke sahabat bisnis indonesia, mungkin itu saja untuk pembahasan kita pada pertemuan kali ini, semoga artikel di atas bisa bermanfaat untuk kita semua dan akhir kata saya ucapkan sekian dan terima kasih


Penulis : Kuanyu

39 Komentar untuk "5 inovasi bisnis air kelapa yang bisa jadi peluang usaha di bulan puasa "

  1. wih yang pertama itu mantap betul kemasannya botol mahal pula

    BalasHapus
  2. Menyesal aku menyia nyiakan kebun kelapaku dulu, padahal warisan ortu..huu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dah, menyesalnya jangan kelamaanlah ..., disegerain aja dirawat ulang kebun kelapanya ;)

      Hapus

  3. Apapun yang dijual selama Ramadhan mungkin akan selalu laku...Jangan kan Air kelapa Air putih dibekuin saja tetap laku...😄😄😄

    Cuma sayang Air putih tidak bermacam-macam rasanya...Cuma satu Rasa saja yaitu Tawar..😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. tambah gula aja gan,..biar manis,..ea

      Hapus
  4. Untung bacanya udah malam hahahah
    Jadi ga ngiler liatnya.

    Kalau saya lebih suka kelapa muda asli belum diapa-apain, nanti saya olah sendiri, soalnya yang udah olahan lumayan mihil hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi ceritanya manjat kelapa sendiri nih teh,..motong sendiri dan,...jangan lupa minum bareng-bareng,..he-he

      Hapus
    2. huaaaa... ga pake panjat sendiri jugaaa donggg, bacanya aja saya udah berasa jatuh dari pohon kelapa hahahahhahahahahaha

      Hapus
    3. wah, berasa jatuh dari pohon kelapa ya teh,..tulisan saya terlalu bagus ya teh,..ha-ha

      Hapus
    4. wkwkwkwk sekarang baca ini jadi ngiler kelapa muda malam2 hahahaha

      Hapus
  5. Mantap sekali nih air kelapa dibikin macam2 rasa, jadi nggak bosan dan rasanya lebih enak, cuma harga jualnya kemahalan nggak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. enggak juga lah mas,..kalau bulan puasa mah pada perang harga, jadi pasti enggak ada yang jual mahal,..tergantung kekreatifan para penjual juga

      Hapus
    2. Di sini malah mahal hiks :(

      Hapus
    3. Di sini tinggal minta suami panjat pohon kelapa samping rumah. Sayang buahnya tinggal dua biji sekarang. Dan masih muda banget dalam artian isi hanya air tanpa dahing kelapa muda maupun kopyor.

      Hapus
  6. Ohh, wouw ..
    Sehari publish 2 post ..
    *terkejut*

    Mantul lah kuyyyy ..
    Xixixi

    Mendadak celegukan lihat foto coconut milkshake niih ..
    Kok kreatif banget ya bikin kek gitu.

    Jujur ya, ko .., baru kali ini aku tau kalau air kelapa bisa juga diblen pakai milkshake.
    Kalau giniiii ..., bakalan aku sering-sering bikin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa,, Kuanyu ini sama dengan Zunif deh kalau ga salah, sekali update 2 post, terus ditinggal blogwalking, kereeennn deh, semoga konsisten dan kita bisa terus berteman sampai tahun-tahun mendatang yaaaaa..

      Siapa tahu umur panjang malah bisa reunian :D

      Hapus
    2. @hilmawan, ia mas lagi semangat kadang dua pos,..kalau lagi lesu kadang enggak ngepos,..ha-ha

      @reyne, iya teh, semoga aja bisa semakin kuat ikatan pertemanannya dan panjang umur,..he-he

      Hapus
    3. @ Reyne Raea :

      Wuakakaka ..
      Ternyata kak Rey merhatiin juga keterkejutanku lihat gimana jari jemari terampil ko Kuan Yu ngetik artikel 2 post sehari ... :D

      Enak yaaach ..., punya blog diluar niche travelling, eh#.
      Kalau blog niche travelling mana bisaaaa bikin artikel satu hari satu post ..., kan kudu menclok sana sini ke lokasi wisata dulu sebelum membuat artikel.
      Yekan ?.

      Bisa juga sih sebenarnya ...,tapi blog travelling yang menceritakan versi 'katanya -katanya' di lokasi begini begitu, tanpa datang langsung ke lokasi wisatanya.

      Jujur, sebenarnya aku juga lagi kepikiran hal itu, gimana nantinya kalau sampai mentok ngga punya waktu dan dana buat travellingan .., bisa-bisa blog travellingku akan kuhentikan.

      Hapus
    4. iya mas hilmawan,..ngetiknya gebut banget,..lgi ngejar tayang atau lagi semangat tuh biasanya,...blog mashilmawan mah keren mas,..jadi jangan lah di tutup, tetap lanjutin aja,..intinya semangat aja,..ea

      Hapus
    5. @himawan : Hahaha, iyaaa rempongnya blog traveling itu lebih terbatas sih kontennya.
      Tapi bisa dipecah kok.

      Kayak saya, yang juga ada tema traveling di blog.
      satu lokasi bisa jadi 2 atau 3 postingan.

      1 postingan menceritakan lokasinya.
      1 postingan buat persiapan
      bisa juga bahas mengenai tips bawa anak ke situ.

      kalau single bisa bahas hal2 penting sebelum ke lokasi tertentu.

      Itu juga banyak loh yang nyari, bahkan lebih spesifik di baca karena postingannya ga terlalu panjang juga :)

      Hapus
    6. @ Kuanyu :

      Hebat, euyy ..
      Koko satu ini semangat nulisnya berkobar empat lima ..., produktif banget.

      Tiati ya, pelan-pelan saja mencet tuts tombol hurufnya, ntar keseleo loh jarinya .. 😁

      Terimakasih penyemangatnya, ko.
      Moga aku bisa terus konsisten ngeblog.


      @ Reyne Raea :

      Betul, kak.
      Blog travelling punya keterbatasan pembahasannya.

      Sebetulnya bisa saja sih aku bikin artikel seperti beberapa travel blogger lainnya ...., tinggal nulis 'begini begitunya, katanya begini begitu di lokasi' .., terus kemudian tinggal comot ambil gambar lokasi wisata di aplikasi penyedia gambar gratisan ..., publish deh ..., seolah aku betulan udah liburan disana 😁.

      Tapi cara itu, saat ini ngga sreg kulakukan.
      Jadi, aku bela-belain datang langsung ke suatu lokasi wisata.

      Mungkin cara yang kusampaikan diatas (comot gambar di aplikasi gratisan) kelak akan kupraktekkan juga ..., kalau keterbatasan waktu dan dana buat travelling.

      Saran dari kak Rey sangat bagus dan akan kulaksanakan caranya.
      Terimakasih banyak saran-sarannya ya, kak 🙏🙂

      Wuaduuuh ..
      Sampai disini .., aku baru nyadaaaar .., kalau .., komentar berbalasan panjang ini sudah diluar topik apa yang dibahas ko Kuan Yu ..
      Bhahahhahaa 😅

      Hapus
  7. milkshake coconut, ehhh boleh juga ya, aku belum pernah nyobain nih
    apalagi kalo dijadiin bisnis,menghasilkan banget

    BalasHapus
  8. Wow, itu coconut milkshake nya sangat menggoda 😋😋

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teh,..menggoda banget mala 😂

      Hapus
  9. ada satu product dari thailand menjual 'susu kelapa' (santan). ia ditambah perasa seperti strawberry dan coklat. boleh minum seperti biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah,..enak tuh teh,..boleh dicoba sepertinya,.he-he

      Hapus
  10. paling mudah bisnis es degan gan :D cuma hasilnya nggak bisa besar seperti bisnis kelapa yang sudah dikemas dan sudah punya merk terkenal apalagi sudah masuk mall, pasti hasilnya luar biasa besar ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan,..kalau udah masuk mall mah biasanya pasti lebih mahal,..karena udah kena pajak juga,..he-he

      Hapus
  11. Nomor empat sama lima sangat menggoda. Untung liatnya pas malam hari. Hahahah

    BalasHapus
  12. Kelapa mau dibikin dan dikemas model apa aja tetap enak mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. ha-ha,..iya teh,.asal jangan diminum berlebihan aja

      Hapus
  13. Air degan (bahasa Jawa) atau air kelapa muda itu mah favorit saya kak. Apalagi bulan puasa begini, panas langsung bayangin es kelapa muda yang menggoda.
    Memang di bulan Ramadhan ini bisnis es kelapa muda bisa menjadi primadona dan bisa meraup untung besar hanya dari berjualan kelapa muda aja ya?
    Aku tergoda melihat postingan di atas air kelapa muda yang dicampur dengan ice cream. Tapi kalau yang pakai kemasan kurang tertarik, . Aku lebih suka kelapa muda yang original minum langsung dari buah kelapa mudanya. Sensasi nya beda hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh,..jualan air kelapa di bulan puasa memang sangatlah menguntungkan apalagi dengan diolah dengan berbagai kreasi,..tambah jos rasanya dan pasti laris manis

      Hapus
  14. Bisa ae ni ngomongin air kelapa untung aja liatnya malem2 kalo siang tutup mata deh wkwk

    BalasHapus
  15. Kelapa, buah komoditi yang selalu ada di sekitar kita dan cukup mudah pula didapat (kalau di Ende cukup mudah sih hehehe banyak kebun kelapa punya teman) tapi memang tidak/belum diusahakan sampai ke tahan yang lebih variatif, paling cuma dibuat es degan/es kelapa muda saja.

    BalasHapus
  16. Saya doyan banget kelapa. Sangat bermanfaat dari akar, batang, daun, sampai buah. Akar sebagai penyangga agar tanah tak kena abrasi, batang untuk pembuat rumah sampai kayu bakar, daun untuk dibuat cangkang ketupat untuk yang sangat muda sampai barambang (daun yang sudah tua dan kering) bisa sebagai pemantik api di tumpukan kayu bakar dalam tungku, barambang juga untuk bahan mainan anak-anak sebagai kendaraan untuk ditarik. Itu masa kecil saya dulu di kampung ini. Jadi anak kota yang bahagia kalau main bareng teman-temannya. Di blok awi yang masih rimbun dengan kebun bambu anak-anak akan main tarik barambang secara bergantian. Karena tanahnya agak melandai dari atas ke bawah jadi lebih mudah ditarik. Seru banget.
    Dan buahnya, hem, dari muda sampai tua tetap bermanfaat.
    Jangan lupakan bisnis santan kelapa bubuk. Saya sangat terbantu dengan adanya santai siap pakai. Tak perlu repot parut dan peras, mana saya tak punya parutan lagi, adanya parutan keju. Parutan lana sudah tak layak pakai dan sayanya malas beli di pasar, ha ha.
    Kala hamil saya doyan banget minum air kelapa muda dan kayak ngidam. Itu bagus, Palung kala baru lahir kepalanya sudah bersih, Dan sampai sekarang Palung juga doyan pada yang namanya olahan kelapa. Sampai santan bubuk dan cair pun akan dimakannya ala ditambul alias tanpa olahan. Berasa lezat kayak susu rasa tawar cuma gurihnya nabati, ha ha.
    Oh ya, saya kayaknya lebih dulu kenal istilah nata de coco pada akhir tahun '80-an atau '90-an dari majalah Intisari lawas. Cara bikin sari kelapa karya Slamer Soeseno. Senang saja sekarang sari kelapa kian populer padahal pada tahun '90-an tidaklah demikian.
    Saya pengen banget bisa bikin klappertart dari kelapa kopyor, sayang belum punya kulkas, Kerap bingung ngolah kopyot diapakan.
    Jangan lupa, galendo alias ampas minyak kelapa juga lezat. Jadi pengen bikin artikel tentang kelapa, hi hi.

    BalasHapus

Silakan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel