Kebanyakan penambangan cryptocurrency awalnya dirancang untuk menjadi sesuatu yang semua orang bisa lakukan dengan komputer di rumah mereka. Hari ini, apakah Anda menambang Bitcoin, Litecoin, DASH, atau sejumlah cryptocurrency lainnya, maka cara paling efektif untuk melakukannya adalah dengan perangkat keras yang dikenal sebagai penambang ASIC.

Cara Mengatur Bitcoin ASIC Miner

Ini bukan PC desktop atau rig penambangan kartu grafis khusus, tapi ini adalah sesuatu yang lain. Application-Specific Integrated Circuit, atau ASIC, adalah chip yang dirancang dengan tujuan tunggal, mulai dari pemrosesan audio hingga mengelola panggilan telepon seluler. Dalam kasus penambangan cryptocurrency, chip ini dibangun ke motherboard yang dirancang khusus dan catu daya, dibangun menjadi satu unit. Meskipun demikian, ini bukan hanya mesin yang dibuat khusus, namun juga dirancang dan dikembangkan perangkat keras dengan sengaja hingga tingkat chip.

Apa Yang Dilakukan Penambang ASIC

Singkatnya, penambangan adalah proses menjalankan perhitungan rumit dalam mencari nomor tertentu. Perangkat keras penambangan, apakah itu penambang ASIC atau rig penambangan GPU, harus menjalankan banyak perhitungan sebelum menemukan nomor itu. Sebagai bukti sistem kerja seperti Bitcoin, yang pertama menemukan nomor itu mendapat hadiah sekitar 12,5 Bitcoin. Harganya sekitar $ 110,00.

Ada begitu banyak orang dan sistem komputasi yang kuat yang mencoba menambang Bitcoin, sehingga hampir semua orang bergabung dengan sekelompok penambang untuk mencoba dan menemukan angka itu. Yang mengatakan, penambang cenderung mendapatkan lebih banyak jika mereka memiliki perangkat keras yang lebih cepat. Itulah sebabnya orang yang mampu membelinya memilih penambang ASIC karena memberi mereka peluang terbesar untuk mendapatkan cryptocurrency dengan imbalan investasi mereka.

Cara Mengatur Bitcoin ASIC Miner

Setiap cryptocurrency memiliki algoritma hash kriptografiknya sendiri dan penambang ASIC dirancang untuk menambang menggunakan algoritma spesifik itu. Penambang ASIC Bitcoin sebenarnya dirancang untuk menghitung algoritma hash SHA-256. Dalam kasus Litecoin, Scrypt, berarti secara teknis Anda dapat menambang koin lain yang didasarkan pada algoritma yang sama, meskipun biasanya orang yang membeli perangkat keras ASIC yang dirancang dengan satu koin tertentu yang menambang koin itu.

Di awal kemunculan Bitcoin Core (BTC), penambangan dilakukan menggunakan CPU di komputer Anda. Saat ini karena jumlah orang yang menambang telah meningkatkan, maka kesulitan penambangan Bitcoin Core juga meningkat. Tingkat kesulitan dan hash yang tinggi ini sebagian besar dipicu oleh pengenalan chip penambangan ASIC. Bitcoin Core menggunakan fungsi hash kriptografi SHA-256 untuk mengamankan blok dan membuat hash untuk setiap blok. Enkripsi ini adalah yang melindungi transaksi di blok agar tidak diubah.

Application-Specific Integrated Circuit (ASIC)

ASIC memungkinkan penambang menggunakan perangkat keras yang dibuat khusus untuk Bitcoin Core atau koin algo SHA-256 lainnya. ASIC memiliki kelebihan dibandingkan CPU, GPU dan FPGA karena dirancang untuk satu tugas tertentu. Mereka dapat menambang BTC pada tingkat hash yang lebih tinggi (kecepatan transaksi pemrosesan) daripada CPU, GPU dan FPGA. Beberapa produsen memproduksi chip dan ASIC miner mereka sendiri. Saat ini mesin penambang yang paling baru dan tercanggih Bitmain AntMiner S9.

Cara Mengatur Bitcoin ASIC Miner

Penambangan Core Bitcoin telah menjadi sangat bertenaga dengan perlombaan untuk menjadi pemenang dalam memecahkan blok yang telah berkembang menjadi penambangan gabungan di mana sekelompok penambang ingin memiliki kekuatan hash sebanyak mungkin dan mendapatkan bagian dari hadiah blok Bitcoin Core. Dengan menggabungkan tingkat hash Anda dengan yang lainnya, Anda memiliki peluang lebih baik untuk memecahkan blok atau membuat blok dan mendapatkan hadiah blok. Bitmain S9 terdiri dari 189 chip ASIC. Total tingkat hash (kecepatan penambangan) dari S9 adalah sekitar 12 hingga 14 TH / s (terahash per detik). CPU hanya mampu melakukan beberapa MH / s (megahash per detik).

Pengaturan Penambangan BTC Sederhana

Karena S9 membutuhkan daya 1275 watt tergantung pada jenis daya yang tersedia, Anda dapat menggunakan dua PSU 110v seperti Gold yang diberi nilai 1000 watt PSU dan 650 watt PSU untuk memberi daya pada penambang. Jika Anda dapat menggunakan daya 220v dan memiliki outlet atau PDU (Power Distribution Unit) yang benar, Anda dapat menggunakan PSU khusus yang dibuat khusus untuk penambangan Bitcoin Core atau bahkan yang dibuat untuk server.

Hubungkan PSU / s ke S9 menggunakan koneksi kabel PCIe pada PSU Anda. Setelah terhubung, Anda akan menghubungkan kabel ethernet ke penambang itu sendiri. Langkah selanjutnya adalah menyalakan PSU Anda dan penambang akan menyala dari sana. Selanjutnya dapatkan di komputer atau perangkat seluler yang terhubung ke jaringan yang sama dengan penambang. Anda harus memasukkan alamat IP penambang.

Karena sebagian besar penambang sekarang hadir dengan DHCP yang diaktifkan, Anda tidak perlu mengatur alamat IP secara manual, Anda hanya perlu melihat tabel IP pada router Anda atau menggunakan alat pemindaian. Alat pemindaian seperti AngryIP memungkinkan Anda memindai setiap perangkat di jaringan Anda dan melihat alamat IP-nya. Ketika Anda menjalankan pemindaian, Anda akan melihat AntMiner sebagai salah satu perangkat. Dari sana di jendela browser Anda, Anda mengetikkan alamat penambang.

Cara Mengatur Bitcoin ASIC Miner

Ini akan membawa Anda ke layar pertama untuk masuk ke penambang. Dalam kasus S9, kotak login yang muncul adalah nama pengguna root dan kata sandi root. Setelah masuk, Anda akan melihat gambaran umum sistem. Kami sarankan Anda pergi ke tab Admin terlebih dahulu dan ubah kata sandi menjadi salah satu pilihan Anda. Langkah Anda selanjutnya adalah pergi ke tab Konfigurasi Miner. Di sinilah Anda akan menambahkan informasi Anda untuk kumpulan penambangan tempat Anda ingin menambang.

Anda harus memasukkan stratum / alamat IP kumpulan penambangan Anda, kemudian nama pekerja Anda diikuti dengan kata sandi untuk pekerja Anda di kelompok penambangan. Sekedar catatan,  tidak semua kelompok memerlukan kata sandi, Anda bisa memasukkan "123" jika mau.

Menu Konfigurasi Umum AntMiner

Setelah Anda menyimpan pengaturan, penambang akan mulai menambang di area  Anda. Ini bisa memakan waktu dari beberapa menit hingga satu jam untuk tingkat hash penuh Anda muncul. Sekarang Anda bisa pergi ke halaman Status Penambang dan Anda akan melihat bagaimana kinerja penambang Anda dan pastikan koneksi itu hidup, temps, hash rate, dll. Jika Anda juga pergi ke area penambangan Bitcoin Core Anda, Anda dapat melihat status Anda sekarang yang sedang menambang BTC.

Bagi Anda yang memang ingin terjun secara professional dan serius, memang menggunakan perangkat ASIC Miner ini memberikan keuntungan tersendiri bagia Anda. Kecepatan dalam mengolah data dan membuka blok dengan berbagai fitur-fitur terbaru akan membuat anda menang bersaing dalam kompetisi dengan kelompok penambang lainnya. Meski saat ini untuk memilikinya memang membutuhkan biaya yang cukup besar. Namun melihat prospek ke depan yang cerah, Anda perlu memikirkan langkah ini mulai dari sekarang.
Previous Post Next Post