Katakuanyu.com - Halo sahabat pembaca setia, kembali lagi bersama saya kuanyu, Pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan membahas tentang keuntungan di hapusnya ujian nasional oleh menteri pendidikan Nadiem Makarim, sebenarnya ide penghapusan ujian nasional memang telah muncul sejak lama, akan tetapi tidak pernah terealisasikan sehingga sampai sekarang ujian nasional tetap saja di laksanakan.

Keutungan di hapusnya ujian nasional oleh Nadiem Makarim

Ujian nasional terkadang menjadi momok yang begitu menakutkan bagi sebagian siswa, mengigat ujian nasional adalah penentu lulus atau tidaknya seorang sisiwa, memang terdengar sedikit aneh dan tidak bisa di terima, mengigat beberapa tahun belajar harus di tentukan dengan beberapa hari ujian sehingga terkesan sangat menakutkan.

Kembali munculnya ide penghapusan ujian nasional memang sempat mendapatkan pro dan kontra dari berbagai pihak, baik dari para akedemisi, pejabat pemerintahan, rakyat hingga siswa dan siswi yang menuntut ilmu di indonesia.

Ada yang mengatakan bahwa ujian nasional haruslah tetap di jalankan agar kualitas pendidikan semakin baik, dan ada juga yang mengatakan jika ujian nasional di hapuskan maka besar kemungkinan daya juang siswa dan siswi akan berkurang.

Keutungan di hapusnya ujian nasional oleh Nadiem Makarim

Tapi di pihak yang kontra malah beranggapan bahwa ujian nasional hanya akan membuat siswa menjadi tertekan sehingga besar kemungkinan tingkat stres siswa akan sangat tinggi, maka dari itulah penulis akhirnya tertarik untuk menguraikan lebih dalam tentang keuntungan dan kerugian di hapusnya ujian nasional, antara lain

Keuntungan di hapusnya ujian nasional atau UN

1. siswa menjadi tidak tertekan

Keuntungan pertama yang akan di peroleh jika pemerintah menghapus ujian nasional adalah siswa menjadi tidak tertekan ketika belajar sehingga tingkat strespun akan jauh menurun di bandingkan saat ujian nasional di terapkan.

2. siswa akan gembira

jika ujian nasional memang berhasil di hapuskan maka yang terjadi adalah siswa dan siswi akan sangat bahagia, mereka merasa terbebas dari belenggu keharusan untuk belajar, perilaku siswa yang demikian bisa saja berdampak buruk atau baik.

3. menghemat anggaran negara

Keuntungan di hapusnya ujian nasional yang berikutnya yaitu bisa menghemat anggaran negara untuk penyelenggaraan ujian nasional, seperti yang kita ketahui untuk melaksanakan ujian nasional di butuhkan biaya yang tidaklah sedikit, entah itu untuk biaya kertas maupun biaya di luar itu, walaupun belakangan ini sudah ada ujian nasional secara online tapi tetap saja akan sangat memberatkan, baik untuk pemerintah hingga siswa yang akan melakukan ujian nasional.

4. akan terbetuk karakter baru dari seorang siswa

Di hapusnya ujian nasional akan membuat siswa mempunyai pandangan tersendiri tentang dunia pendidikan, siswa mungkin akan menganggap bahwa kesuksesan bisa saja di raih dengan berbagai macam cara dan bukan hanya dengan bersekolah, sekolah bukanlah jalan satu-satunya untuk berhasil, dengan demikian hilangnya ujian nasional di sekolah akan membuat cara berpikir siswa menjadi lebih luas.

5. akan muncul inovasi baru dalam proses pembelajaran

Keuntungan di hapusnya ujian nasional yang tidak kalah menarik yaitu akan munculnya inovasi baru dalam proses pembelajaran, jika sebelumnya proses pembelajaran lebih menekankan kepada hafalan dan hitungan maka besar kemungkinan akan lebih menyenangkan, dimana siswa akan lebih di dekatkan dengan praktek secara langsung bukan hanya teori atau mungkin pembelajaran yang memasukkan nilai budaya dan etika agar nantinya siswa menjadi manusia yang bukan hanya pintar melainkan juga berakhlak baik.

6. guru dituntut berinovasi dan mengubah gaya pembelajaran

Guru adalah orang yang berperan penting dalam proses pembelajaran, kualitas seorang siswa dapat dilihat dari kualitas gurunya walaupun tidak selalu demikian, seperti yang kita ketahui cara guru dalam mengajar pastilah berbeda-beda, ada yang santai dan suka bercanda dan ada juga yang membaca buku pelajaran dari awal masuk sampai jam pelajaran berakhir, nah dengan adanya penghapusan ini diharapkan guru dapat merobah gaya dalam mengajar agar lebih menyenangkan dan tidak kaku.

Kerugian di hapusnya ujian nasional atau UN

1. siswa menjadi malas belajar

Kerugian di hapusnya ujian nasional yang pertama adalah bisa membuat siswa menjadi malas belajar, hal ini sangat mungkin terjadi dan harus di antisipasi oleh pemerintah dan ada baiknya mulai dari sekarang pemerintah membuat program pengganti yang bisa mengisi otak anak didik tanpa harus membuatnya terbebani serta tetap rajin belajar.

2. daya juang siswa menjadi berkurang

Seperti yang penulis kemukakan di atas, dihapusnya ujian nasional pasti akan membuat siswa menjadi malas belajar, dengan demikian akan ada penurunan daya juang, siswa akan lemah dan tidak punya daya saing.

3. siswa akan menganggap remeh dunia pendidikan

Kerugian selanjutnya yang bisa saja muncul jika ujian nasional di hapuskan yaitu siswa akan menganggap remeh dunia pendidikan, hanya sekedar datang dan pergipun pasti akan lulus, tentu anggapan seperti ini akan berdampak buruk terhadap dunia pendidikan di indonesia, maka dari itu lagi-lagi pemerintah harus berpikir keras dan cerdas agar bisa menciptkaan program pengganti yang cocok untuk siswa indonesia, tidak membuat stres tapi otak tetap berisi.

4. omset penjual buku ujian nasional akan menurun

Kerugian berikutnya akan dialami oleh penjual buku ujian nasional, jika sebelumnya mereka bisa memanen uang dari penjualan buku ujian nasional maka kedepannya akan sangat berat kemungkinnya mereka bisa mendaptkan omset dari penjualan buku ujian nasional.

Oke, sahabat pembaca setia, mungkin hanya itu yang bisa penulis sampaikan pada pertemuan kali ini, jika ada ide dan pemikiran lain silakan ajukan ke pemerintah dan semoga saja pendidikan di indonesia semakin hari semakin baik, apapun programnya nanti, kita sebagai rakyat indonesia akan selalu menanti dan mencari yang terbaik dan akhir kata penulis ucapkan sekian dan terima kasih.


Penulis : Kuanyu
Previous Post Next Post