Cara Memilih Dompet Bitcoin Terbaik

Bagi Anda yang sudah membeli Bitcoin, pastinya akan bingung langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan untuk mengelola saldo Bitcoin tersebut. Tentu pertama kali yang harus dilakukan adalah memiliki Dompet Bitcoin atau Wallet. Namun di luar sana ternyata ada banyak fasilitas dompet Bitcoin yang disediakan sehingga Anda perlu memahami apa kegunaannya dan mana yang terbaik menurut Anda. Hal ini dianggap penting karena Anda menginvestasikan dana dalam Bitcoin, memilih dompet yang tepat untuk Anda adalah langkah penting yang tidak boleh dianggap enteng.

Cara Memilih Dompet Bitcoin Terbaik

Saat ini memilih dompet yang tepat adalah salah satu langkah bagaiman nantinya Anda masuk terlalu jauh dalam mengelola Bitcoin yang sudah Anda dapatkan. Memilih dompet Bitcoin membuat Anda lebih bijak dalam mengelola dan memutuskan pengelolaannya karena semua dompet memiliki cara dan metodenya sendiri-sendiri. Itulah kenapa memilih dompet adalah pekerjaan rumah yang harus Anda selesaikan pertama kali setelah membeli Bitcoin.

Keamanan adalah hal paing penting

Tentu Anda harus memiliki dompet yang bagus dan aman untuk tempat menyimpan uang Anda termasuk dalam mata uang digital Bitcoin ini. Jika wallet yang anda pilih berbentuk website, maka pastikan memeriksa apakah situs web tersebut memiliki link HTTPS atau HTTP. Perlu dipahami bagi semua pengguna internet bahwa sebuah situs yang aman data enkripsinya harus dimulai dengan alamat HTTPS. Begitu juga dengan website dompet Bitcoin yang Anda pilih harus diawali dengan kode keamanan ini untuk memastikan bahwa website tersebut aman untuk login yang terenkripsi dan tak rentan dari serangan malware dan peretasan. Selain itu perlu diperhatikan juga apakah dompet menawarkan otentikasi dua faktor (2FA). Hal ini adalah beberapa poin yang  perlu diperhatikan sebelum membuat keputusan akhir memilih dompet yang tepat.

Multisignature 

Setiap layanan wallet memiliki fitur yang berbeda meski secara garis besar terlihat sama. Coba pilih situs wallet yang menawarkan pilihan multisig. Fitur  ini merupakan metode yang cukup baik untuk mengamankan bitcoin Anda dari pencurian dan penyerang. Multisig mengacu pada sistem yang menawarkan lebih dari satu kunci untuk mengotorisasi transaksi. Analogi sederhananya seperti Anda memiliki kotak kunci di mana dibutuhkan dua pihak dengan dua kunci berbeda untuk membuka kotak kunci tersebut.

Akses mudah

Cara Memilih Dompet Bitcoin Terbaik

Jika Anda tidak memiliki akses ke kunci pribadi untuk Bitcoin di dompet Anda, secara teknis Anda tidak memiliki kendali atas Bitcoin tersebut. Maka ini adalah faktor yang cukup penting ketika memilih dompet Bitcoin. Kemampuan untuk memiliki kunci pribadi berarti bahwa Anda akan selalu memiliki kendali terhadap Bitcoin Anda serta bisa memindahkannya untuk transaksi jual atau beli dari dompet kapan saja. Layanan ini akan menguntungkan dan membuat Anda mendaftarkan dompet cadangan di luar dari layanan dompet yang Anda pilih.

Wallet Promote Address Reuse

Untuk lebih mengenali bagaimana dompet Bitcoin anda bekerja perlu diketahui tentang dompet Hierarchical Deterministic (HD). Privasi pengguna dalam Bitcoin saat menggunakan dompet telah menjadi masalah penting selama bertahun-tahun sehingga dompet deterministik adalah satu langkah maju untuk memiliki arsitektur yang lengkap dan menambahkan perlindungan bagi penggunanya. Pilihlah layanan wallet digital yang memiliki fitur ini untuk memberikan keamana bertingkat pada akun dompet Bitcoin Anda.

Transparan

Meski Anda menginginkan dompet Bitcoin yang aman, bukan berarti Anda tidak boleh tahu bagaimana cara kerjanya. Pastikan dompet yang Anda pilih memiliki sumber kode terbuka agar para pengguna layanan seperti Anda tahu bagaimana mereka bekerja mengamankan saldo Bitcoin Anda. Kode sumber terbuka dapat ditinjau sejawat dan diperiksa kerentanannya. Selain itu pastikan kode sumbernya selalu diperbarui agar terhindar dari serangan peretasan yang setiap hari selalu memperbarui cara untuk mendapatkan Bitcoin Anda. Jika penyedia layanan wallet tak bisa transparan dengan pengguna, bagaimana kita bisa percaya bahwa Bitcoin kita akan aman disimpan di dalamnya.

Anonimitas

Cara Memilih Dompet Bitcoin Terbaik

Untuk urusan anonimitas, setiap pengguna memiliki prinsip masing-masing apakah perlu akun Wallet Anda mengetahui siapa Anda di dunia nyata. Hal ini membuat layanan wallet pun memiliki syarat tersendiri. Ada wallet yang mendaftar hanya menggunakan alamat email saja, atau bahkan ada juga yang membutuhkan verifikasi lewat nomor telepon dan persyaratan personal lainnya. Pilih mana yang menurut Anda paling nyaman dan sesuai untuk filter anonimitas ini. Sekali Anda memberikan identitas secara terang-terangan, maka akun ini akan bekerja selamanya menyimpan data tersebut yang mungkin di masa depan Anda ingin menyembunyikannya. Pastikan lagi bahwa fitur anonimitas ini penting untuk Anda atau memang tidak terlalu memperdulikannya.

Pengalaman antarmuka

Setiap halaman wallet memiliki tampilan antar muka yang berbeda-beda, tapi satu hal yang perlu digarisbawahi adalah tampilan tersebut haruslah sederhana dan tidak membingungkan penggunanya. Tentu Anda tidak ingin menghabiskan waktu untuk mengutak-atik tampilan wallet sementara Anda juga harus disibukkan dengan membangun block dan bernegosiasi dengan banyak rekan di luar sana. Beberapa wallet sudah menerapkan aplikasi agar bias diakses melalui smartphone penggunanya dan ini adalah tanda yang bagus untuk memulai aktifitas Bitcoin. Atau Anda juga bisa mencari wallet yang memiliki fitur offline untuk media penyimpanannya.

Membuat Dompet Cadangan

Membuat akun wallet cadangan tentu jadi sebuah ide cemerlang dan dibilang cuku penting dalam berkecimpung di dunia kriptokurensi ini. Lihat lagi apakah ada yang memberikan akun cadangan di fitur-fiturnya, atau layanan pemulihan jika kelak terjadi sesuatu pada akun wallet Anda. Pastikan jika cadangan ini telah dienkripsi dengan baik sehingga fitur yang harusnya bisa diandalkan ini bisa benar-benar bekerja sesuai dengan yang diharapkan. Anda harus menjelajahi opsi-opsi ini sebelum memuat dompet Anda dengan Bitcoin. Meski tak semua layanan wallet memberikan fitur ini, tapi pastikan bahwa ini adalah fitur yang benar-benar Anda inginkan saat ini.

Nama besar mempengaruhi

Cara Memilih Dompet Bitcoin Terbaik

Saat ini ada banyak penyedia jasa wallet untuk menampung Bitcoin Anda. Semakin berkembangnya mata uang digital ini tentu membuat pilihan Anda semakin sulit. Caranya cukup sederhana, cari penyedia dompet Bitcoin yang terkenal. Nama besar memang mempengaruhi Anda dan bagaimana orang-orang di luar sana mempercayakan saldo Bitcoinnya di website tersebut. Carilah di forum diskusi bagaimana mereka menyimpan saldonya dan mana wallet yang terkenal dan dipercaya menurut pengguna lain. Dengan adanya referensi dan rekomendasi, tentu Anda sudah selangkah lebih jauh dalam menentukan wallet yang akan Anda pilih dengan segala fitur-fitur andalannya.

Akhirnya Anda harus benar-benar memilih mana wallet yang cocok untuk menyimpan Bitcoin Anda. Mungkin untuk pemula Anda akan sedikit meraba mana yang terbaik dan nyaman dalam iklim kompetisi Anda dengan pengguna lainnya. Hingga pada titik tertentu Anda bisa beralih ke dompet lain yang dirasa lebih cocok. Namun langkah awal untuk memperhatikan seberapa pentingnya memilih wallet yang cocok, aman, dan nyaman untuk digunakan adalah alur yang harus Anda ikuti

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel