Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbandingan keuntungan membeli saham Blue chip vs saham gorengan

Katakuanyu.com - Anda pasti sudah tahu bukan apa itu saham blue chip dan apa itu saham gorengan ?, di mana kedua jenis saham ini sangat sering kita dengar dalam investasi saham

Saham blue chip adalah saham yang likuid di mana mudah di beli dan mudah di jual, selain itu saham blue chip juga memiliki fundamental yang bagus dan tidak mudah tergoyahkan

Sedangkan saham gorengan adalah saham yang tidak terlalu likuid, saham ini bisa saja likuid jika banyak orang yang menggorengnya, yang menggoreng saham ini tidak lain adalah bandar saham yang mempunyai dana yang besar

Kemudian dari segi fundamental, saham ini banyak yang tidak bagus, di mana hutang perusahannya begitu besar, labanya kecil, dan harga sahamnya sangat murah sehingga resiko untuk dilisting itu sangat besar

Perbandingan keuntungan membeli saham Blue chip vs saham gorengan

Lalu, berapa besar sih keuntungan yang akan kita dapatkan jika membeli kedua saham di atas, yang jelas dengan membeli saham gorengan keuntungannya pasti akan jauh lebih besar di bandingkan dengan membeli saham blue chip

Jika anda bertanya, kok bisa ?, hal ini di karnakan kebanyakan saham blue chip telah memiliki harga yang mahal, dan berada jauh di atas harga wajarnya, inilah yang membuat keuntungan berinvestasi di saham ini tidak sebesar kita berinvestasi di saham gorengan

Dengan uang yang sama, contohnya Rp. 10.000.000 dan kemudian kita investasikan ke saham blue chip, paling kita akan mendapatkan keuntungan sebesar 40% sampai 50 %, dan itupun udah besar banget, berarti kalau uang Rp. 10.000.000 tadi kita simpan di situ maka keuntungan yang akan kita dapatkan adalah sebesar Rp. 5000.000, belum di potong pajak, fee jual, dan biaya lainnya

Akan tetapi jika kita memutuskan untuk investasi di saham gorengan, maka keuntungan yang akan kita dapatkan bisa saja jauh lebih besar, bahkan 2 sampai 5 kali lipat dari saham blue chip

Andaikan kita membeli saham gorengan sebanyak Rp. 10.000.000, kita bisa saja mendapatkan keuntungan sebesar 100 % atau 500 %, di mana uang Rp. 10.000.000 tadi bisa berubah menjadi Rp. 20.000.000 atau Rp. 50.000.000, bagaimana sangat luar biasa bukan, dan keuntungan tersebut kita dapatkan dengan modal sebesar Rp. 10.000.000 saja

Bagaimana kalau kita menggunakan uang yang jauh lebih besar, misalkan Rp. 100.000.000, bisa anda bayangkan sendiri berapa banyak uang yang akan kita bawa pulang dari bursa saham Indonesia

Tapi lagi-lagi ada tapinya, keuntungan memang besar tapi resiko akan mengikuti, di mana semakin besar keuntungan maka semakin besar juga resiko yang akan kita tanggung

Kalau kita investasi di saham blue chip tadi, palingan harga sahamnya akan bergerak tidak terlalu tajam, palingan kalau turunpun sekitar 1% sampai 2 %, sehingga resikonya begitu kecil

Tapi kalau di saham gorengan, akan berbeda lagi ceritanya, anda beli saham dengan jumlah Rp. 10.000.000 dalam waktu 1 hari uang anda bisa saja menjadi Rp. 9.000.000 an, atau lebih dari itu, tergantung dengan besaran auto rejection yang berlaku

Bagaimana seram bukan ?, dan lebih parahnya lagi, uang yang anda beli di saham gorengan tadi belum tentu kembali seperti semula, bisa saja membutuhkan waktu berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun tergantung dengan keinginan sang bandar saham

Perbandingan keuntungan membeli saham Blue chip vs saham gorengan

Bahkan ada beberapa saham gorengan yang tidak naik lagi dan menjadi saham zombie untuk selamanya, jika sudah begitu maka anda hanya bisa gigit jari, di jual pun pasti akan sangat rugi apalagi sampai di jual di pasar negosiasi

Jadi sampai disini anda mau pilih yang mana ?, semua itu tergantung anda, resiko saham blue chip memang kecil tapi keuntungannyapun tidak terlalu besar, kecuali modal yang kita miliki sangat besar

Sedangkan saham gorengan resikonya besar dan keuntungannyapun sangat besar, di mana di butuhkan keberanian untuk investasi di saham jenis ini, karena kebanyakan harga sahamnya di gerakkan oleh bandar saham bukan fundamental perusahaan

Saya rasa cukup untuk pembahasan kita pada artikel kali ini tentang perbandingan keuntungan membeli saham blue chip vs saham gorengan dan semoga apa yang saya sampaikan di  atas bisa menjadi bahan pertimbangan untuk kita semua sebelum berinvestasi, dan akhir kata saya ucapkan sekian dan terima kasih

Penulis : Kuanyu

kuanyu
kuanyu Saya adalah seorang anak yang hobi membaca,menulis dan blogging,salam kenal dari saya kuanyu

19 comments for "Perbandingan keuntungan membeli saham Blue chip vs saham gorengan"

  1. Daripada beli saham gorengan resiko nya rugi besar mendingan beli gorengan sajalah, dua ribu dapat tiga.🀣

    Kalo saham blue chip harus kuat modal puluhan juta, mana kecil lagi keuntungan nya. eh tapi aman ya kalo blue chip.πŸ˜€

    ReplyDelete
    Replies
    1. mari kita beli gorengan, yeeey,...he-he

      Blue chip lebih aman mas di bandingkan saham gorengan

      Delete
  2. Resiko juga yaa main saham gorengan..πŸ™„πŸ˜³πŸ˜³Mending jadi tukang gorengan ...

    Berarti mending saham blue chip yaa kok Kuanyu..😊 Meski harus tertatih-tatih..😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, Blue chip memang lebih baik untuk kebanyakan investor, tapi tergantung profil resiko masing-masing juga sih, he-he

      Delete
  3. Kirain bahas gorengan (ubi, pisang dkk), eh ternyata saham... Baru tau saya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip, semoga ilmunya bisa bermanfaat untuk kita semua

      Delete
  4. Sepertinya yang blue chips lebih asik, kalau yang gorengan mengandung kolestrol πŸ˜†

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus rajin olahraga mas biar kolestrolnya enggak banyak, he-he

      Delete
  5. waduh ada saham gorengan lagi tapi meski gorengan beresiko juga ya ko

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, sangat beresiko sekali, karena fluktuasinya yang sangat besar

      Delete
  6. ngadu nasib pengen untung gede ya resikonya juga gede hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, itulah manusia, semoga kita tidak termasuk ke dalam investor jenis itu, he-he

      Delete
  7. Kalau menurut saya, mending pilih yang kecil-kecil dulu ya, dan amati pergerakannya, nanti kalau udah tahu selanya, makin mantap dah main saham :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang kecil-kecil apa tuh, gorengankah, kalau gorengan saya kurang setuju untuk investor pemula, he-he

      Delete
  8. Aku masih bingung sama mana saham gorengan mana saham blue chip nih. Apa ada ciri-cirinya? Maklum, masih pemula πŸ˜‚. Aku hanya berani beli saham yang punya tren harga naik aja dan yang nama perusahaannya cukup aku kenal. Gak tau itu gorengan atau blue chip.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, yang penting beli aja teh ya, he-he, tentang ciri-ciri saham blue chip dan gorengan sepertinya udah pernah saya bahas teh di artikel sebelumnya, tapi kalau ada waktu akan saya bahas lebih mendetail lagi

      Delete
  9. Sebutannya unik jg ya gorengan. Apa memang alasannya karena suka jajan gorengan jg beresiko. Haha
    Tapi aku perlu memahami bagaimana membedakan kedua saham itu mas.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan