Cara Memilih Pertukaran Bitcoin Terbaik

Mengetahui cara membeli Bitcoin Core (BTC) adalah langkah pertama yang penting dalam memulai bermain mata uang digital. Namun, mengetahui pertukaran bitcoin mana yang harus dipilih dapat menjadi salah satu langkah pertama yang paling penting. Karena Anda akan menginvestasikan dana Anda ke dalam Bitcoin Core dan pertukaran dari tempat Anda membelinya.

Cara Memilih Pertukaran Bitcoin Terbaik

Jika Anda adalah pemain pemula, maka tentu informasi ini akan sangat berharga bagi Anda untuk mengetahui ekosistem yang cukup luas untuk bisa masuk ke dalam permainan mata uang digital Bitcoin. Keputusan tepat di awal bisa membuat Anda menjadi lebih mudah dalam mengembangkan wallet dan blockchain di masa depan. Pada akhirnya memang berbagai hal selalu dapat berubah berdasarkan pada pertukaran dan pasar. Tetapi melakukan sedikit melakukan berbagai riset pasar di awal terlebih dahulu tampakya akan sangat berguna bagi Anda ke depannya.

Negara tempat pertukaran itu berada?

Mengetahui negara Anda dan dari mana pertukaran itu dilakukan adalah penting, karena undang-undang dan peraturan dapat berbeda di setiap negara. Membeli Bitcoin di negara asal Anda biasanya disarankan. Meskipun pertukaran berbasis di negara asal Anda atau tidak, pertukaran tersebut dapat menerima banyak mata uang. Pastikan untuk memeriksa peraturan yang berlaku di setiap negara biasanya terdapat ketentuan layanan mata uang apa yang saja yang diterima.

Bagaimana cara membeli bitcoin?

Bisakah Anda membayar dengan transfer, uang tunai, kartu kredit, PayPal, dan sebagainya. Gunakan apa yang terbaik untuk kenyamanan Anda. Pastikan untuk mempertimbangkan tingkat privasi Anda, misalnya kartu kredit mungkin merupakan cara paling pribadi dibandingkan dengan transaksi tunai.

Biaya penukaran

Anda akan ingin memastikan bahwa biaya pertukaran layak dan tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan pasar lainnya. Biaya dapat berubah dari waktu ke waktu dan dapat bervariasi dari satu pertukaran ke pertukaran lainnya. Beberapa pertukaran membebankan biaya tambahan di atas biaya transaksi bitcoin.

Cara Memilih Pertukaran Bitcoin Terbaik

Masalah biaya penukaran ini sebaiknya diperhatikan karena terkadang, biaya yang harus Anda siapkan untuk penukaran bisa lebih besar dari perkiraan Anda dan membuat Anda tidak untuk dalam kondisi tertentu. Namun memang perlu diingat, transaksi Bitcoin tak seperti transaksi di dunia nyata sehingga biaya penukaran bisa sangat tinggi namun untuk investasi jangka panjang justru terbilang menguntungkan. Lebih baik ada biaya penukaran daripada Anda harus tertipu.

Pesan volume buku

Sebagian besar pertukaran dengan basis pelanggan yang layak akan menerbitkan buku pesanan mereka. Buku pesanan hanyalah daftar pesanan beli dan jual pada bursa yang ditawarkan. Buku pesanan volume yang lebih tinggi adalah indikator bahwa orang menggunakan pertukaran dan pertukaran memiliki likuiditas. Meskipun ini merupakan indikator penting, pertukaran yang tidak menerbitkan buku pesanan tidak berarti itu tidak sah tapi mungkin belum memiliki fungsi itu atau memiliki volume yang lebih kecil dari pertukaran yang lebih besar lainnya.

Transparan dalam penukaran

Pertukaran yang sepenuhnya transparan akan menerbitkan alamat penyimpanan dingin atau mengaudit informasi tentang cara memverifikasi cadangan Bitcoin mereka. Audit Bitcoin adalah cara yang baik untuk pertukaran untuk membuktikan kepada pelanggan bahwa mereka memiliki likuiditas dan dapat mencakup semua penjualan pertukaran Bitcoin dan tidak menjalankan pertukaran fraksional.

Poin ini menjadi salah satu kelemahan dan juga kelebihan dari Bitcoin. Transparansi penukaran adalah hal yang selama ini digembor-gemborkan memberikan keuntungan bagi pengguna Bitcoin karena bisa melihat secara langsung perincian dan perjalana Bitcoin serta blok-blok yang telah Anda bangun bersama tim.

Seberapa cepat Anda mendapatkan bitcoin setelah membelinya?

Ini mungkin berbeda dari orang ke orang, tapi ada baiknya mengetahui berapa lama sebelum Bitcoin akan dikirimkan kepada Anda setelah pembelian. Pastikan juga untuk memeriksa apakah pertukaran menawarkan harga ‘dikunci’; artinya harga yang Anda beli, adalah harga yang akan Anda bebankan walaupun Bitcoin membutuhkan waktu beberapa hari untuk diselesaikan.

Pentingnya anonimitas

Tetap sepenuhnya anonim sulit, kecuali Anda membeli secara lokal dari seseorang secara tunai melalui pasar peer to peer. Pastikan untuk memeriksa apakah pertukaran mengikuti hukum Know Your Customer (KYC) dan AntiPencucian Uang di negara Anda. Jika ya, maka beberapa informasi identitas harus dikirim kepada mereka sebelum membeli.

Cara Memilih Pertukaran Bitcoin Terbaik

Terkadang anonimitas pada kondisi tertentu pun dibutuhkan, jadi Anda tidak bisa serta merta membiarkan diri Anda terekspos pada bursa perdagangan, namun juga tak bisa menutup diri karena ada banyak kecurigaan dari rekan transaksi Anda di luar sana yang datang bahkan dari belahan bumi yang lain. Jadi tetap perhatikan penting tidaknya anonimitas ini dalam metode transaksi Anda.

Keamanan adalah yang terpenting

Mengetahui pertukaran itu aman adalah sangat penting dan tidak boleh diabaikan. Apakah situs pertukaran HTTPS atau HTTP? Untuk memiliki protokol yang aman itu harus HTTPS. Apakah pertukaran menawarkan login yang aman bersama dengan otentikasi dua factor, Ini hanya beberapa hal untuk dipikirkan sebelum memilih pertukaran. Keamanan website ini tentu terbilang sangat penting, karena hanya dengan membuka website yang tak terenkripsi dengan baik, maka malware bisa bersarang di computer anda dan melakukan peretasn seperti ID dan password Wallet Anda. Jadi taka da salahnya mengambil langkah bijak untuk menghindari situs pertukaran yang mencurigakan.

Reputasi baik

Ini adalah pertanyaan penting yang hanya bisa dijawab dengan mendiskusikannya dengan teman-teman Anda. Jika Anda ingin memastikan pertukaran tersebut memiliki ulasan pelanggan yang baik, cari umpan balik tentang pertukaran di forum internet seperti Bitcoin Reddit atau Forum Bitcoin. Jika Anda tidak dapat menemukan umpan balik tentang hal itu, tanyakan di forum-forum tersebut apakah rekan-rekan Anda telah menggunakannya dan apa pengalaman mereka.

Reputasi yang baik tentunya didapat dari track record yang stabil dan tentunya berhubungan dengan kepercayaan orang-orang tentnag pertukarang dan perdagangan Bitcoin pada lingkungannya. Di sini terbukti jika komunitas membawa dampak positif bagi Anda yang masih awam tentang dunia Bitcoin dan tentu membangun jaringan yang lebih luas lagi dengan komunitas-komunitas yang sudah ada.

Menghindari penipuan

Tidak menjadi korban harus menjadi prioritas tinggi. Ini berarti menghindari pertukaran penipuan yang dirancang untuk mencuri dari Bitcoin dari tangan Anda. Meski dibilang Bitcoin adalah transaksi yang cukup aman dengan enkripsi yang ketat, tapi di luar sana telah banyak tindak kejahatan dengan modus penjualan dan pembelian Bitcoin. Para pengguna awam mungkin tidak akan menyangka beberapa modus penipuannya, tapi ini adalah bahaya yang harus Anda waspadai sedari awal. Untuk itulah pemilihan tempat penukaran menjadi sangat penting.

Cara Memilih Pertukaran Bitcoin Terbaik

Dari poin-poin di atas kita bisa memahami bahwa ada banyak factor yang membuat pemilihan pertukaran Bitcoin di awal bisa membuat akses dan pengembangan sistem Bitcoin Anda menjadi lebih tertata dan fokus. Tak hanya itu, kekompakan komunitas juga akan terjaga karena sekali Anda masuk ke dalam komunitas yang baik, maka pertukaran Bitcoin Anda juga akan semakin lancara dan berkembang. Jika selama ini Anda masih bermai sendiri, tak ada salahnya mulai membangun komunitas atau tim agar Anda bisa membangung blockchain yang solid dan tentu saja berpotensi menghasilkan Bitcoin yang lebih banyak lagi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel