Bisnis orang jaman dahulu yang masih eksis hingga sekarang


Bisnis orang jaman dahulu yang masih eksis hingga sekarang

Halo sahabat investor indonesia, kembali lagi bersama saya kuanyu

       Pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan membahas tentang bisnis orang jaman dulu yang masih eksis hingga sekarang, jaman dahulu orang-orang mencari uang mengandalkan berbagai macam cara, ada yng menjadi pejabat pemerintah hingga menjadi seorang pengusaha atau pebisnis, tetapi sayangnya pebisnis jaman dahulu masih begitu sedikit dan boleh kita katakan minat untuk menjadi wirausahanya masih rendan berbeda halnya dengan sekarang, orang pencari kerja semakin banyak dan persaingan semakin ketat, itulah kenapa orang jaman sekarang harus bisa berbisnis baik sebagai sampingan maupun sebagai pekerjaan utama.


       Di antara bisnis orang jaman dahulu, ternyata masih ada juga bisnis yang masih eksis sampai sekarang, dimana kita ketahui bisnis jaman dahulu tidaklah menggunakan internet dan hanya menggunakan sarana pemasaran secara tradisional, seperti halnya lapak dan toko tradisional, tapi jangan ditanya soal keuntungan orang jaman dahulu cenderung pandai berdagang, terutama untuk orang tinghoanya, mereka begitu pandai mengelola barang untuk menghasilkan uang, bahkan sampai sekarang orang tionghoa masih terkenal akan kecerdasannya ketika berdagang.

Baca juga saham BBRI bakal tembus Rp.5000 perlembar ini alasannya

       Dari banyaknya bisnis yang dijalankan orang jaman dahulu tersebut, penulis telah merangkum beberapa pekerjaan yang masih eksis hingga sekarang, barangkali bisnis ini masih bisa kita pakai sebagai referensi untuk membuka usaha atau sebagai langkah untuk melakukan inovasi bisnis lainnya dari bisnis yang sudah ada. Baik berikut bisnis jaman dahulu yang masih eksis hingga sekarang.

1.bisnis toko

        Bisnis toko menempati urutan pertama dari bisnis-bisnis yang lainnya, bukan tanpa alasan bisnis toko adalah bisnis yang paling diminati, baik oleh orang jaman dahulu maupun oleh orang jaman sekarang, bisnis ini cara kerjanaya cukup simpel, itulah kenapa banyak orang yag tertarik untuk membuka bisnis jual beli dengan membuka toko, kalau orang jaman dahulu belum ada yang namanya toko online, yang ada hanya toko nyata dan bisa kita kunjungi langsung, berbeda halnya dengan toko online, cara kerjanya relatif mudah, tinggal buka smartphone dan kitapun bisa bebas untuk berbelanja, tempat untuk berbelanjanyapun banyak ada lazada, tokopedia, bukalapak dan masih banyak lagi lainnya.

2.Bisnis kayu

        Bisnis yang satu ini mungkin kurang begitu kita dengar, tetapi tahukah kita bahwa orang jaman dahulu paling suka bisnis kayu, hal ini dikarnakan jaman dahulu hutan masih banyak sehingga kayupun masih besar-besar dan banyak, itulah kenapa jaman dahulu bisnis kayu menjadi bisnis primadona, bahkan sampai sekarangpun bisnis kayu masih tetap eksis, walaupun kayu tidaklah sebanyak dulu lagi selain itu fungsi kayu sudah mulai tergantikan oleh  baja ringan, sehingga mau tidak mau bisnis kayu semakin meredup dan bukan tidak mungkin lambat laun akan tergantikan oleh bisnis baja ringan,inilah yang penulis sebut sebagai update atau pengembangan bisnis, beralih ke lain bisnis tetapi dalam ranah yang hampir sama.


       Bisnis selanjutnya adalah bisnis genteng dan tanah liat, bisnis ini adalah binis yang mungkin bisa kita bilang sudah dilakukan secara turun temurun, mulai dari nenek moyang kita sampai sekarang, bisnis genteng umumnya bisa dilakuakn oleh siapa saja, baik yang punya pengalaman ataupun tidak karena membuat sebuah genteng dan bata tidaklah begitu dibutuhkan keahlian, hanya saja dibutuhkan kerja keras, kalau dulu harga genteng tidaklah terlalu mahal akan tetapi jaman sekarang mata uang semakin besar selain itu kualitas gentengpun semakin baik, kalau dulu hanya genteng biasa tanpa cat dan warna tetapi jaman sekarang genteng sudah ada yang menggunakan cat dan berwarna bahkan yang lebih kerennya lagi genteng jaman sekarang sudah ada yang dilapisi dengan keramik, sehingga menjadi berwarna dan tentunya lebih tahan dari segala macam perubahan cuaca.

4.bisnis sepatu

        Bisnis sepatu adalah bisnis yang sering kita temui, saking seringnya tukang sol sepatupun banyak kita temukan di jalan-jalan,bisnis ini umunya berskala kecil hingga besar dan pemilik usahanyapun dulu kebanyakan orang luar tetapi kita sebagai orang lokal dan asli indonesia, tentu tidak mau kalah bukan, itulah kenapa sekarang banyak sekali kita jumpai para pebisnis sepatu lokal dengan kualitas yang mendunia...hidup indonesia.

5.bisnis tahu

       Ayo siapa disini yang pada suka tahu, ayo ngaku,he-he, bisnis tahu pada dasarnya adalah bisnis jaman dahulu yang umumnya dikelola oleh orang-orang pribumi, secara keuntungan memang tidak besar tetapi melihat perkembangan dan pangsa pasar, bisnis tahu boleh kita katakan memiliki peluang yang sangat besar pada masa sekarang ini dan terbukti sampai sekarang bisnis tahu masih menjadi primadona dan tetap eksis, mulai dari kalangan muda hingga tua semuanya menyukai tahu, mulai dari orang lokal hingga orang asingpun menyukai tahu, ini menandakan bisnis tahu adalah bisnis yang awet dan tentunya punya daya jual dari masa kemasa, bagaimana mau coba bisnis tahunya, he-he.

Baca juga ciri-ciri investasi bitcoin bodong

     Oke sahabat bisnis indonesia, mungkin itu saja pembahasan kita pada pertemuan kali ini dan semoga artikel di atas bisa bermanfaat untuk kita semua, akhir kata saya ucapkan sekian dan terima kasih


Penulis : Kuanyu

40 Komentar untuk "Bisnis orang jaman dahulu yang masih eksis hingga sekarang "

  1. Bisnis kayu sekarang agak meredup karena emang sudah semakin dilarang ya, dulu banyak banget orang asal nebang pohon di hutan, sampai-sampai hutan gundul.

    Sekarang bisnis kayu hanya berasal dari kayu yang memang ditanam untuk di panen kayak jati dan semacamnya, itupun lebih banyak difungsikan untuk perabot, karena rumah sudah lebih memilih pakai baja atau stainless :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teh betul sekali, dizaman sekarang ini orang-orang sudah mulai pindah dari penggunaan kayu ke baja ringan atau bahan stainless, sebenarnya bukan tanpa alasan juga, penggunaan bsja ringan lebih simpel dan tidak bubuk selain itu kita bisa menjaga ekosistem dengan tidak lagi membabat hutan secara sembarangan

      Hapus
  2. Dulu waktu masih kecil sering ke rumah bu de di desa (skrg beliau udh meninggal), di sebelah rumahnya ada tetangganya yg bikin tahu, tapi nggak tau sekarang masih ada atau nggak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masih ada, boleh tu mas di pelajari cara buatnya, karena udah jarang loh orang yang tahu cara buat tahu

      Hapus
    2. Udh lama nggak ksana mas sejak bude sama pak de meninggal jadi nggak tau apa masih bikin tahu, dulu cara bikinnya sangat tradisional

      Hapus

  3. Apapun bentuknya yang namanya bisnis lebih menjanjikan ketimbang bekerja..😄😄

    Selain bisnis usaha toko , mungkin bisnis kontrakan rumah juga menjanjikan..😄

    BalasHapus
  4. Perputaran bisnis jaman dulu apa mungkin karena belum banyak persaingan seperti yang terjadi sekarang ini ya, ko .. jadi omzet pendapatan masing-masing lebih menguntungkan.

    Di salah satu pinggiran kotaku, ada beberapa rumah produksi tahu
    Menempati kiri kanan aliran sungai kecil.
    Dinding rumah sederhananya tampak menghitam akibat terkena asap proses produksi, tapi unik loh ...jadi kayak tampilan rumah-rumah di cerita dongeng gitu 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, betul mas hilmawan, dulu memang persaingan bisnis memang sangat sedikit sehingga keuntungan lebih maksimal tapi jaman sekarang persaingan jauh lebih ketat, contohnya para pembuat tahu yang tentunya harus bisa melakukan inovasi untuk menjual produknya, mungkin karena itulah muncul berbagai macam jenis tahu, yang salah satunya adalah tahu sumedang, he-he

      Hapus
    2. Oh iyaaaa ...
      Salah satu produksi tahu terkenal yaitu tahu Sumedang ..., asin,gurih,renyah dan garung diluar empuk di dalam 😁
      Enak kuyyy ..

      Hapus
  5. salah satu keinginanku pengen punya toko sendiri. tapi belum berani modalnya.. hehe.. jadi sementara hanya toko online aja.

    mungkin nanti kalo udah bisa menarik hati pelanggan dan udah banyak pelanggannya baru berani buka toko sendiri.. hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, boleh juga tuh mbak planningnya, yang semangat ya, he-he barangkali nanti kita bisa partneran bisnis 😀

      Hapus
  6. Bisnis sekarang makin keren keren dan tentu menguntungkan.. tapi dari kita sendiri sih mau mulai apa gak, keburu dicaplok duluan wuehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas betul itu, cuma faktor persaingan juga terkadang menjadi motivasi sekaligus penyemangat para pebisnis, terutama para pebisnis muda 😀

      Hapus
  7. Bisnis tahu masih ada sampai sekarang, kira kira tahun berapa kah tahu itu ada?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari tahun ketahun masih tetap ada mas...he-he, bahkan sampai sekarang tahu tetap eksis sebagai makanan masyarakat infonesia, tetapi kalau untuk awal masuk ke indonesianya tahu masuk pas abad ke 19 saat terjadi sistem tanam paksa, pasti tahulah ya apa itu, dari ditulah kemudian masyarakat mencari alternatif lain yaitu tahu sebagai makanan pengganti yang dapat memberantas penyakit kekurangan gizi akibat sistem tanam paksa oleh bekanda dan sampai sekarang deh...2019 he--he kerenkan nih tahu 😀

      Hapus
  8. bener juga gan, karena bisnis tersebut sesuai dengan prinsip ekonomi, dimana ada permintaan, disitu ada penawaran ;)

    BalasHapus
  9. Kalau saya punya modal, saya memilih bisnis sepatu karena saya suka ngoleksi sepatu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, ada kolektor sepatu nih, wkwkkckk

      Hapus
  10. izin follow ya kak, agar mudah bersilaturrohim sesama blogger ;)

    BalasHapus
  11. betul, kesemuanya masih dibutuhkan konsumen.

    BalasHapus
  12. Balasan
    1. He-he, iya gan dan terima kasih sudah berkunjung 😊

      Hapus
  13. kebetulan ibuku bisnis toko kecil2an. dl sekitar thn '96 cm 2 org yg jualan di dalam gang rumahku. kini ada 9 orang yg buka toko dlm 1 gang. utk mensiasati agar toko ibuku ttp ramai, aku bikinin warnet biar tokonya tetap ramai pembeli terutama dikalangan remaja dan anak2

    BalasHapus
  14. Semuanya memang ada pasar tersendiri
    Semuanya juga masih di cari sob
    Yang paling dicari bisnis dr jaman dulu warteg hehe

    BalasHapus
  15. menurut gue bisnis yang gak ada matinya adalah bisnis toko sih, toko online yg sekarang lagi tenarnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan, jaman sekarang memang sedang gencar-gencarnya promosi toko online, tapi belanja paling aman ya toko biasa aja, belanja enak barang tinggal ambil dan bayar deh 😀

      Hapus
  16. Memang Toko gan yg paling banyak di minati masyarakat, karena asal punya modal sama naruh barang aja. Gak perlu kepandaian khusus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi setidaknya harus bisa pandai dagang juga ya gan, kalau enggak ya....jadi apa ya, wkwkckk

      Hapus
  17. ya memang orang jaman dahulu lebih suka dan pandai berdagang kalau anak jaman sekarang yang penting kerja gak mikir rugi tiap awal bulan nerima gaji padahal pengeluaran sama pemasukannya impas alias habis terima gaji langsung habis juga uangnya tanpa memikirkan ke depannya hehehehe. Salam kenal kak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, betul itu, rata-rata anak muda sekarang seperti itu pola pikirnya, tapi tergantung mereka juga sih,karena hidupkan sebuah pilihan, iya salam kenal juga 😀

      Hapus
  18. Bapak mertua saya juga usaha kayu, boleh dikatakan gak pernah sepi tapi anehnya gak tajir-tajir hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin tajirnya belum kelihatan teh, he-he 😀

      Hapus
  19. Bisnis apa ya yang asyik dan bisa menghasilkan keuntungab yang cepat? Semua perlu kerja keras ya?
    Yang penting bisnisnya harus halal supaya hasilnya juga berkah buat hidup.
    Bisnis toko yang nggak ribet tapi harus punya cukup modal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, betul itu teh, semuanya butuh proses dan kerja keras 😀

      Hapus

Silakan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel