Apa itu Block Explorer dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Ada banyak hal baru yang didapatkan saat bersinggungan dengan dunia Bitcoin. Anda seperti berada di dunia berbeda yang tak mengenali seluk beluk dan istilah di dalamnya. Biasanya pengguna baru memulai menggunakan Bitcoin tanpa memahami detail teknisnya dan mempelajarinya sambil jalan. Anda bisa mulai dengan menginstal Wallet Bitcoin melalui komputer atau ponsel dan secara otomatis akan mendapatkan alamat Bitcoin dan setelahnya bisa membuat lebih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan.

Apa itu Block Explorer dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Alamat Bitcoin ini nantinya yang akan disebar ke rekanan anda sehingga mereka bisa melakukan transaksi pembayaran dan juga sebaliknya. Salah satu hal pertama yang mungkin Anda temui ketika Anda mulai menggunakan Bitcoin Cash (BCH) atau Bitcoin Core (BTC) adalah block explorer. Apa itu Block Explorer dan bagaimana cara menggunakannya, berikut penjelasan singkat agar Anda memiliki pengenalan umum tentang program ini.

Pelajari Dasar-Dasarnya

Untuk memulai, Anda mungkin bertanya-tanya apa itu Block Explorer. Sesuai namanya, program ini memungkinkan siapa saja untuk mencari atau menjelajahi BCH dan BTC blockchain menggunakan aplikasi untuk menavigasi semua data blok yang ditemukan dalam blockchain. Anda mungkin ingin mencari blockchain karena beberapa alasan, seperti memeriksa alamat atau saldo BCH atau BTC, melihat riwayat transaksi, melihat blok terbaru, dan banyak lagi. Pikirkan block explorer sebagai mesin pencari tetapi dibuat khusus untuk Bitcoin Cash dan Bitcoin Core blockchain.

Cara Menggunakan Block Explorer

Ketika Anda pertama kali mulai menggunakan Block Explorer, Anda mungkin mendapatkan informasi secara umum dari sumber lain dan terkesan sedikit membingungkan. Kali ini Anda bisa mulai dari halaman utama. Pada halaman beranda utama, itu mungkin menyerupai mesin pencari seperti yang dijelaskan di atas.

Anda akan melihat bidang pencarian untuk mencari berdasarkan alamat, transaksi atau bahkan memblokir hash. Anda juga akan melihat semua dan memblokir informasi dan transaksi terbaru. Pada tampilan di bagian bawah adalah penjelajah blok dengan area hitam menyoroti beberapa poin utama yang menarik.

Apa itu Block Explorer dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Pada kolom utama, Anda akan mendapatkan informasi tentang seberapa besar transaksi yang sedang dilakukan dalam satuan byte. Jika kita mempertimbangkan fakta bahwa blok Bitcoin saat ini dibatasi pada 1MB, itu berarti satu blok dapat berisi sekitar 258 transaksi. Dan jika blok baru ditambang kira-kira setiap 10 menit, maka dapat disimpulkan bahwa protokol Bitcoin memiliki 2-3 transaksi per kapasitas detik. Jauh dari beberapa ribu per detik.

Fee Rate atau tarif biaya adalah biaya yang dibayarkan oleh pengguna yang menghasilkan transaksi untuk menyiarkannya ke jaringan BTC dan memastikannya. Biaya diberikan kepada penambang yang menambang blok. Received Time dan Mined Time biasanya identik untuk menandakan kapan blok diterima ke blockchain dan kapan ditambang masing-masing.

Terdapat ID dari blok di mana transaksi telah dikonfirmasi. Selalu ingat jika penambangan Bitcoin ini adalah persaingan yang sangat ketat. Beberapa komputer yang sangat kuat bersaing untuk menebak angka pertama (angka acak) terlebih dahulu, karena pemenang mendapatkan biaya transaksi dari semua transaksi dalam satu blok dan Bitcoin yang baru dicetak.

Saat mengirim Bitcoin, Anda dimungkinkan untuk memiliki beberapa alamat input, dan beberapa alamat output. Banyak dompet mengotomatiskan proses ini dan menunjukkan kepada pengguna hanya satu jumlah, tetapi jumlah ini sebenarnya disimpan di beberapa alamat pada perangkat atau dompet perangkat lunak.

Apa itu Block Explorer dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Ketika pengguna ingin mengirim Bitcoin, mereka dapat mengirimnya ke satu alamat, atau ke beberapa alamat sekaligus, menghemat uang dan waktu. Selain itu, karena non-anonimitas Bitcoin, sering disarankan untuk menggunakan alamat baru setelah setiap transaksi. Alamat ini disebut alamat perubahan karena berisi sisa uang dari suatu transaksi. Alamat sebelumnya dengan demikian sepenuhnya dikuras dan dapat dibuang. Dalam hal ini, transaksi diprakarsai oleh pertukaran (Bitstamp), itulah sebabnya jumlah alamat tujuan sangat banyak.

Sisi kiri tabel berisi alamat input, dan sisi kanan berisi alamat tujuan. Tidak diketahui jumlah dari mana alamat berakhir di alamat mana - hanya jumlah total dan distribusi yang diketahui.

Ada beberapa point penting yang bisa digarisbawahi saat anda melihat tampilan Block Explorer untuk pertama kalinya.

• Anda dapat beralih ke dan dari blockchains yang berbeda seperti Bitcoin Cash dan Bitcoin Core. Anda dapat melakukan ini di seluruh situs kapan saja untuk mengganti blockchains.

• Di kanan atas, ada beberapa opsi seperti pemindai QR untuk membaca kode QR, menu Pengaturan dan tautan untuk melihat semua blok. Dalam menu Pengaturan Anda dapat mengubah tampilan mata uang, pilih bahasa dan beralih dari Alamat Tunai ke Legacy satu (hanya tersedia untuk Bitcoin Cash explorer).

• Langsung di tengah halaman adalah alat pencarian. Di sini Anda akan mulai dengan menyalin dan menempelkan alamat Bitcoin atau id transaksi ke bidang untuk mulai mencari.

• Pada bagian bawah Anda bisa melihat semua dan blok terakhir dan data transaksi dan jika Anda mengklik salah satu tautan Anda dapat melihat rincian lebih lanjut.

Pada dasarnya ada dua bagian utama ketika melihat detail transaksi menggunakan blok explorer.

• Bagian kiri akan menunjukkan kepada Anda ringkasan dengan informasi penting seperti blok apa yang mengandung transaksi ini, berapa biaya transaksi, kapan transaksi dilakukan, berapa banyak konfirmasi yang dimilikinya dan ukuran transaksi.

• Bagian kanan akan menunjukkan jumlah input dan output untuk transaksi ini beserta nilainya dalam BCH atau BTC dan mata uang yang dipilih untuk ditampilkan.

• Di bagian paling atas Anda dapat melihat dan menyalin ID transaksi dan juga melihat statusnya: disiarkan atau dikonfirmasi

Apa itu Block Explorer dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Di awal menjelajahi Block Explorer ini mungkin anda akan sedikit kurang paham dan canggung, tapi tentu saja Block Explorer telah dibuat sesederhana mungkin dan bisa dipahami dengan mudah. Namun ada beberapa tips sederhana untuk bisa memahami Block Explorer dengan lebih sederhana.

• Saat melihat detail transaksi seperti pada contoh di atas, Anda selalu dapat melihat dari mana transaksi berasal dengan melihat dari atas ke bawah. Pengirim transaksi ada di atas, dan penerima [alamat] di bawah. Alamat perubahan di bawah alamat penerima, ditempatkan di kanan bawah setiap transaksi.

• Untuk pengguna yang lebih mahir, ketika melihat detail transaksi, jika Anda mengarahkan kursor ke alamat di bagian bawah Anda akan melihat ikon informasi; klik untuk melihat kode transaksi dan skrip.

Membaca data blockchain mungkin membingungkan pada awalnya, tetapi begitu Anda tahu apa arti setiap bit data, semuanya terlihat begitu sederhana dan mudah. Dengan pengetahuan yang baru ini, Anda dapat dengan mudah melacak pengguna atau alamat di seluruh blockchain, dan mencatat semua transaksi mereka.

Beberapa penjelasan di atas memang membutuhkan praktek langsung sehingga Anda perlu membuka sendiri Block Explorer dan bermain-main di sana. Namun tentu informasi yang telah disampaikan telah membuka pemikiran Anda tentang apa sebenarnya Block Explorer dan bagaimana cara kerjanya. Nantinya Anda tinggal menggabungkannya dengan pengelolaan Bitcoin Anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel