Apa itu Penambangan Bitcoin?

Pada perkembangannya, Bitcoin mulai menjadi sebuah tren tersendiri bagi orang-orang yang ingin menambangnya. Menambang Bitcoin memang tak seperti menambang di dunia nyata ketika menggali dan menemukan emas dan lainnya. Anda perlu persiapan khusus dan tim yang bagus untuk bisa merangkai blok demi blok dan mendapatkan Bitcoin di dalamnya. Namun seperti apa sebenarnya penambangan Bitcoin ini?

Penambangan Bitcoin adalah pemrosesan transaksi pada jaringan Bitcoin dan mengamankannya ke dalam blockchain. Setiap rangkaian transaksi yang diproses adalah blok. Blok ini diamankan oleh para penambang dengan cara membuat hash yang dibuat dari transaksi di blok. Hash kriptografi ini kemudian ditambahkan ke blok. Blok transaksi berikutnya akan melihat ke hash blok sebelumnya untuk memverifikasi bahwa itu sah. Kemudian penambang akan mencoba membuat blok baru yang berisi transaksi saat ini dan hash baru sebelum penambang lain dapat melakukannya.

Apa itu Penambangan Bitcoin

Dikarena kesulitan penambangan Bitcoin sangat tinggi, sekarang banyak yang mengumpulkan penambang agar bersama-sama untuk memiliki kesempatan yang lebih baik dalam membuat blok dan setelah itu dikonfirmasi sebelum penambang lain. Untuk bagian dari hadiah penambangan saat ini yaitu 12,5 BTC, ditambah biaya transaksi. Serangkaian blok ini disebut blockchain. Blockchain seperti register buku cek Anda atau buku besar transaksi.

Cara penambangan Bitcoin mengamankan blockchain membuat ledger-proof lebih tahan dan tidak berubah. Setiap blok yang pernah dibuat akan diverifikasi oleh pusat di jaringan Bitcoin.
Proses ini menggunakan Bukti Kerja. Bukti Kerja mencakup transaksi BTC dalam satu blok dan itulah yang dilakukan oleh Bitcoin ASIC Miner Anda.

Para penambang harus melengkapi bukti kerja yang mencakup semua data dalam blok tersebut, agar sebuah blok dapat diterima oleh peserta jaringan,. Kesulitan pekerjaan ini disesuaikan sehingga membatasi tingkat di mana blok baru dapat dihasilkan oleh jaringan untuk setiap 10 menit. Karena probabilitas keberhasilan generasi yang sangat rendah, ini membuatnya tidak dapat diprediksi komputer mana di dalam jaringan yang akan dapat menghasilkan blok berikutnya.

Apa itu Penambangan Bitcoin

Agar sebuah blok valid, ia harus memiliki nilai kurang dari target saat ini yang berarti bahwa setiap blok menunjukkan bahwa pekerjaan telah dilakukan untuk menghasilkannya. Setiap blok berisi hash dari blok sebelumnya, sehingga setiap blok memiliki rantai blok yang bersama-sama berisi sejumlah besar pekerjaan. Mengubah blok yang hanya bisa dilakukan dengan membuat blok baru yang berisi pendahulu yang sama, akan membutuhkan regenerasi semua penerus dan mengulangi pekerjaan yang dikandungnya. Ini melindungi rantai blok dari gangguan.

Proses penambangan Bitcoin sementara sulit secara teknis dipahami sepenuhnya namun dapat dengan mudah ditambang oleh siapa pun. Penambang mengamankan jaringan dengan menggunakan Bukti Kerja dan membuat hash untuk setiap blok yang ditambang, sehingga blockchain menyimpan catatan abadi dari semua transaksi yang terjadi di jaringan.

Penambangan bitcoin cukup kompetitif, Anda ingin memecahkan atau "menemukan" blok sebelum penambang lain melakukannya. Kemudian Anda akan mendapatkan hadiah blok dan biaya transaksi dari blok tersebut. Selama 3 tahun terakhir kita telah melihat sejumlah besar hash rate online yang membuatnya semakin sulit untuk mendapatkan hashrate secara pribadi untuk menyelesaikan blok sehingga mendapatkan pembayaran. Untuk mengimbangi penambangan ini dikembangkan, Anda bisa mengumpulkan penambangan sendiri dengan harga kompetitif, yang dapat Anda daftarkan dan mulai menambang hari ini.

Penambangan Bitcoin sengaja dirancang untuk menjadi sumber daya intensif dan sulit sehingga jumlah blok yang ditemukan setiap hari oleh penambang tetap stabil. Masing-masing blok harus berisi bukti pekerjaan yang dianggap sah. Bukti kerja ini diverifikasi oleh node Bitcoin lainnya setiap kali mereka menerima blok. Bitcoin menggunakan fungsi proof-of-work hashcash.

Apa itu Penambangan Bitcoin

Tujuan utama dari penambangan adalah untuk memungkinkan node Bitcoin mencapai konsensus yang aman dan tahan gangguan. Penambangan juga merupakan mekanisme yang digunakan untuk memperkenalkan Bitcoin ke dalam sistem: Penambang dibayar biaya transaksi apa pun serta "subsidi" koin yang baru dibuat. Keduanya melayani tujuan penyebaran koin baru dengan cara yang terdesentralisasi serta memotivasi orang untuk memberikan keamanan bagi sistem.

Penambangan Bitcoin disebut demikian karena menyerupai penambangan komoditas lain. Penambangan membutuhkan pengerahan tenaga dan secara perlahan membuat mata uang baru tersedia pada tingkat yang menyerupai tingkat di mana komoditas seperti emas ditambang dari tanah.

Apa yang dimaksud “Bukti Kerja” (Proof of work)

Bukti kerja adalah sebagian data yang sulit untuk diproduksi sehingga memenuhi persyaratan tertentu. Meski terkesan sederhana, tapi Anda harus memeriksa apakah data memenuhi persyaratan tersebut. Memproduksi bukti pekerjaan dapat menjadi proses acak dengan probabilitas rendah, sehingga banyak trial and error diperlukan rata-rata sebelum bukti kerja yang valid dihasilkan. Bitcoin menggunakan bukti kerja Hashcash.

Kesulitan Penambangan Bitcoin

Penambangan bitcoin blok sulit karena hash SHA-256 header blok harus lebih rendah dari atau sama dengan target, agar blok dapat diterima oleh jaringan. Masalah ini dapat disederhanakan untuk tujuan penjelasan bahwa Hash dari sebuah blok harus dimulai dengan jumlah nol tertentu. Probabilitas menghitung hash yang dimulai dengan banyak nol sangat rendah, oleh karena itu banyak upaya harus dilakukan. Untuk menghasilkan hash baru setiap ronde, sebuah angka ditambahkan.

Apa itu Penambangan Bitcoin

Metrik Kesulitan Jaringan Bitcoin

Kesulitan jaringan pertambangan Bitcoin adalah ukuran seberapa sulitnya untuk menemukan blok baru dibandingkan dengan yang termudah yang pernah ada. Dihitung ulang setiap 2016 blok ke nilai sehingga blok 2016 sebelumnya akan dihasilkan tepat dalam dua minggu seandainya semua orang menambang pada kesulitan ini. Ini akan menghasilkan rata-rata satu blok setiap sepuluh menit.

Semakin banyak penambang bergabung, maka tingkat pembuatan blok akan naik. Ketika laju pembuatan blok naik, kesulitan meningkat untuk mengimbangi laju pembuatan blok kembali. Blok apa pun yang dirilis oleh penambang jahat yang tidak memenuhi target kesulitan yang disyaratkan, hanya akan ditolak oleh semua orang di jaringan dan karenanya tidak akan bernilai.

Hadiah Blok

Ketika sebuah blok ditemukan, penemu dapat memberikan sendiri sejumlah bitcoin, yang disepakati oleh semua orang di jaringan. Saat ini adalah 25 bitcoin dan nilai ini akan membagi dua setiap 210.000 blok. Selain itu, penambang diberikan biaya yang dibayarkan oleh pengguna yang mengirim transaksi. Biaya ini merupakan insentif bagi penambang untuk memasukkan transaksi dalam blok mereka. Di masa depan, karena jumlah penambang bitcoin baru diizinkan untuk membuat di setiap blok berkurang, biaya akan menjadi persentase yang jauh lebih penting dari pendapatan pertambangan.

Pada dasarnya Bitcoin kurang dapat digunakan sebagai uang karena biaya yang jauh lebih tinggi dan waktu transaksi yang tertunda. Tim Core juga menyatakan minatnya untuk menjaga biaya-biaya ini tetap tinggi karena mereka memandang BTC sebagai "nilai simpanan" dan bukan sesuatu untuk ditransaksikan setiap hari. Sebaliknya, biaya transaksi Bitcoin Cash seperti biaya dan pembayaran dapat divalidasi bahkan dengan nol konfirmasi. Fakta-fakta ini menjadikan BCH cryptocurrency yang ideal untuk mengirim dan menerima uang di mana saja di dunia.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel