Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Universitas di Cirebon Beserta Jurusannya

Katakuanyu.com – pada artikel kali ini penulis akan memberitahukan kepada teman mahasiswa semua tentang daftar universitas di cirebon beserta jurusannya, di mana kita tahu cirebon adalah kota yang mendapat julukan kota udang dan merupakan salah satu kota yang berada di provinsi jawa barat

Di cirebon sendiri terdapat banyak universitas, baik itu universitas swasta hingga universitas negeri, dan tentunya setiap universitas tersebut pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Di bawah ini telah penulis rangkum daftar universitas di Cirebon beserta jurusannya, berikut ulasannya

1. Akademi Maritim Cirebon 

Yang pertama adalah Perguruan Tinggi Akademi Maritim Cirebon atau yang lebih di kenal dengan AMC, merupakan perguruan tinggi yang telah berdiri sejak tahun 1986, adapun jurusan yang di tawarkan ada tiga, yaitu

Daftar Universitas di Cirebon Beserta Jurusannya

1. Nautika

2. Teknika

3. KPN dan Kepelabuhan

Dari ketiga jurusan tersebut telah mendapatkan Akreditasi B dari APT ( Akreditasi Perguruan Tinggi ), bagi rekan mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi ini bisa langsung mendatangi kampusnya langsung yang berada di Jl. Dukuh Semar No. 1, Kecapi, Kec. Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat 45142

Atau dengan menghubungi telepon kantor : 02318336363, email : amc.cirebon@gmail.com, instragram : @amc.media, jika admin sedang aktif maka pesan anda akan di balas secepat mungkin

2. Akademi Kebidanan Graha Husada Cirebon 

Yang kedua adalah Akademi Kebidanan Graha Husada Cirebon. Akademi ini telah mendapatkan Akreditasi B dengan jurusan kebidanan, bagi anda yang ingin menjadi seorang bidan maka akademi ini sangat cocok sekali untuk anda, karena selain di bekali dengan ilmu kebidanan mahasiswa juga akan di bekali dengan ilmu agama

Daftar Universitas di Cirebon Beserta Jurusannya

Jika anda ingin masuk ke akademi satu ini ada baiknya langsung datang ke kampusnya, yang beralamat di Jl. Widarasari III, Sutawinangun, Kedawung, Cirebon, Jawa Barat 45153. Atau bisa juga menghubungi nomor telepon 0231200811, email : info@akbidgrahacirebon.ac.id

3. Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati

Universitas di Cirebon yang ketiga adalah Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati. Universitas Cirebon yang satu ini boleh di bilang sebagai perguruan tinggi negeri bergengsi, hal tersebut tidak terlepas dari tujuan kampusnya yang ingin menjadi smart campus dengan berpegangan pada komitmen berorientasi pada ilmu, keislaman dan akhlak karimah dalam kegiatan pembelajaran

Daftar Universitas di Cirebon Beserta Jurusannya

Lalu apa sajakah jurusan yang ada di universitas Cirebon yang satu ini ?, berikut daftarnya

1. Pendidikan Agama Islam

2. Pendidikan Bahasa Arab

3. Tidris Bahasa Indonesia

4. Tidris Ilmu pengetahuan Sosial ( IPS )

5. Tidris Matematika

6. Tidris IPA-Biologi

7. Pendidikan Guru MI

8. Pendidikan Guru RA

9. Manajemen Pendidikan Islam

10. Hukum keluarga

11. Hukum ekonomi Syariah

12. Perbankan Syariah

13. Sejarah kebudayaan Islam

14. Komunikasi dan Penyiaran Islam

15. Filsafat Agama

16. Ilmu Al-Quran dan Tafsir

17. Pengembangan Masyarakat Islam

18. Bimbingan dan Konseling Islam

19. Ilmu Hadist

20. Bahasa dan Sastra Arab

4. Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon

Daftar universitas di Cirebon yang ke empat di tempati oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon. Universitas yang satu ini merupakan salah satu perguruan Tinggi Swasta yang telah berdiri sejak 17 Juni 2015

Daftar Universitas di Cirebon Beserta Jurusannya

Untuk Akreditasi Universitas sendiri masih berstatus C, walaupun begitu ada banyak mahasiswa baru yang ingin masuk ke perguruan tinggi ini. di Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon ini terdapat 4 jurusan, antara lain yaitu

1. Pendidikan Agama Islam

2. Pendidikan Guru RA

3. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

4. Ekonomi Syariah

Bagi rekan mahasiswa yang ingin masuk ke perguruan tinggi yang satu ini bisa langsung mendatangi kampusnya yang beralamat di Jl. Widarasari III, Sutawinangun, Kedawung, Cirebon, Jawa Barat 45153, atau menghubungi nomor telepon 0231246215

5. Sekolah Tinggi Agama Islam Cirebon

Universitas satu ini berasal dari Perguruan Tinggi Islam ( PTI ) Sunan Gunung Jati Cirebon yang di dirikan oleh tokoh-tokoh umat islam pada tanggal 6 Juni 1985 bertepatan dengan tanggal 17 Ramadhan 1405 H dan mendapat izin operasional dari kopertais wilayah II Jawa Barat pada tahun 1986 berdasarkan surat nomor 06/kop/1986.

Daftar Universitas di Cirebon Beserta Jurusannya

Untuk Akreditasi Universitas sendiri masih berstatus C. bagi anda yang berminat untuk kuliah disini bisa mendatangi langsung kampusnya, beralamat di Komplek, Jl. Islamic Centre Jl. Tuparev No.111, Kertawinangun, Kedawung, Cirebon, Jawa Barat 45153. Universitas ini menyelenggarakan 5 jurusan berbeda, antara lain yaitu

1. Pendidikan Agama Islam

2. Al-Ahwal al-Syakhshiyah ( Hukum Keluarga )
 
3. Ekonomi Syariah

4. Manajemen Pendidikan Islam

5. Ilmu Al-quran dan Tafsir

6. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cirebon

Daftar Universitas di Cirebon beserta jurusannya yang ke 6 di tempati oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cirebon, Universitas Cirebon yang satu ini terbilang cukup baik karena berhasil menempati ranking 139 TESCA dan sampai sekarang masih aktif mencari mahasiswa baru
STIE Cirebon mempunyai beberapa jurusan andalan, yaitu

Daftar Universitas di Cirebon Beserta Jurusannya

1. Program Studi Akuntansi ( Strata 1 )

2. Program Studi Manajemen ( Strata 1 )

3. Program Studi Manajemen ( Strata 2 )

Jika anda berminat untuk kuliah di sini bisa langsung datang ke kampusnya yang beralamat di Jl. Brigjen Dharsono No. 33, Cirebon, Jawa Barat, atau anda juga bisa mendaftar secara online malalui http://stiecirebon.ac.id/.

7. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ( Stikes ) Mahardika Cirebon

Universitas Cirebon yang satu ini terbilang baik karena telah mempunyai Akreditasi B dari BAN-PT, di mana kita tahu semakin bagus tingkat akreditasi maka semakin berkualitas pula tingkat pendidikan di universitas tersebut

Daftar Universitas di Cirebon Beserta Jurusannya

Adapun untuk jurusan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mahardika Cirebon mempunyai lima jurusan unggulan, antara lain

1. Program Studi Kesehatan Masyarakat

2. Program Studi Keperawatan

3. Program Studi Profesi Ners

4. Program Studi Kebidanan

5. Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan

Universitas ini tercatat telah meluluskan ribuan mahasiswa dan telah membentuk banyak bidan berbakat di masyarakat, oleh karena itu anda juga bisa menjadi seperti mereka dengan kuliah di sana, untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi 0231488123 atau mengirimkan email ke akademik@stikesmahardika.ac.id

8. Sekolah Tinggi Teknologi Cirebon

Universitas di Cirebon yang harus anda pilih ketika ingin kuliah adalah Sekolah Tinggi Teknologi Cirebon, hal tersebut di karnakan Universitas ini telah membentuk banyak lulusan muda berbakat. Dengan Akreditasi B perguruan tinggi swasta satu ini patut di pertimbangkan

Daftar Universitas di Cirebon Beserta Jurusannya

Jika di tanya kapankah Universitas ini berdiri ?, maka jawabannya yaitu pada tanggal 4 Maret 1991, itu artinya universitas ini sudah sangat lama berdiri dan tentu mempunyai kualitas yang tidak kalah dengan universitas yang lain

Ada dua jurusan yang menjadi andalan Sekolah Tinggi Teknologi Cirebon, yaitu

1. Teknik Sipil

2. Arsitektur

Bagi anda yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor telepon 0231482196, email : info@sttcirebon.ac.id atau bisa langsung datang ke kampusnya yang beralamat di Jl. Evakuasi No. 11, Karyamulya, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45131

9. STIKES Muhammadiyah Cirebon

Daftar universitas di Cirebon selanjutnya adalah STIKES Muhammadiyah Cirebon, Universitas ini tergolong ke dalam Universitas swasta, tapi dari segi akreditasi sudah cukup baik, yaitu menyandang akreditasi B

Daftar Universitas di Cirebon Beserta Jurusannya

Adapun untuk jurusan, Universitas ini mempunyai 2 jurusan andalan, yaitu

1. Keperawatan

2. Kebidanan

Universitas ini memang tidak terlalu besar, akan tetapi sangat cocok untuk anda yang ingin mempelajari dunia kebidanan, jadi tunggu apalagi, yuk daftar sekarang dengan menghubungi nomor berikut ini 0231490677 atau datang langsung ke kampusnya yang berada di Jl. Kalitanjung No.14-18 A,Harjamukti, Kec. Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat 45143

10. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer IKMI Cirebon

Universitas ini berdiri sejak tahun 2001 dengan status perguruan tinggi swasta, untuk akreditasi masih C, ini artinya perguruan tinggi ini masih harus bekerja keras untuk membangun kualitasnya, baik dalam hal infrastruktur hingga proses pembelajaran

Daftar Universitas di Cirebon Beserta Jurusannya

Untuk program studi atau jurusan yang di sediakan ada dua, yaitu

1. Sistem Informasi

2. Manajemen Informatika

Berbicara tentang akreditasi memang masih butuh kerja keras, tapi dari segi biaya pendidikan universitas ini perlu di perhatikan, karena biayanya yang masih murah, dari informasi yang penulis dapatkan biaya kuliah di sini mulai dari sebesar Rp.2.050.000 persemester, bagaimana sangat murah bukan ?

Jika anda tertarik untuk kuliah di sini ada baiknya segera mendatangi universitasnya langsung, yang terletak di Jl. Perjuangan No.10B, Karyamulya, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45131, atau bisa menghubungi No telepon 0231490481, email : ikmicirebon@gmail.com

11. Universitas Swadaya Gunung Jati

Universitas Cirebon yang boleh di bilang baik selanjutnya adalah Universitas Swadaya Gunung Jati, Universitas ini didirikan pada tanggal 16 Januari 1961, yang saat itu bertujuan untuk membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan, khususnya pembangunan sumber daya manusia melalui pendidikan tinggi

Daftar Universitas di Cirebon Beserta Jurusannya

Sekalipun berstatus perguruan tinggi swasta, Universitas ini telah mampu menyandang akreditasi B, yang artinya dari segi kualitas pendidikan sudah cukup mumpuni, bukan hanya itu saja, jurusan yang di tawarkanpun relatif beragam, antara lain ada

1. Pendidikan Dokter

2. Ilmu Hukum

3. Ekonomi Pembangunan

4. Manajemen

5. Akuntansi

6. Agroteknologi

7. Agribisnis

8. Administrasi Pendidikan

9. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

10. Pendidikan Bahasa Inggris

11. Pendidikan Matematika

12. Pendidikan Akuntansi

13. Administrasi Negara

14. Teknik Sipil

Jika di lihat dari jurusan yang ada, universitas Cirebon yang satu ini boleh di bilang cukup beragam dan akan sangat menunjang mahasiswa dalam menempuh keilmuan, dan bagi anda yang tertarik untuk bergabung silakan hubungi nomot telepon berikut ini 0231206558 atau mengirimkan email ke ugj@ugj.ac.id

Atau jika anda ingin melihat universitasnya secara langsung, bisa datang ke alamat Jl. Pemuda Raya No.32, Sunyaragi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45132

12. Universitas 17 Agustus 1945 Cirebon

Universitas Cirebon yang tidak kalah bagus selanjutnya adalah Universitas 17 Agustus 1945 Cirebon. Universitas ini berdiri pada tanggal 1 Januari 1965 dan telah meluluskan lebih dari 2000 orang mahasiswa setiap tahunnya

Daftar Universitas di Cirebon Beserta Jurusannya

Adapun untuk jurusan yang di tawarkan cukup beragam, dan rata-rata telah mendapatkan akreditasi B, berikut beberapa jurusan yang di tawarkan oleh universitas 17 Agustus 1945 Cirebon, antara lain

1. D3 Akuntansi

2. D3 Manajemen Perhotelen

3. S1 Manajemen

4. S1 Ilmu Hukum

5. S1 Ilmu Administrasi Negara

6. S1 Ilmu Administrasi Niaga

7. S2 Ilmu Administrasi Negara

8. S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi

9. S1 Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan

10. S1 Teknik Elektro

11. S1 Teknik Mesin

Itulah 11 Jurusan yang bisa anda pilih jika ingin kuliah di Universitas 17 Agustus 1945 Cirebon, jika berminat silakan datang langsung ke Jl. Perjuangan No.17, Karyamulya, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45131 atau menghubungi nomor telepon berikut ini 0231481945, email : akademik_center@untagcirebon.ac.id

13. Universitas Muhammadiyah Cirebon

Salah satu universitas yang harus masuk ke dalam daftar universitas di Cirebon adalah universitas Muhammadiyah Cirebon, Universitas satu ini masih berstatus perguruan tinggi swasta dengan akreditasi C

Daftar Universitas di Cirebon Beserta Jurusannya

Sekalipun masih menyandang akreditasi C, tapi secara keseluruhan universitas ini cukup menarik, hal tersebut bisa di lihat dari jurusan yang di tawarkan, berikut beberapa jurusan yang bisa anda pilih, antara lain

1. Teknik Informatika

2. Teknik Industri

3. Produksi Ternak

4. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD )

5. Pendidikan Guru Sekolah Dasar ( PGSD )

6. Pendidikan Bahasa Inggris

7. Pendidikan IPA

8. Pendidikan Kimia

9. Pendidikan Matematika

10. Akuntansi

11. Manajemen

12. Ilmu Komputasi

13. Ilmu Pemerintah

14. Ilmu Hukum

15. Ilmu Keperawatan

Dengan 15 jurusan yang ada, universitas Cirebon ini mempunyai banyak pilihan, sekalipun masih belum mendapatkan akreditasi B tapi kampus ini patut untuk di pertimbangkan, mengingat ada potensi besar yang bisa di kembangkan kedepannya

Bagi anda yang berminat untuk melanjutkan pendidikan ke universitas ini ada baiknya mengunjungi kampusnya terlebih dahulu, yang beralamatkan di Jl. Tuparev No.70, Kedungjaya, Kedawung, Cirebon, Jawa Barat 45153 atau bisa juga menghubungi melalui telepon di nomor 0231204276, email : info@umc.ac.id

14. Politeknik LP3I Kampus Cirebon

Universitas yang harus kamu kunjungi jika berada di Cirebon selanjutnya adalah universitas Politeknik LP3I Kampus Cirebon, yang mana pusat dari universitas ini berada di Jakarta dan telah membuka cabang sebanyak 41 cabang universitas yang hampir tersebar di seluruh Indonesia

Daftar Universitas di Cirebon Beserta Jurusannya

Dan perlu anda ketahui jika anda kuliah di sini yang akan di asah secara mendalam adalah skil prakteknya bukan hanya teori, dengan acuan 70 % praktek dan 30 % teori. Adapun untuk jurusan yang di tawarkan cukup beragam, antara lain

1. Administrasi Bisnis

2. Admisnistrasi Bisnis Internasional

3. Manajemen Perkantoran

Dan masih banyak lagi yang lainnya, bisa anda akses di lp3i.ac.id, sengaja tidak penulis sebutkan satu persatu karena jurusannya begitu banyak. Dan bagi rekan mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan bisa langsung menghubungi nomor wa 081290780050 atau dengan datang ke kampusnya di Jl. Tuparev No.514, Pilangsari, Kedawung, Cirebon, Jawa Barat 45153

15. Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Universitas ini didirikan pada tanggal 16 September 2011, jika di bandingkan dengan universitas lain yang ada di Cirebon, Universitas ini bisa di katakan masih baru. Sedangkan untuk akreditasi masih NA yang artinya mempunyai nilai 0 – 400

Daftar Universitas di Cirebon Beserta Jurusannya

Jika di lihat dari usia universitas memang masih sangat muda, tapi jangan pernah meremehkan universitas satu ini, karena mereka telah mempunyai banyak jurusan yang di tawarkan kepada mahasiswa baru, antara lain yaitu

1. Kependidikan Agama Islam

2. Filsafat

3. Ekonomi Syariah

4. Akuntansi

5. Sistem Informasi

6. Teknik Informatika

7. Ilmu Hukum

8. Pendidikan Guru Sekolah Dasar ( PGSD )

9. Bimbingan Konseling

10. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

11. Pendidikan Fisika

12. Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan

13. Teknik Perkapalan

14. Teknologi Hasil Pertanian

15. Budidaya Perairan

Dari informasi yang penulis dapatkan ada 15 Jurusan yang telah di buka untuk para mahasiswa baru, di mana jika anda berminat bisa langsung datang ke universitasnya yang berada di Jalan Sisingamangaraja No.33, Lemahwungkuk, Panjunan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45111 atau menghubungi nomor telepon 0231235900

Dan perlu di perhatikan untuk para pembaca semua, bahwasannya akreditasi yang penulis cantumkan tidaklah selamanya sama, yang artinya pasti ada perubahan suatu saat nanti, baik itu untuk akreditasi universitas atau untuk akreditasi jurusan

Jadi jangan merasa heran jika suatu saat nanti akan ada perubahan dari website universitas yang bersangkutan, Perubahan akreditasi biasanya akan di lakukan ketika kualitas universitas tersebut mengalami peningkatan, baik dalam hal infrastruktur, pengajaran, prestasi mahasiswa dan seterusnya

Mungkin sampai disini saja untuk artikel kali ini tentang daftar universitas di Cirebon beserta jurusannya, semoga bermanfaat untuk kita semua dan jangan lupa tetap pantau blog ini untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar dunia pendidikan, akhir kata penulis ucapkan sampai jumpa di artikel selanjutnya

kuanyu
kuanyu Saya adalah seorang anak yang hobi membaca,menulis dan blogging,salam kenal dari saya kuanyu

19 comments for "Daftar Universitas di Cirebon Beserta Jurusannya"

  1. Waah, baru tau saya nama-nama universitas di cirebon. Bisa buat panduan nih buat dedek-dedek yang baru lulus SMA 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, betul mba Sekar, semoga artikelnya bermanfaat

      Delete
  2. Wah banyak banget ya universitas di Cirebon, sampai ada lima belas. Aku yang sering lewat Cirebon malah tidak tahu.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas Agus, memang banyak Universitasnya, he-he

      Delete


  3. WaH banyak juga yaa Ko, Nama2 Kampus dikota Ceribon Dan lebih dominan universitas islam, Meski tidak mengharuskan mahasiswa & Mahasiswinya harus beragama islam.😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, betul mas Satria, Keberadaan Universitas Islamnya memang lebih menonjol, tapi tetap menjunjung tinggi toleransi, mantaplah pokoknya

      Delete
  4. Banyak juga ya Universitas di Cirebon jadi banyak pilihan bagi yang akan berkuliah.

    Thanks infonya 👍

    ReplyDelete
  5. Cirebon keren. Kaya Universitas. Padahal bukan ibu kota provinsi. Selamat sore, Mas Kuanyu. Doa sehat untuk keluarga di sana ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat sore juga mba Nur, iya mba Nur, Cirebon memang keren banget dah, terima kasih atas doanya mba, doa sehat juga untuk keluarga mba di sana

      Delete
  6. Terakhir kali ke Cirebon tahun lalu, memang sudah berubah ya jadi kelihatan semakin maju, apalagi dengan banyaknya universitas, jadi ada banyak pilihan untuk belajar di bidang yang paling kita sukai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba Naia, mahasiswa pasti lebih lebih mudah mencari universitas yang mereka sukai, dengan begitu belajarpun pasti lebih menyenangkan

      Delete
  7. belum pernah ke cirebon
    paling mentok ke deketnya, di purwokerto, apa itu masih jauh yah dari cirebon
    cuma kata istri sih, cirebon hampir sama bahasanya kayak bahasa ngapak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dari Purwokerto ke Cirebon sudah dekat mas, kalau di tempuh dengan mobil palingan sekitar 3 jaman dan untuk bahasa katanya menggunakan bahasa ngapak, bahasanya unik dan menarik

      Delete
  8. banyak juga ya PT di cirebon
    aku yang kenal IAIN Cirebon
    soalnya ada temen dulu kuliah di sana
    yang lain aku ga begitu paham

    ReplyDelete
    Replies
    1. widih, asik nih mas Ikrom ada kenalan di Cirebon, he-he

      Delete
  9. banyak juga ya univ di cirebon..
    btw, univ islam negeri itu UIN yaa.. desain gedungnya mirip sama UIN di ciputat, jakarta.. hehe

    ReplyDelete
  10. yang terkenal di seluruh Indonesia adalah akademi maritim.... alumninya siap pakai.

    Thank you atas informasinya

    ReplyDelete

Silakan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan