Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Agar Lahan Tanam Menjadi Subur

Dalam kegiatan cocok tanam, media tanam atau lahan menjadi komponen yang sangat penting. Tanpa adanya lahan, tanaman tidak akan bisa ditanam. Selain itu, anda juga harus memperhatikan kesuburan lahan tanam yang akan anda gunakan.

Cara Agar Lahan Tanam Menjadi Subur

Tanaman akan kesulitan untuk tumbuh dengan optimal jika lahan tanam tidak subur. Karena itu, ada baiknya anda membuat lahan menjadi lebih subur terlebih dahulu sebelum menanam suatu tanaman. Suburkan lahan tanam dengan cara berikut ini:

1.Memahami Ciri-Ciri Lahan Subur

Pertama, anda harus memahami ciri-ciri lahan yang subur terlebih dahulu agar benar-benar bisa memastikan kesuburan lahan yang anda miliki. Dengan mengetahui tanda lahan yang subur, anda bisa mengetahui seberapa jauh penanganan yang harus anda lakukan.

Ciri-ciri lahan yang subur bisa dilihat dari lapisannya, derajat keasaman, tekstur, hingga banyaknya biota pada lahan tersebut.
 
Lahan yang subur umumnya memiliki lapisan humus tebal karena lapisan humus mengandung banyak bahan organik.

Standar pH yang normal untuk lahan berkisar antara 6 hingga 8. Namun, anda harus menyesuaikan dengan tanaman yang akan anda tanam.
 
Tekstur yang kuat dan tidak mudah rapuh, tetapi mudah diolah menjadi syarat lahan yang subur. Dengan tekstur yang mudah diolah, lahan menjadi gampang dijadikan media tanam.

Terakhir, lahan yang subur bisa terlihat dari banyaknya kehidupan. Berbagai hewan yang tinggal di tanah, seperti cacing, dan tumbuhan akan tumbuh di lahan yang subur. Dengan adanya keberadaan makhluk hidup juga bisa menambah bahan organik pada tanah.

2.Tambahkan Materi Hewan dan Tumbuhan

Seperti yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya, bahan organik sangat penting untuk kesuburan tanah. Karena itu, anda harus menambah bahan organik pada lahan agar membuatnya semakin subur.

Menambah bahan organik pada lahan bisa dilakukan dengan cara menambahkan materi hewan. Menambahkan tulang, darah, kotoran, hingga bulu berbagai jenis hewan bisa membuat lahan semakin subur.

Menambahkan bahan-bahan tersebut bisa membuat lahan semakin subur karena kandungan nitrogen pada bagian hewan meningkatkan kandungan nitrogen pada lahan. 

Cara Agar Lahan Tanam Menjadi Subur

Bukan hanya materi hewan saja, anda juga bisa menambahkan materi tumbuhan pada lahan. Beberapa materi tumbuhan yang bisa anda tambahkan adalah serabut atau abu gergaji, daun yang kering, sekam padi, dan rumput laut.

Bahan materi tumbuhan ini mengandung bahan yang tidak kalah penting untuk kesuburan lahan. Selain itu, materi tumbuhan juga bisa memperbaiki tekstur tanah untuk menahan mineral pada lahan tersebut.

Rumput laut juga kaya akan kalium yang akan menambah jumlahnya pada lahan. Kalium sendiri merupakan unsur hara yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah yang sangat banyak. 

3.Tanam Tanaman Lain
 
Masih berhubungan dengan menambah bahan organik pada lahan, menanam banyak tanaman juga bisa menambah bahan organik bagi lahan. Selain tanaman utama yang memang ingin anda tanam, anda juga bisa menanam rumput kecil.

Saat rumput mati, maka sisa bagiannya akan menjadi bahan organik yang penting untuk kesuburan lahan. Dengan begini, secara tidak langsung tanaman tersebut juga menjadi “makanan” bagi tanaman utama yang anda tanam.

Memang dibutuhkan kesabaran untuk melakukan cara ini karena harus dimulai dari proses menanam hingga menunggunya mati. Namun, cara ini terbukti efektif untuk meningkatkan kesuburan tanah.

Tetapi anda harus berhati-hati agar tidak menumbuhkan tanaman gulma. Tanaman gulma bisa tumbuh dengan sangat subur dengan mengambil seluruh nutrisi dari lahan sehingga tidak ada lagi nutrisi yang tersedia untuk tanaman utama.

4.Gunakan Batu
 
Bukan sembarang batu, ada beberapa jenis batu yang bisa anda gunakan untuk membuat lahan semakin subur.

Berbagai jenis batu yang bisa anda gunakan untuk menyuburkan lahan adalah batu kapur, batu granit, dan batu basal.

Batu kapur mengandung kalsium yang cukup banyak. Kalsium sendiri merupakan unsur hara yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah yang cukup banyak.

Sedangkan batu granit mengandung kalium yang sangat tinggi. Terakhir, batu basal mengandung banyak unsur hara penting bagi lahan karena berasal dari daerah gunung berapi.

Cara penggunaan ketiga barang tersebut adalah dengan menghancurkannya terlebih dahulu sehingga menjadi debu. Setelah itu, tebar secara merata ke seluruh lahan.

5.Mengatur pH Lahan 
 
Derajat keasaman atau pH menjadi bagian yang penting dalam kesuburan lahan. Karena itu, anda harus bisa mengatur kadar pH lahan. Pertama, anda harus mengetahui kadar pH lahan terlebih dahulu.

Gunakan alat bernama pH meter untuk mengetahui kadar pH pada lahan. Jika pH kurang dari 6, maka tanah terlalu asam. Jika pH lebih dari 8, maka lahan terlalu basa. Anda harus membuat pH lahan menjadi syarat yang seharusnya.
 
Cara Agar Lahan Tanam Menjadi Subur

Anda dapat menetralkan lahan yang terlalu asam dengan menggunakan batu kapur. Selain bisa menambah kadar kalsium, batu kapur juga membuat kadar pH lahan naik. Semakin rendah kadar pH lahan, gunakan batu kapur dalam jumlah yang lebih banyak.

Gunakan air rebusan ketapang atau perasan air lemon untuk menetralkan lahan yang basa. Kedua bahan tersebut memang terkenal memiliki rasa yang asam. Rasanya yang asam itu ternyata juga bisa membuat lahan menjadi sedikit lebih asam.

6.Selalu Buat Lahan Lembap
 
Anda pasti sudah mengetahui kalau air sangat penting dalam pertumbuhan tanaman. Sebagian tanaman bahkan membutuhkan air dalam jumlah yang banyak, begitu juga dengan lahan.

Untuk menjaga kesuburan lahan, anda bisa memastikan lahan terus lembap. Hal ini akan membuat lahan tetap memiliki tekstur yang mudah diolah serta mampu menjaga kandungan mineral yang ada.

7.Gunakan Pupuk Organik
 
Penggunaan pupuk organik yang tepat akan membuat lahan menjadi subur dalam waktu yang singkat. Ada banyak sekali pupuk organik yang bisa anda gunakan, seperti pupuk kompos, pupu kandang, pupuk hijau, pupuk hayati, dan pupuk organik cair.

Pupuk organik mengandung bahan-bahan organik serta unsur hara yang bisa membuat lahan menjadi subur. Karena terbuat dari bahan alami, penggunakan pupuk organik juga lebih aman untuk lingkungan sekitar dan tanaman yang akan anda tanam.

Pemilihan pupuk yang tepat dapat menghasilkan kualitas lahan tanam yang sangat subur dan bagus, inilah yang menjadikan tanah lebih subur, Pastikan juga memilih pemupukan tanah agar menjadi gembur, subur dan kaya akan unsur hara tanah.

Menyuburkan tanah sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Mengetahui ciri-ciri kesuburan lahan sangat penting agar anda tahu hal yang harus dilakukan. Setelah lahan subur, barulah anda tanam berbagai jenis tanaman.
kuanyu
kuanyu Saya adalah seorang anak yang hobi membaca,menulis dan blogging,salam kenal dari saya kuanyu

1 comment for "Cara Agar Lahan Tanam Menjadi Subur"